Kelas WBC 3 : Blogger Belajar Fotografi

Mamak bisa dibilang masih pendatang baru dalam dunia per-blog-an. Dari dulu memang suka menulis, namun tidak pernah fokus dan hanya menjadi media curhat sana sini. Sejak mengikuti komunitas Blogger Sumut awal April lalu, mamak alhamdulillah bisa mengikuti dua kali kelas offline nya. Walaupun sudah ketinggalan momen WBC (Writing Blog Class) 1, namun di kelas WBC 2 dan WBC 3 lumayan memberi mamak banyak wawasan baru. Di WBC 2, mamak sekilas belajar tentang SEO (Search Engine Optimize), yaitu bagaimana mengoptimalkan keterangan di pengaturan blog agar blog kita dapat muncul di halaman pertama pencarian google.

Nah,, di bulan Mei ini, tim Blogger Sumut kembali mengadakan kelas offline WBC 3 : Optimize Photography via Smartphone, yang membahas mengenai fotografi secara singkat namun cukup memberikan pengetahuan baru bagi para blogger agar dapat mengambil foto yang bagus untuk kebutuhan blognya. Acara ini dibuat bertepatan dengan bulan Ramadhan dan tentunya menjadi cara yang tepat untuk mengisi waktu dengan kegiatan yang bermanfaat. Bertempat di Kantor Cohub Indonesia, Medan dan pembawa materi nya adalah Bang Muslim Ramli yang sudah sangat berpengalaman di bidang fotografi dan juga CEO dari Sanger Production.


Bang Muslim banyak menjelaskan hal-hal terkait fotografi. Secara singkat fotografi dimaksudkan untuk menggambarkan sesuatu yang memiliki pesan, dibuat semenarik mungkin, dengan pengaturan cahaya, sudut pandang (angle), warna, ukuran, skala dan orientasi tertentu. Kalau dijabarkan mengenai fotografi secara lengkap, waktu sehari tentu tidak akan cukup untuk menjelaskannya. Bahkan untuk mata kuliah fotografi sendiri, punya SKS khusus dan tidak bisa sembarangan. Sebagai seorang fotografer profesional, bang Muslim juga memperlihatkan kamera-kamera yang ia miliki, dari yang sederhana hingga kamera DSLR dengan lensa seharga belasan atau mungkin puluhan juta.

Bang Muslim Ramli memberi materi fotografi
Jadi untuk menghasilkan foto yang bagus, walaupun menggunakan smartphone, kita harus punya konsep mengenai hal apa yang ingin digambarkan dari hasil foto kita. Nggak boleh asal jepret lalu upload. Sebagai seorang blogger, foto yang ditampilkan di blog juga menjadi sesuatu yang “dijual” agar blog kita lebih memiliki nilai di mata pembaca, walaupun tidak harus seperti fotografer profesional. Dengan mengatur pencahayaan, angle, warna dan fokus yang tepat, foto yang diambil dari smartphone pun bisa memiliki makna positif yang dapat ditangkap oleh orang yang melihat.

Berikut hal-hal yang dapat mamak rangkum terkait materi fotografi di WBC 3 kemarin. Foto yang baik dapat dihasilkan dengan sedikit tambahan effort seperti :
1. Ada konsep sederhana yang dibuat
Objek yang sederhana dapat menghasilkan foto yang bagus jika tujuan/maksud yang ingin disampaikan dikonsep dengan baik.
2. Fokus ke objek yang dituju
Walaupun banyak objek di sekitar objek utama, kita harus tetap fokus pada objek awal yang ada di konsep yang dibuat sebelumnya.
3. Mengatur pencahayaan (lighting)
Lighting yang baik dapat dilakukan dengan cara sederhana. Bisa dilakukan dengan memanfaatkan kertas putih, senter, handphone, dan lainnya agar dapat menghasilkan foto berkualitas. Sedikit usaha untuk maju, mundur, ke samping untuk menyesuaikan cahaya juga dapat memaksimalkan kualitas foto.
4. Mengatur sudut pandang (angle)
Pengambilan angle yang tepat juga akan mempengaruhi hasil foto.
5. Memanfaatkan kondisi sekitar untuk memaksimalkan hasil foto
Walaupun menggunakan kamera smartphone sederhana, kita dapat memanfaatkan kondisi sekitar objek agar hasil foto kita bagus. Kita juga dapat meminta bantuan dari orang sekitar untuk membantu mengatur lighting jika memungkinkan.

Masih banyak lagi sebenarnya yang harus dipahami terkait fotografi. Bang Muslim juga menjelaskan mengenai line, framing, dan lainnya yang pastinya sangat diperlukan untuk fotografer profesional. Untuk kali ini, peserta blogger tidak terlalu banyak diberi penjelasan, namun diberi waktu untuk mengambil foto di sekitar kantor Cohub Indonesia yang memang didesain apik sebagai mitra untuk desain interior. 
Foto-foto yang diambil peserta harus di-upload ke instagram untuk dinilai oleh Bang Muslim dan peserta lainnya. Berikut sebagian foto-fotonya. 

Photo : ig u_niuna

Photo : ig momentoem

Photo : ig nerdi.id


Dan surprise-nya lagi, Bang Muslim memberikan seluruh peserta voucher masing-masing sebesar Rp. 500 ribu untuk belajar fotografi di Sanger Learning. Wah.. senangnya mamak dan peserta lainnya. Semoga di kelas WBC selanjutnya bisa dapat yang kayak gini lagi ya. Udah ikut kelasnya gratis, dapat hadiah pula. Kurang menarik apa coba???

Tim Blogger Sumut
Terima kasih untuk sponsor dari tim Blogger Sumut, Kita_Kita Medan (KKM), Cohub Indonesia, Sanger Production dan Bang Muslim sebagai pengisi materi. Semoga ilmu kali ini bisa dimanfaatkan semua peserta untuk blog-nya.

10 comments :

  1. Semoga bermanfaat ya kk ilmunya,, nti kita praktek lagi hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bermanfaat dong kak.. Tanggal 15-16 insyaAllah bisa ikut lagi.

      Delete
  2. Replies
    1. Tenang kak,, ikut tanggal 15 juni aja nanti,, hehe

      Delete
  3. Wow gercep bgt mbaaaak lgsg nulis review wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi bingung mo nulis apa kak, jadilah nulis review ini aja, wkwk

      Delete
  4. Uwaaaah syedih kemarin gak bisa ikutan.
    semoga nanti yang tgl 15/16 bisa ikut..

    ReplyDelete
  5. Yaaa gak bs ikut. Padahal suka x lah yg namanya kelas belajar yg spt ni. Tgl 15/16 nya bs diwakili suami gak ya... Soalnya anak"nya empat org inihh tkt malah merusuh ntar di sana wkwk

    ReplyDelete
  6. Bang nerdi kemaren bawa 2 anak dan istrinya kak, yg besar cukup aktif dan yg satu masih baby. Masih kondusif lah suasananya.

    ReplyDelete

Copyright © Mom Blogger Medan - Jendela Mamak. Designed by OddThemes