SERUNYA NGE-BLOG!

99firms.com
Hai,,, mamak hari ini mau cerita tentang blog.

Sebenernya mamak udah buat blog sejak tahun 2011 dimana kesibukan mamak di kantor belum terlalu padat. Saat itu mamak masih penempatan kerja di perkebunan yang jauh dari kota, jauh dari suami. Saat di rumah, anak sudah terlelap dan mamak belum ngantuk, mamak suka cari kegiatan untuk menghilangkan sepi. Cah kebon alias orang yang pernah tinggal di kebun pasti paham rasanya kondisi saat malam  disana. Apalagi mamak bukan orang yang suka nonton tv sejak punya anak (kecuali drama korea).

Terpikir membuat blog saat mulai merasa kurang nyaman menulis di halaman Catatan Facebook.
Blog dibuat pun otodidak, belajar sendiri dari mbah google, walaupun tampilan yang dibuat masih standar. Yang penting bisa punya media lain untuk menulis. Tulisan yang dibuat pun masih seputar “curhat” karena jauh dari suami dan perkembangan anak sehari-hari.

Setelah pindah ke kota, beban kerja semakin berat dan blog itu pun lama ditinggalkan, udah nggak terawat dan banyak sarang laba-laba nya. Dekat dengan suami juga menjadikan lebih sering cerita dan curhat ke suami, udah makin lupa dengan blog yang sebelumnya memegang fungsi sebagai “tempat curhat”.

Sejak tahun lalu, seiring waktu kerja yang semakin berperike-mamak-an, mamak mulai memikirkan hobi lagi. Mulai masuk ke komunitas para blogger, yaitu Blogger Sumut untuk menambah ilmu dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan blog (URL) berbayar agar bisa fokus dan semakin semangat menulis.
Dari komunitas ini juga mamak mulai tau betapa dunia per-blogger-an sudah semakin menjanjikan sebagai profesi yang menghasilkan pundi-pundi rupiah. Mamak yang merasa masih junior sekali di dunia ini pun salut melihat para blogger yang saat ini sudah punya nama, yang dulunya juga melalui proses dari menulis blog sebagai hobi. 
Mengutip dari kalimat penulis Tere Liye, dari tulisan lah dapat lahir karya-karya besar seperti film terkenal Hollywood atau novel-novel laris dunia.

Betapa dunia literasi semakin berkembang, salah satunya dalam bentuk blog. Pemerintah pun turut menggalakkan aktivitas literasi masyarakat Indonesia melalui berbagai program.

Ahh,, menulis dan membaca kan bisa menggunakan media apa aja. Nggak harus blog kan?

Berikut 5 alasan kenapa nge-blog itu lebih menyenangkan.

1.  Bisa menulis Kapan dan Dimana Aja
Kalo udah punya gawai, kita bisa menulis dan langsung posting dimana aja selama ada akses internet. Jadi kapanpun ide itu datang, nggak perlu pena dan kertas lagi. Bisa langsung diketik di smartphone/tab dan upload ke media sosial, termasuk blog pribadi. Kecuali nggak ada internet, boleh lah menulis di media lain dulu.  
Ya udah ke media sosial aja bisa kok. Eitss,, cuma di blog kita bisa menulis panjang kali lebar kali tinggi dan detail. Di medsos lain seperti facebook dan instagram, jumlah karakter tulisan masih dibatasi.

2. Jangkauan manfaat lebih luas
Kalau menulis di buku harian atau buku catatan, kemungkinan besar cuma jadi konsumsi pribadi atau orang-orang dekat aja. Padahal mungkin banyak cerita di tulisan kita yang bermanfaat untuk banyak orang. Dengan adanya blog, tulisan kita akan lebih mudah dibagikan dan dibaca banyak orang.

3. Bisa mencantumkan detail gambar, foto dan video
Serunya menulis dan membaca di blog itu karena biasanya ada visual dalam bentuk gambar, foto dan video menarik yang dapat membuat pembaca tidak hanya membayangkan maksud tulisan. Hal ini sangat berguna untuk tulisan yang menjelaskan detail sesuatu, misalnya produk kecantikan, travelling dan kesehatan.

4. Memungkinkan untuk memasukkan link (tautan) ke tulisan lain
Saat menulis dan membaca suatu tulisan, terkadang butuh mencantumkan sumber atau detail artikel yang berkaitan dengan tulisan yang sedang dibuat/dibaca. Blog memungkinkan untuk meletakkan link tersebut untuk kebutuhan pembaca.

5. Sumber penghasilan
Saat ini sudah banyak yang menjadikan hobi menulis sebagai sumber penghasilan, baik utama maupun tambahan. Lagi-lagi era digital memungkinkan para penulis untuk mempengaruhi orang lain melalui tulisan di blog (influencer), dan melalui mereka juga para pemilik merk mengiklankan produk mereka dengan biaya yang relatif lebih murah daripada iklan tv atau media massa lainnya.

Jadi, yuk mulai belajar nge-blog dan temukan nikmatnya menjelajah tulisan orang lain dan mengembangkan tulisan sendiri.

26 comments :

  1. Aku ngeblog dari tahun 2006, tapi benar2 aktif tahun 2009-2012. Terus vakum karena merasa ini bukan duniaku lagi. Tahun 2017 comeback sampai sekarang. Menulis di blog itu terapi bagi saya dan sumber penghasilan tentunya... He..he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bg, menulis itu terapi. Terapi hati tepatnya, hehe..

      Delete
  2. Yak!! Ngeblog emang seruuuu dan menyenangkan
    Bisa release stres jugaaakk
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Semangat mak, ternyata ngeblog itu mengasyikan dan menghasilkan ya mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru tau aku dari senior di blogsum kak, wkwk. Telattt...

      Delete
  4. Semoga makin semangat blogging mak! Aku blogger curhat dari 2009, sampe sekarang masih setia buat curhat di blog hahaha

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah..berkah ngeblog banyak ya Mbak. Ngeblog memang menyenangkan.
    Ku telat ngeblog, belum 3 tahun. Tapi Alhamdulillah makin ke sini makin hepi. Nambah ilmu, teman dan rejeki:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak,aku lebih telat, heuheu.. Gpplah telat, daripada nggak tau sama sekali

      Delete
  6. aku baru aktif ngeblog sejak ikut dba tahun lalu. ternyata sekarang keranjingan dan hampir tiap hari posting. enaknya kalau ikut komunitas

    ReplyDelete
  7. Saya ngakak saat baca kalimag "susah berperi kemamakan hahaha:
    Kalau saya bikin blog 2014, Mbak. Hanya baru aktif-aktifnya sejak 2 tahunan ini. Dan ngeblog memang seru dan menyenangkan ya, Mbak hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, susah cari kerja yg ber-peri kemamak-an, wkwk

      Delete
  8. saya bikin blog gak inget taun berapa. dan cuma bikin dua tulisan. bis tu saya lupa password. jadi gak nulis lagi.

    trus gegara ikut writing class di Hijrah Islamic parenting Community, secara gak sengaja saya nemu lagi password yang terlupakan

    tapi dikarenakan satu dan lain hal, saya bikin blog baru dari blogspot dan blom setahun saya punya blog yang berbayar.

    ReplyDelete
  9. aku awal mula ngeblog, karna bingung klo nulis dibuku tulisan aku gk kebaca, apalgi orang lain ynag bacanya bingung hehe, dan alhamdulillah ternyata nulis di blog membawa berkah tersendiri ya kak

    ReplyDelete
  10. Sempat gak aktif sih dr dunia blogging ini. Buat blog 2009, sampai 2011 isi materi kuliah doang. Nah sekarang br mulai dibenahi lglah insyaallah. Tfs Mak Dev

    ReplyDelete
  11. Aku buat blog sejak 2006. Tapi cuma buat sarana galau dan alay hahaha. Baru serius nulis dan tahu bisa monetisasi sejak 2018 kemaren. Hehe telat yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eaakkk... Udah dimonetisasi ya mbak. Asal jangan kena krismon aja ya, wkwk

      Delete
  12. Aku punya blog pribadi sejak tahun 2013, kira-kira. Waktu itu belum rajin mengisi. Kalau tengok ke belakang pun suka malu sendiri. Kok tulisanku begini amat, ya? Hahaha ...

    Baru mulai kembali menulis sejak tahun 2018. Kesian ya lama dia nggak dihuni tulisan. Sekarang, kegiatan blogging jadi jauh lebih asyik. Tulisan lebih enak dibaca, proses menulis lebih nyaman, apalagi kalau ujungnya rekening terisi, ahay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiikk,, kyknya udah pernah merasakan rekening terisi dari nge-blog ni mbak, hehe...

      Delete
  13. Saya baru ngeblog tahun lalu, awal-awal nulis agak bingung untuk susun kata-kata, lalu saya belajar membaca blog teman-teman lainnya, jadi mulai bisa 😁

    ReplyDelete
  14. Toss dulu Mak..

    Aku juga sudah sejak tahun 2011 buat personal blog. Cuma menulisnya bisa dihitung dengan jari alias setahun sekali. Baru aktif pas tahun 2017 dan mulai menjadikan blog sebagai ladang penghasilan yang lebih berkah. Amin.

    ReplyDelete
  15. Aku baru tahun lalu punya blog . Awalnya lihat teman-teman sih sepertinya menarik sekali , tp kira kira aku bisa gak yaa ( pertama kali aku berfikir begini )
    Eh lama kelamaan aku jatuh cinta , bisa tenang kalau udh nulis 😁

    ReplyDelete

Copyright © Mom Blogger Medan - Jendela Mamak. Designed by OddThemes