Tomyam Seafood ala Mamak


Udah lama mamak pengen eksekusi resep ini. Seperti biasa, tiap mencoba makanan yang dirasa enak, mamak selalu pengen bisa buat sendiri. Mamak dan ayah termasuk penyuka makanan berkuah seperti sup, soto, dan sejenisnya. Pertama kali mamak makan tomyam (mamak lupa dimana), mamak kurang menyukai rasanya. Lebih mirip sayur asem namun dengan isian yang beda.

Jadi kapan mamak mulai menyukai tomyam? Hmm,, sejak makan tomyam di wajir seafood bersama suami. Entah karena rasa tomyamnya yang memang enak, atau karena yang nemenin bikin enak, wkwk..

Memang enak sih, beda dari tomyam yang pernah mamak makan di tempat lain. Rasa kincong (kecombrang) nya kuat, lalu ada satu aroma yang mamak nggak tau itu apa. Bukan seledri atau daun bawang, apalagi daun jendela. #eh :D

Mamak coba browsing resepnya, mulai dari cookpad hingga youtube. Bahan-bahannya cukup kompleks. Jenis bumbu yang digunakan tidak sebanyak masakan Indonesia, mungkin memang begitu dari negeri asalnya, Thailand. Berikut resep yang udah dimodif ala mamak ya.

Bahan :
-   ¼ kg udang,
-   ¼ kg cumi
-   ¼ baso ikan
-   1 kaleng kecil jamur kancing (mamak pake yang kalengan)
-   1 batang sawi hijau
-   1 batang sawi putih
-   1 batang kincung (kecombrang)
-   ½ batang daun ketumbar
-   2 batang serai, geprek
-   1 lembar daun salam
-   2 lembar daun jeruk
-   2-3 buah jeruk nipis
-   2 sdm kecap ikan
-   Saos sambal secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :
-   5 siung bawang merah
-   3 siung bawang putih
-   6 buah cabe merah (mamak buat nggak pedas biar si sulung bisa makan juga)
-   3-4 cabe merah kering

How To :
-   Bersihkan udang , pisahkan daging udang dengan kulit, kepala, dan ekornya
-  Buat kaldu udang dengan merebus kulit, kepala, dan ekor udang. Setelah matang, saring hingga  tersisa kaldu/air rebusannya saja. Sisihkan.
-   Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan ke kaldu dan panaskan di atas kompor.
-  Masukkan udang, cumi, baso ikan, jamur, kincung, daun ketumbar, serai, daun salam, dan daun jeruk ke dalam kaldu rebusan secara bergiliran.
-   Tambahkan kecap ikan dan saos sambal untuk menambah rasa gurih dan warna merah pada sup.
-   Jika sudah mulai mendidih, masukkan sayuran dan perasan air jeruk nipis.
-   Tambahkan gula garam secukupnya, koreksi rasa.
-   Sup tomyam seafood siap dihidangkan.


Menu ini mamak sajikan untuk makan malam setelah berbuka puasa. Rasanya segar, rasa asam dan kaldu seafood menambah kelezatan sup ini. Awalnya pernah coba pake tambahan susu dan santan, tapi kali ini lebih alami rasa kuahnya. Anak mamak pun suka karena mamak memang sengaja buat nggak terlalu pedas. Aslinya tomyam Thailand pedas, tinggal kita yang memodifikasi resep sesuai kebutuhan. Dan aroma yang mamak pernah rasa di tomyam yang ada di wajir seafood, ternyata berasal dari dau ketumbar. Khas sekali.. Dan mamak cuma bisa beli daun itu di toko tertentu, di warung-warung biasa dekat rumah nggak bakal ada.

Oke,, sekian resep dari mamak. Semoga bermanfaat ya..

8 comments :

  1. Wow, segar yaa kaya'nya Mak.. makasih resepnya.. pankapan eksekusi jg, tinggal ngintip resep di sini ajah.. makasih yaa

    ReplyDelete
  2. Baca resep nya aja Udah ngences2 mak..
    hahahah

    ReplyDelete

Copyright © Mom Blogger Medan - Jendela Mamak. Designed by OddThemes