Bolu Toba : Oleh-Oleh Medan yang Wajib Dicoba


Medan, kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Kalau berkunjung ke kota ini, rasanya banyak tempat yang ingin dikunjungi dan makanan yang ingin dicicipi. Bahkan pernah ada yang bilang kalau udah pernah datang ke berbagai kota di pulau-pulau besar di Indonesia, namun makanan yang paling enak menurutnya tetap yang ada di Medan. Susah sekali mencari makanan yang tidak enak, hehe..

Untuk oleh-oleh pun banyak yang dapat dibeli dan dibawa pulang. Sebut saja durian, manisan jambu, bolu gulung khas Medan, sate kerang, sepertinya sudah menjadi beberapa pilihan pelancong yang datang ke kota ini.

Tak heran jika kue/cake kekinian yang menjadikan artis sebagai brand ambassador-nya pun mendirikan usaha oleh-oleh di tempat ini seperti di kota besar lainnya. Di lebaran kali ini, mamak mencoba Bolu Toba yang merupakan usaha dari keluarga artis Andika Pratama dan Ussy Sulistiawaty. Letaknya di Jalan Abdullah Lubis nomor 63/77 Medan, tepat di persimpangan lampu merah Jalan Wahid Hasyim dan Jalan Abdullah Lubis. Toko ini mulai buka jam 08.00 WIB sampai jam 22.00 WIB.

Front Counter yang ramah
Kenapa Bolu Toba? Namanya mungkin terinspirasi dari Danau Toba yang merupakan ciri khas Sumatera Utara. Mamak coba membeli bolu rasa spiku karena toppingnya ada dua, parutan coklat dan keju yang sangat menggugah selera. 

Bolu Toba rasa Spiku
Belum apa-apa anak mamak udah mencomot coklatnya yang cukup tebal sebagai topping. Potongan pertama mamak coba, mamak langsung suka. Bolunya lembut banget, coklatnya juga nggak terlalu manis. Dan ada satu aroma khas yang mamak doyan dari gigitan pertama, khas Toba kalau kata ayahnya anak-anak yang memang berdarah Mandailing tulen. Aroma ini berasal dari bubuk kayu manis. Mamak juga kurang tau dari lapisan yang mana karena bolu ini memiliki tiga lapisan di bawah topping nya, yaitu oranye (atas), coklat basah (tengah) dan bolu coklat (bawah). Mirip lapis legit namun lebih lembut dan coklatnya ada yang lumer di mulut. Tepat sekali jika disandingkan dengan kopi takar khas Mandailing yang mengaduknya juga dengan kayu manis.

Nyummy....
Ini menikmati cake ala mamak.. :)

Ada beberapa varian rasa lainnya, coklat padang bulan, tiramisu, japaris durian, titi kuning cheese dan pancing hazelnut oreo. Lain kali mamak harus mencoba satu per satu. 


Bolu Toba juga menjual oleh-oleh lain khas Sumatera Utara berupa hasil kerajinan masyarakat lokal dan cemilan. Jadi pelancong bisa sekaligus membeli beragam oleh-oleh di tempat ini tanpa harus keliling ke tempat lain. Lebih menghemat waktu lah bagi yang harus buru-buru.

Cemilan di Bolu Toba

Kaos Medan, clutch, kain batik dan berbagai merchandise 

Clutch dan kalung 
Bolu Toba ini cukup mamak rekomendasikan sebagai oleh-oleh dari Medan atau cake untuk dimakan sendiri di rumah. Nggak sampai satu jam, satu kotak bolu yang mamak beli itu pun habis. Enak kali bah!!!!

27 comments :

  1. Kayaknya recommended banget ini yakk

    Soalnya suka sama cinnamon, a.k.a kayu manis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru sekali ini cobain, aku dan suami langsung suka kak. Cinnamon nya berasa banget..

      Delete
  2. Hmmm... Layak dicoba nihh... Padahal bb tambah lEbaran lohh krn asik makan aja di momen" lebaran. Thanks reviu nya kaka....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuk dibeli kak.. Aku juga pengen beli rasa lain lagi.

      Delete
  3. Waahh komplit ya, kota Medan .emang punya potensi menjadi daerah kuliner

    ReplyDelete
  4. Mantap kayaknya mak. Rekomended juga ini buat oleh2 ke sodara luar medan kalo mudik

    ReplyDelete
  5. Baru kmrn awak ngerasa bolu toba ni, yg coklat. Dioleh2in ponakan yg erayaan ke rumah.
    Mantappu ya, enyak enyak..

    ReplyDelete
  6. Aduh, jadi kepengen saya he..he... Nanti kalau berkunjung ke Medan lagi, patut dicobain ini bolu tobanya.Yummy!

    ReplyDelete
  7. Bolu toba ini kayaknya enak banget legit gitu berlapis dua.. Ada kejunya lagi.. Enak nie..

    ReplyDelete
  8. Baru tau kalo ussy dan andika buka bisnis kue di medan. Kejunya menggoda banget ya Mba. Harga gimana mba?

    ReplyDelete
  9. Langsung ngeces lihat foto bolu Toba itu, Mbak Devi hahaha. Ini mantap nih,jadi oleh-oleh pas berkunjung ke Medan. Dan salut juga buat Andika dan Ussy. Usahanya melebar ke mana-mana. Bisa mengangkat potensi daerah, juga membuka lowongan pekerjaan.

    ReplyDelete
  10. Wah makin berkembang dan meluas aja bisnisnya Andika dan Ussy, salut deh mereka mengangkat kuliner dan budaya lokal Toba

    ReplyDelete
  11. Biasanya aroma kayu manis yg bikin nyaman. Jadi penasaran pengen cobain. Jadi gak mirip2 kue artis lain yg katanya rasanya mirip2 aja ya?

    ReplyDelete
  12. Rasa bolu yang berkayu manis pasri bikin nagih deh aku suka dengan teste yang memang dari aroma nya aja bikin nagih, smoga nanti ada cabang di jakarta biar bisa icip-icip ya hihi

    ReplyDelete
  13. Masya allah nikmat kali itu makan bolu sama kopi hehee. Btw tempatnya asik ya bisa beli souvenir juga disana.

    ReplyDelete
  14. Kalau ada waktu kemedan, oleh2 ini kayaknya perlu dicoba. Karena biasanya juga bawa oleh2 dari medan itu bolu. Tpi bukan bolu toba

    ReplyDelete
  15. Yay keren Toba Bolu bisa jadi refrensi oleh oleh dari Medan selain Bika Ambon

    ReplyDelete
  16. Wah ikut oleh-oleh kekinian tapi tetap mengambil ciri khas setempat..keren idenya. Seperti menyertakan aroma kayu manis pada Bolu Toba ini. Wah, pasti enak sekaliiii

    ReplyDelete
  17. Rasa rasa bolu artis kekinian juga ya. Kayaknya harus beli kalau suatu saat ketemu bolu toba

    ReplyDelete
  18. Wah noted sekarang ada Bolu Toba. Soalnya suka bingung oleh2 apa dr sana, taunya bika Ambon hehe.
    Ternyata milik Ussy dan Andhika, keduanya emang jago dalam Urusan bisnis kuliner. Pernah ke bbrp restonya dan emang digarap serius, yg Bolu Toba ini jg pastinya yaaa

    ReplyDelete
  19. Enaknya bolu toba ini kelihatannya, mesti wajib dibawa nih sebagai oleh2 khas medan

    ReplyDelete
  20. lengkap banget yak. Enak juga tuh kayaknya bolu toba yang cokelat sama japaris durian. Kalau ke Medan wajib bawa pulang ini nih, atau minta teman yang anak medan buat bawakan oleh-oelh ini asyik kali yak

    ReplyDelete
  21. Bolu Toba tuh duh enak pake bangeett, ga akan nyesel deh klo beli banyak juga, skalian bisa bagi2 ke tetangga n teman

    ReplyDelete
  22. Jadi nyesel belum pernah nyobain bolu toba waktu di medan kemarin. Padahal kayaknya enak banget ya

    ReplyDelete

Copyright © Jendela Mamak. Designed by OddThemes