Anak Dilanda Sembelit



Maryam, 3 tahun, belum bisa mandiri BAB. Tiap terasa akan BAB masih suka bersembunyi di kamar/sudut rumah dan berdiam diri sampai BAB nya selesai. Setelah itu baru lapor ke mamak untuk minta dibersihkan.

Mamak udah mulai paham sejak umurnya 2 tahun dan selalu mengajaknya ke toilet setiap melihat gelagatnya yang akan BAB. Namun saat ditanya, “Adek ook?”, jawabannya selalu nggak lalu langsung berlari ke kamar dan menutup pintu tidak mengijinkan siapapun masuk.
Sudah 3 minggu ini BAB nya tidak teratur. Setiap hari ada BAB, namun sedikit-sedikit (kecepirit) dan teksturnya keras berwarna coklat. Hal itu bisa 2-3 kali berulang hingga kelihatan perutnya terasa cukup nyaman.

Mamak mulai khawatir karena sudah berhari-hari kondisi ini tidak kunjung berhenti.

Apa penyebabnya?
Susah BAB, atau sering disebut sembelit, sering terjadi pada anak. Menurut penelitian sebesar 30% anak akan mengalaminya, termasuk pada bayi (usia kurang dari 1 tahun). Pada usia batita dan prasekolah, sembelit sering disebabkan oleh pola makan yang salah dan kondisi psikis. Misalnya takut berpisah dengan orangtua, tidak nyaman dengan kondisi toilet dan terlalu banyak minum susu.

Bagaimana gejalanya?
Orangtua harus mengenali gejala sembelit pada anak agar dapat segera melakukan tindak lanjut yang tepat. Sering menyilang-nyilangkan kaki, raut muka sering mengejan dan berjongkok hingga berkeringat, sering menegangkan badan, bersembunyi jika ingin BAB dan kecepirit di celana merupakan beberapa gejala anak terkena sembelit.

Bagaimana penanganannya?
Sembelit dapat memiliki efek fisik dan psikologis yang tidak baik pada anak. 
Secara fisik, sembelit dalam jangka waktu lama dan tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan wasir atau luka pada daerah anus akibat tergesek oleh feses yang keras dan sakit perut karena kotoran tidak dapat dikeluarkan.
Secara psikologis, susah dan sakit saat BAB dapat menimbulkan trauma pada anak yang akhirnya mengakibatkan anak takut untuk BAB setiap hari.

Penanganan sembelit pun tidak dapat dilakukan secara instan.
Jika disebabkan oleh pola makan dengan nutrisi, serat dan cairan yang kurang, pelan-pelan anak harus dibiasakan mengubah pola makan dan minumnya. Perbanyak makan makanan berserat dan minum air putih setelah bangun tidur, dapat membantu memperlancar BAB secara teratur setiap hari. Konsumsi air putih dalam jumlah lebih dari biasanya juga dianjurkan untuk mempermudah BAB. Hindari memakan pisang karena pisang mengandung pektin yang dapat memadatkan feses.
Jika disebabkan oleh kondisi psikologis (takut, cemas, dan khawatir) akan sesuatu, perlahan-lahan anak harus diberi pengertian bahwa orangtua selalu melindungi di dekat mereka.
Obat pencahar sendiri dapat digunakan saat feses yang akan dikeluarkan tampak keras dan mulai menyakitkan dan sebaiknya atas petunjuk dari dokter.

Kuncinya adalah KONSISTENSI, seiring berjalannya waktu, penyebab anak sembelit dapat diatasi dengan baik dengan kerjasama yang intens antara orangtua / lingkungan sekitar dan anak itu sendiri.

22 comments :

  1. Iyalah kenapa anak2 payah BAB ya,, terjadi jg sama sepupu masih kecil2 susah bab,, apakah krn asupan gizinya kurang makan sayur apa karna susunya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak, intinya asupan nutrisi dan pola hidup.

      Delete
  2. Dulu anak awak bukan cuma sembelit. udah ambeien pun, dokter sampe heran.

    Doi di umur 3 tahun udah mandiri. Bab dan cebok sendiri,
    karena di umur 2,5 tahun udah dilatih sendiri dan diawasi bagaimana istinjak yang bener.

    Nah, saat masuk playgroup, pagi sekolah dia pas cebok bilang kalo bab berdarah,
    setelah dicek ternyata KURANG MINUM AIR PUTIH.
    keasikan main di sekolah, kalo pulang malah gak pernah berkurang air bekal. Kirain dah nambah dari sekolah, rupanya memang gak minum, padahal makan.

    Itu karena dia gak sabaran mau main terus,
    akhirnya ambeien.
    Pemulihan lama Hingga normal kembali kondisi dia, mungkin sekitar 3 bulan.
    Setelah itu gak pernah lagi kejadian.
    Oya, dia suka sayurdan buah, hanya sepele..kkarena air putih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betapa air putih itu sangat penting ternyata ya mak.

      Delete
  3. Hiks sedih lihat anak ambeyen ya Mak 😢 utk cegah ini aku stok suplemen, pun di bantu anaknya makan buah, dan betul kata kak Icha, minum air putih 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih banget,, pengen pindahin sakitnya ke kita aja rasanya.

      Delete
  4. Aih sembelit ini banyak banget ya kan dialami anak2. Pernah sodara sampek harus dimasukin obat pencahar yang dimasukin mel dubur baru bisa pup. Ternyata alergi sufor sodaraku itu. Setelah diganti susu lain trus dikasi sayur. Mulai mending pup nya.

    ReplyDelete
  5. Pengalaman anak kemaren kemaren sembelin sedih banget apa lagi sampe keluar darah perasaan g karuan,noted aku simpennih kak

    ReplyDelete
  6. Sembelit itu pasti bikin gak nyaman. Anak-anakku sadar betul kalau sembelit pasti mereka ingat itu karena gak makan sayur atau buah. Makanya sebisa mungkin mereka mengonsumsi sayur/buat untuk serat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp... Konsumsi makanan berserat dan air putih.

      Delete
  7. Tp unik juga ya, pernah ke dokter katanya kl anak sembelit kasih pisang barangan aja, jadi confused eikeyy hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari yang aku baca, pisang itu memadatkan feses kak. Jadi salah satu anjuran untuk anak yang diare, cmiiw..

      Delete
  8. jangankan anak2, udah gede gini juga kalo BAB gak teratur gak enak kaliii rasanya ya kak huhu

    ReplyDelete
  9. Ponakan ku waktu kecil suka gitu, di pojokan

    Pernah tuh lagi janjalan nih ke Bandung, pas di Cibaduyut, emak, tantenya keasyikan nengok sepatu, anaknya yang satu entah kemana, kita udah vemas, ternyata karena kebiasaan mojok pas mau eek..

    Udah lemas kami semua waktu itu 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalo da punya nak jadi tau ya na, hehe..

      Delete
  10. Dari dulu selalu membiasakan minum air putih kalau bangun tidur. Dan emang terbukti lancar BaB.

    Bahaya banget ya kalau sembelit itu bisa menyebabkan wasir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,, kalo mama aku selalu nyuruh minum air putih segelas penuh pas bangun tidur.

      Delete
  11. Naya dl jg gini kak. Dan iya alhamdulillah sejak pola makannya membaik,bab nya pun membaik..

    ReplyDelete

Copyright © Mom Blogger Medan - Jendela Mamak. Designed by OddThemes