WomenWill Day 2 : Pemasaran Digital dengan Media Sosial dan Google My Business


Kalo di hari pertama  peserta diajarkan tips untuk memulai usaha, di hari kedua ini peserta diberikan dua modul yang dibawakan oleh kak Desy Sitompul terkait Merencanakan Pemasaran Digital.

Penulis novel dan blogger bercerita pentingnya medsos untuk usaha mereka
Media pemasaran digital saat ini banyak digunakan untuk mendukung usaha. Media Sosial adalah yang paling hits karena hampir setiap orang punya akun medsos di era digital sekarang ini.

“130 juta dari 265 juta masyarakat Indonesia adalah pengguna aktif media sosial, dan 120 juta dari 177 juta pengguna handphone di Indonesia adalah orang yang aktif di media sosial.”

Berdasarkan data tersebut, wajar saja jika media sosial dianggap sebagai sarana pemasaran digital yang cukup efektif di jaman sekarang.

Emak-emak pada semangat belajar


Apa saja sih media sosial yang paling diminati di Indonesia?

Youtube, Facebook dan Instagram adalah tiga media yang paling diminati. Alasannya cukup miris, yaitu karena rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Lebih suka melihat foto, gambar atau video daripada melihat dan membaca tulisan yang relatif lebih panjang.
Media sosial memungkinkan pengguna untuk saling berinteraksi satu sama lain secara online dan dapat bertukar informasi (foto, video, teks, audio, dll) dalam komunitas virtual.

Apa sih peran penting medsos untuk usaha ?

Pertama, Brand awareness.
Kita bisa membangun brand awareness yang memungkinkan orang lain mengetahui ciri khas atau karakteristik brand produk. Kalo orang udah tau, mereka akan mencoba membelinya, bahkan jika mereka suka, dengan senang hati akan kembali lagi.
Gimana caranya?
Dengan sering posting konten gambar, teks, dan video tentang produk dan usaha dong.

Kedua, Berinteraksi dengan Pelanggan
Dengan adanya sosmed, kapanpun dan dimanapun penjual bisa berinteraksi dengan pelanggan. Tanya jawab produk, share foto produk, komplen, agar pelanggan merasa dekat dengan brand produk yang ditawarkan.

Ketiga, Mengedukasi Pelanggan
Gimana cara edukasi pelanggan? Dengan share foto produk, tanya jawab tentang produk, posting konten terkait produk, yang pada akhirnya pelanggan akan memahami produk yang dijual.

Keempat, Menawarkan Promosi
Dengan adanya promo atau giveaway misalnya, pelanggan akan semakin tertarik untuk mencoba atau membeli produk yang dijual.

Dari banyaknya media sosial yang ada, kita dapat memilih medsos yang tepat untuk pemasaran produk. Untuk produk fashion hijab misalnya, youtube lebih efektif digunakan. Misalnya dengan membuat video tutorial memasang hijab segiempat. Pasti pelanggan akan lebih paham dan ingin mencoba sendiri.

Posting di medsos pun akan lebih efektif jika kita mengetahui tips dan trik nya, antara lain :

1. Pelajari target market, yaitu dengan mengidentifikasi demografi (usia, kelamin, pekerjaan) dan  memahami karakteristik (gaya bahasa, brand favorit, dan konten favorit)

2. Buat konten media sosial yang berhubungan dengan produk, misalnya cara merawat wajah untuk produk kecantikan. Jangan sampai nggak nyambung konten dengan produk ya, karena pelanggan akan bingung nantinya.

3. Berinteraksi dengan baik ke pelanggan, misalnya segera merespon keluhan pelanggan terhadap produk atau pelayanan, respon komentar pelanggan (dengan like, love, dll), menggunakan bahasa yang baik dan respon positif.

4. Fokus pada kualitas konten dibandingkan kuantitas. Lebih baik konten sedikit tapi langsung mengena ke produk dan pelanggan.

5. Pelajari waktu terbaik untuk posting. Cobalah posting di waktu yang berbeda dan perhatikan reaksi target market. Ikuti aktifitas target market dengan posting di waktu-waktu mereka aktif melihat medsosnya.

6. Ikuti tren sosial yang terkenal di industri. Misal, trend celana panjang yang menyempit ke bawah, tren banana cake, dan lainnya.

7. Gunakan hashtag populer. Misal #OOTD dan #shafeeya untuk produk fashion atau #makanenakmedan untuk produk makanan.

Materi-materi untuk bisnis juga bisa kita pelajari di Google Primer dengan terlebih dahulu mengunduhnya di playstore.
Mmm,, satu lagi.

Bagaimana caranya agar di mesin pencari google, bisnis kita bisa langsung terlihat di halaman pertama pencarian? Daftarin bisnis di Google My Business jawabannya. Segera unduh, isi info bisnis yang diperlukan, dan kita bisa menikmati segala fasilitas yang disediakan google untuk mendukung bisnis kita.


Contoh usaha blog yang sudah daftar di Google My Business
Lengkap sudah materi di kelas WomenWill yang mamak ikuti selama dua hari. Senengnya lagi, mamak jadi kenalan ama emak-emak pengusaha di kota Medan dan sekitarnya. Bisa belajar dari mereka-mereka yang udah sukses di usahanya.

Teori sih mudah ya,, yang susah itu melakukannya dengan konsisten dan pantang menyerah walau bisnis nya jatuh bangun.

Kalo kata pembicaranya, semakin jatuh harus semakin semangat menjalankan bisnis. Saat berada di titik terendah itulah pertanda seorang pengusaha makin dekat dengan SUKSES. 
Nggak percaya? Jalankan bisnismu sekarang dan buktikan sendiri.

Oiya, yang ingin mendaftar untuk ikutan kelas WomenWill, bisa langsung daftar dengan klik link berikut ya.

http://bit.ly/daftarwomenwillmedan
https://bit.ly/daftargapuramedan


Post a Comment

Copyright © Mom Blogger Medan - Jendela Mamak. Designed by OddThemes