Jalan-Jalan ke Brastagi dan Sekitarnya

Bagi masyarakat Medan dan sekitarnya, libur di akhir pekan maupun libur di tanggal merah merupakan saat yang tepat untuk beristirahat atau mengunjungi tempat-tempat wisata yang jaraknya relatif tidak terlalu jauh dari kota atau di dalam kota Medan sendiri.

Brastagi biasanya menjadi pilihan yang disukai karena udaranya yang dingin dan waktu tempuh yang relatif singkat. Kurang lebih dua jam dari kota Medan, kita sudah dapat mengunjungi tempat ini. Brastagi sebenarnya adalah kota yang terletak di Kabupaten Karo yang terkenal dengan kawasan wisata pegunungan dan dekat Danau Toba. Terdapat dua gunung di daerah ini, Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung yang masih aktif bererupsi hingga saat ini.

Kurang lengkap rasanya jika liburan ke Kabupaten Karo jika hanya menginjakkan kaki di Kota Brastagi. Masih banyak kawasan wisata yang nggak kalah indahnya dengan di luar Sumatera Utara. Berikut delapan tempat yang dapat menjadi destinasi selain pasar buah di Kota Brastagi.

1. Pemandian Alam Sembahe
Tempat wisata ini terletak di Desa Sembahe, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang. Cukup banyak pengunjung yang datang ke tempat ini karena airnya yang jernih dan dingin dari pegunungan. Batu-batu besar yang ada di aliran sungai pun menambah daya tarik untuk segera mencemplungkan diri ke air. Tiket masuknya pun cukup ekonomis, cukup dengan harga 5 - 10 ribu rupiah saja sudah bisa menikmati dinginnya air disini.


2. Bukit Kubu
Hotel Bukit Kubu yang terletak di Brastagi merupakan tempat yang cukup menyenangkan untuk anak-anak. Lapangan rumput yang cukup luas dan sedikit berbukit membuat anak-anak leluasa untuk berlarian, bermain layangan, bermain balon, bermain bola, dan seluruh keluarga dapat piknik di lapangan rumput tersebut. Tiket masuk nya Rp.100ribu/minibus pada hari biasa dan Rp.150ribu/minibus pada hari libur. Dengan membayar sejumlah itu, pengunjung mendapatkan fasilitas satu tikar dan satu layang-layang lengkap dengan benangnya untuk dimainkan.


3. Hillpark
Hillpark adalah taman bermain yang berada di Sibolangit. Di sebelahnya juga terdapat villa yang dapat disewa jika ingin beristirahat dari hiruk pikuk kota Medan. Tiket masuknya cukup menguras kantong sih, dimana tiket terusan dihargai Rp120.000 dan tiket reguler dihargai Rp90.000.


4. Funland Miki Holiday
Tempat bermain yang satu ini sebenarnya mirip dufan di Ancol. Banyak wahana bermain yang ada di dalamnya yang cukup menarik dan menguras adrenalin. Bagi pecinta permainan ekstrem, pasti akan suka dan cocok bermain di tempat ini. Namun jika membawa anak-anak, hanya sedikit permainan yang dapat dinikmati, lebih ke jalan-jalan di sepanjang areanya. Tiket masuknya juga tergolong menguras kantong, Rp100.000 s.d Rp120.000 per orang, tergantung hari biasa atau hari libur.
Liputan tim NetTv.
Jurassic Tree
5. Peternakan Sapi Gundaling
Tempat ini merupakan tempat yang wajib mamak datangi kalau mamak ke Brastagi. Sebelum banyak orang yang mengetahui tempat ini, cukup asyik menikmati suasananya yang asri, melihat sekumpulan sapi perah sekaligus membeli susu sapi segar atau es krim. Saat ini peternakan sapi sangat ramai dikunjungi pelancong setiap harinya, terutama di hari libur.
Masuk ke tempat ini gratis, namun membeli susu segar dibandrol seharga Rp30.000/botol dan es krim seharga Rp10.000/cone.
foto : wina


6. Kebun Stroberi
Memetik sendiri stroberi memiliki sensasi yang menyenangkan terutama untuk anak-anak. Setelah dari peternakan sapi, rute selanjutnya pasti ke kebun stroberi karena memang satu arah dan jarak keduanya berdekatan. Di tempat ini juga tersedia tempat/saung untuk bersantai menikmati pemandangan yang ada atau sekedar memesan teh panas atau mie instan. Jika ingin menikmati pemandangan, kita tidak perlu membayar. Namun jika memetik stroberi, harus ditimbang dan dihargai Rp.80.000/kg nya.

Anak-anak memetik stroberi

7. Madu Efi
Madu Efi terkenal sebagai tempat yang instagenic sejak awal tahun 2019. Wisata alam dan edukasi ini terletak di Tanah Karo, sekitar 2 jam dari Kota Brastagi ke arah Siosar. Di areal seluas 28 hektar ini ditanami bunga-bunga tropis yang berbunga sepanjang tahun. Terdapat juga arena camping yang menyenangkan dan cocok untuk keluarga, peternakan sapi dan kuda. Tiket masuk ke Madu Efi Rp10.000/orang. Sayang sekali saat mamak kesini saat libur lebaran 2019, tempatnya penuh sesak oleh pengunjung. Mamak yang ingin melihat peternakan lebah pun harus kecewa karena lebahnya sedang tidak boleh dilihat. Semoga di kesempatan lain mamak bisa melihat lebah dan madu yang dihasilkan di Madu Efi ini.

instagram : Madu Efi

8. Air Terjun Sipiso-Piso
Yang suka travelling ke alam, pastinya sudah pernah mendengar air terjun Sipiso-Piso. Kawasan wisata ini terletak di daerah Kecamatan Merek. Waktu tempuh sekitar 2 jam lagi dari Kota Brastagi. Mamak yang sejak kecil belum pernah berkunjung, akhirnya punya kesempatan mengajak keluarga datang ke tempat ini sekedar menikmati pemandangan alamnya. Eksotis!!!! Tapi mengingat umur,, mamak nggak sanggup untuk turun ke bawah air terjun dengan harus menuruni anak tangga yang konon katanya butuh waktu satu jam. Gimana lagi naiknya ya?? Hmm...
instagram : devimamaraihan
Menatap Danau Toba dari Sipiso-Piso
Sekian cerita mamak. Nggak usah jauh-jauh kan untuk dapat berwisata melihat pemandangan indah sekaligus mengedukasi anak-anak untuk lebih bersyukur. Semoga bermanfaat dan dapat memilih tempat liburan sesuai kantong masing-masing.

11 comments :

  1. Dari semua tempat baru no. 1&2 saja yg saya kunjungi, semoga ada langkah buat kesana :)

    ReplyDelete
  2. Tempat 5 dan 6 deket lho Id dari Bukit Kubu. Hemat, bisa bawa bekal makanan dari rumah dan dimakan disitu. Kalo bawa anak-anak pun cocok banget. Makasi udah komen yaaa :)

    ReplyDelete
  3. Kalo lagi musim liburan, kadang petik strawberry 100 ribu Sekilo mak.

    Gak mandi air belerang kah mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. iya ya mak. Ngenes itu klo stroberi nya masih pada belum bisa dipetik tapi dipetik ama krucils, wkwk.
      Kami jarang mandi air belerang, anak2 ada alergi.

      Delete
  4. Alhamdulilla sudah kesana semua. Cm 1 yg belum yaitu naik kuda hahaha takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah,, kok takut kak? Sekali-sekali boleh lah diberani-beraniin. Biar tau sensasinya berkuda.. #lohhh

      Delete
  5. Kebun strawberi ini lebih rekomendasi yang daerah mana si mba? Brastagi sama kabanje mana lebih rekomendasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lebih rekomendasi yang brastagi karena lebih dekat mbak. Satu arah juga ama peternakan sapi nya.

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Kmrn ke pasteurisasi dan rame kalii, niat foto pun udh hilang:") pdhl mau nulis artikel gini jg wkwkwk keduluan kak devi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang masyaAllah ya ramenya sa.. Dulu 4 tahun yg lalu belum banyak yang tau mah enak. Pagi masih bisa lihat perah susu sapi langsung, siang pun nggak terlalu rame. Kayaknya mo diperluas area di atasnya itu.

      Delete

Copyright © Mom Blogger Medan - Jendela Mamak. Designed by OddThemes