Target Ibadah Ramadhan Saat Sedang Haid


Hari ketiga puasa..
Udah sampe mana targetmu mak?
Hmm.. Kayak mamak puasa aja.

Eitts jangan salah. Perempuan memang ada jadwalnya, saat haid maksudnya. Bukan berarti mamak nggak bisa beribadah lho. Sholat, puasa dan beberapa ibadah lain memang nggak dibolehin secara Islam saat jadwalnya tiba. Namun banyak juga ibadah lain yang bisa dilakukan. Bahkan sekedar menyiapkan makan sahur atau membangunkan keluarga yg akan berpuasa udah dihitung pahalanya.
Jadi apa aja target ibadah yang tetap bisa dilakukan emak yang sedang haid saat Ramadhan tiba? Berikut menurut mamak.

1.    Ikut kajian untuk menambah ilmu tentang Islam
Mengikuti kajian ibarat kita sedang memberi jiwa dan pikiran kita makanan tambahan agar tidak mentok pada sedikit ilmu yang sudah kita miliki. Banyak ilmu agama yang mungkin belum banyak kita ketahui. Dan dengan ikut kajian kita juga bisa menambah silaturahmi. Para emak yang punya target memaksimalkan untuk mengikuti majelis ilmu, tetap dapat melakukan walaupun saat haid tiba.
2.    Infaq dan sedekah
Bulan Ramadhan adalah saat dimana pahala dilipatgandakan. Target rutin infaq dan sedekah walaupun nilainya tidak banyak, dapat terus dilakukan setiap hari selama bulan suci ini.
3.    Memberikan takjil ke mesjid
Untuk para emak yang punya target sedekah tiap hari ngasi takjil ke mesjid, nggak ada masalah juga dong walau sedang haid. Masih bisa juga kan.. Ingat, kita punya target sendiri. Selama tidak menggoyahkan keuangan keluarga, insyaAllah tetap bisa dilakukan.
4.    Membaca/menghafal Al Quran
Ada emak yg punya target hafal Qur'an selama Ramadhan ini, juz 30 aja deh yg katanya levelnya paling gampang. Nggak bisa menyentuh Al Qur'an? Bisa buka pake hp kok, mau software ataupun dari mbah gugel. Perjuangan utk mencapai target tetap bisa dilakukan dong tiap hari. Hari ketiga udah berapa suroh ya??
5.    Dzikir dan doa
Sebagai manusia, sangat dianjurkan untuk selalu berdzikir sesering mungkin. Semakin sering berdzikir, semakin sering pula kita mengingat Allah dan mendekatkan hati kita ke Allah. Tasbih, tahmid, takbir adalah dzikir yang sering dilafalkan dan paling mudah. Dan emak yang sedang haid tidak dilarang untuk berdzikir dan berdoa.

Trus target mamak sendiri gimana? Ada dehh.
Mau tau aja apa mau tau banget?? :D

Post a Comment

Copyright © Mom Blogger Medan - Jendela Mamak. Designed by OddThemes