Merawat Wajah dengan Skincare Sederhana

"Pi, muka tu dipakein krim kenapa? Ambil tu krim punya mama. Biar cerah sikit mukamu."

Kalimat itu hampir selalu dilontarkan mamaku setiap kali melihat wajah anaknya yang super cuek ini semakin kusam tiap hari. Bukan cuma wajah sebenarnya yang dikomentari, tapi juga bentuk perut yang nggak pernah dijaga saat baru melahirkan. Semua komentar itu tiada lain tiada bukan hanyalah bentuk sayang seorang mama pada anaknya.

Mama itu sejak gadis selalu merawat dirinya. Jarang pake make up, tapi rutin pake krim wajah, lotion tangan dan kaki. Selalu peduli ama penampilan. Sehabis melahirkan pun, mama nggak pernah melepas gurita dan kemben untuk menjaga bentuk perut dan tubuhnya. Sampai sekarang pun selalu minum jamu gendong setiap hari, katanya untuk menjaga kondisi badan.
Wajar jika mama selalu cerewet melihat anaknya yang berbeda 180 derajat darinya.

Aku dari dulu nggak terlalu peduli ama perawatan wajah dan tubuh. Kecuali ada yang membuatku terusik, misalnya tiba-tiba tumbuh banyak jerawat atau kulit tiba-tiba kering kayak suasana gurun pasir. Baru deh heboh cari krim ini itu supaya bisa nyaman lagi. Kalo udah normal, ya nggak dipakai lagi krim-krim itu. Ditambah suami yang nggak pernah komentar, jadi aku pun merasa santai aja.

Hingga beberapa bulan ini mulai bermunculan beberapa produk perawatan kecantikan (skincare dan bodycare), udah kayak jamur di musim hujan. Melihat beberapa teman yang menggunakan skincare untuk wajahnya, mau nggak mau aku jadi membandingkan wajahku yang cuma dicuci 2 kali sehari menggunakan sabun dengan wajah mereka. Dan harus aku akui wajah mereka lebih enak dilihat. Ihh,, gemes akutuh....

Aku mulai tergoda untuk membaca tentang perawatan wajah. Ternyata wanita yang memasuki usia 30 tahun, memang harus mulai peduli dengan hal ini. Karena di usia inilah garis-garis halus di kulit mulai kelihatan, pori-pori membesar dan tidak jarang kulit pun akan lebih mudah kusam.

Haduh... usiaku udah hampir 33 tahun. Dan aku baru melek sekarang tentang skincare???
Tiba-tiba merasa kualat nggak pernah menuruti nasehat mama dari dulu. Wajah udah mulai ada bintik-bintik hitam, jerawat-jerawat kecil pun mulai bergantian cari tempat. Nggak nyaman sekali dilihat.

Akhirnya, dengan pertimbangan harus tetap merawat diri di depan suami dan agar aku nyaman dengan diriku sendiri (ini yang paling utama sebenarnya, wkwk), aku mulai komitmen untuk merawat kulit wajahku. Akan membantu sekali terutama karena aku nggak suka pake make up. 

Teringat dulu pernah punya make up dari hantaran calon suami saat akan menikah, hingga dua tahun make up termasuk parfum tersebut nggak habis-habis.
Suami pun selalu mengingatkan aku hakikat cantik seorang istri yang seharusnya di depan suami. Jadi kalo mau menggunakan riasan, termasuk lipstik, niatkan hanya untuk suami. Jangan sampai salah niat. Ahh,, bapak ini kadang terkesan lebay, tapi benar juga yang dia bilang itu. 

Balik lagi ke komitmen merawat wajah. 
Pertama kali yang harus diperhatikan adalah jenis kulit. Alhamdulillah kulitku termasuk jenis kulit normal, jadi relatif tidak sulit untuk merawatnya. Bisa coba-coba berbagai produk juga. Aku mulai cari produk yang aman di kulit normal, halal dan gampang dicari. 
Dari hasil baca-baca di internet dan ke toko buku, untuk orang seperti aku yang ingin perawatan yang mudah dan nggak ribet, berikut lima produk yang dibutuhkan agar kulit wajah tetap cerah dan nggak kusam.


1. Sabun cuci muka
Untuk sabun, usahakan yang khusus untuk kulit muka ya. Gunakan yang formulanya lembut. Aku pakai Cetaphil Gentle Skin Cleanser yang cocok untuk semua jenis kulit. Alhamdulillah nggak pernah iritasi. Untuk kulit yang rentan iritasi, bisa cari produk yang lebih cocok.

2. Face Toner
Toner ini fungsinya untuk mengangkat sisa kotoran yang tidak bersih setelah mencuci muka dengan sabun. Mungkin nggak kelihatan, tapi setelah kita bersihkan wajah dengan kapas yang telah dibasahi cairan toner, kita dapat langsung melihat bahwa masih ada kotoran yang tertinggal. Selain itu toner dapat menyegarkan kulit dan mengecilkan pori-pori. 
Aku pake Lightening Face Toner dari Wardah, karena produk ini dipercaya lebih ringan formulanya. Terutama untuk aku yang baru belajar per-skincare-an.

3. Krim siang
Krim siang ini maksudnya krim yang mengandung formula yang dapat melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Kulit yang tidak dilindungi, akan mudah kusam dan terlihat bintik-bintik hitam bahkan lebih hitam di sisi yang terkena sinar matahari secara intens. Jadi harus dilindungi ini mah..
Aku pake Wardah Lightening Day Cream yang diformulasikan dengan SPF 30 PA+++. Dilengkapi dengan Allantoin, vitamin E, ekstrak rumput laut, AHA untuk membantu regenerasi sel, serta vitamin B3-Licorice untuk pencerahan intensif.

4. Krim malam
Krim pelembab yang digunakan di malam hari membantu untuk menjaga kelembaban wajah selama kita tidur. Jadi walaupun kita tidur, wajah tetap perlu dirawat lho agar tidak kering.
Aku pake Wardah Lightening Night Cream yang memiliki formula untuk mencerahkan kulit.

5. Masker 
Kalo masker sebenarnya hanya perawatan tambahan. Nggak harus rutin tiap hari. Bisa sekali atau dua kali seminggu. Masker bekerja sesuai fungsinya. Intinya sih untuk membuat hasil perawatan wajah menjadi lebih maksimal. Aku lebih suka pake sheet mask karena gampang digunakan.

Sumber : rainbowdorable.com

HOW TO...
Gimana caranya untuk pake produk-produk tersebut? 
Intinya sih rutin dan konsistensi ya. 

-  Bersihkan wajah pagi dan malam hari dengan sabun, lalu bersihkan wajah dengan kapas yang telah dibasahi dengan toner. Setelah itu tepuk-tepuk wajah agar cairan toner menyerap ke kulit.
- Gunakan krim siang sebelum beraktivitas di siang hari dan krim malam sebelum tidur. Caranya dengan mengoleskan krim pada kulit wajah dan leher. 
-  Gunakan masker pilihan 1-2 kali seminggu.

Aku udah buktiin lho. Udah hampir sebulan aku melakukannya. Wajah jadi lebih cerah sesuai dengan tujuan skincare yang aku pilih, yaitu Lightening atau mencerahkan. Mamaku nggak cerewet lagi, malah beliau menawarkan aku untuk mencoba serum tambahan. Ihh,, si mama ya. 

Ayo yang sudah memasuki usia 30-an. Manatau ada yang super cuek kayak aku, udah mulai bisa dilirik-lirik nih wajahnya. Udah ada garis-garis tanda penuaan dini belum? Kusam atau mulai ada bintik-bintik hitam belum?
Kalo ada, itu wajar. Artinya wajah kita memang perlu dirawat agar kita pun nyaman dengan wajah kita di umur yang tak lagi muda. Kalo bukan kita, siapa lagi??
Nggak perlu yang mahal kayak artis, kalo ada duit lebih ya silakan. Bisa menyesuaikan ama kondisi masing-masing kok.
Jadi, masih mikir seribu kali untuk merawat wajah sendiri???

Selamat mencoba ya. 



27 comments :

  1. Wkwkwk Una banget ini keknya,
    Kak Desi udah cerewetin supaya pake skincare 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya na. Jangan sampe udah item2 tu muka baru kita heboh sendiri. Yang ini simple kok, yang penting jangan males aja. Mumpung blom 30 lho..wkwk

      Delete
  2. Skincare sekarang ini sangat sangat penting tidak hanya untuk cewek, buat cowok juga. Tapi buatku cuci muka pakai sabun muka sudah cukup. Ha..ha..ha...

    ReplyDelete
  3. Siapp, aku juga mau rawat wajah ahhhh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Awak masih setia di LAMOUR. Kesannya mahal di awal, tapi iritnya kebangetan. Kadang ada beberapa yang diskip karena mamak thorLALU sibuk, tapi yang wajib dipake face wash, serum, and Daycream.

    ReplyDelete
  5. Sampe sekarang masih suka memilih produknya wardah, tapi untu mask aku lagi nyoba pake spirulina. Kayaknya lebih hemat dan hasilnya juga bagus

    ReplyDelete
  6. Iya ya mbak, perawatan wajah sebenernya bisa simple asal rutin melakukannya yah.
    Jadi inget aku belum maskeran wajah lagi ihihii

    ReplyDelete
  7. Saya lebih sering pakai sabun wajah euy, kalau mau pakai krim siang, krim malam asa ribet. Mungkin karena gue kaum adam kali ya, hehehe

    ReplyDelete
  8. Ngurusin muka itu emang perlu kontinuitas yak, nah itulah yang bagian tersulitnya. Aku suka gak telaten

    ReplyDelete
  9. Saya memang sering baca, semakin bertamabah umur, maka harus semakin memperhatikan wajah dan tubuh ya, Mbak. Untunglah sekarang banyak produk skincare dan bodycare yanh bisa dipilih sesuai kebutuhan dan jenis kulit.

    ReplyDelete
  10. Saya juga skincare-annya musiman mba devi..
    Klo musim durian baru skincare-an kwkwkwkwk

    ReplyDelete
  11. Aku sbg newbie skincare addict juga awalnya dari masker, skrg lagi coba skincare lokal. Bisa liat ditulisan blogku juga :)

    ReplyDelete
  12. Duh harus gitu ya kak wkwkwk :((( alhamdulillah ya kka devi cocok pake wardah, elsa nggak:( oh ya kak, masukan aja nih, kalo bs konsumi yg memang produknya halal hehe karena apa yg masuk ke tubuh jg mmberi efek samping bagi hidup kita hihi

    ReplyDelete
  13. Kemasan beauty mask nya lucu abis mbak, gagal fokus saya... Kudu rajin Skincare an juga nih saya hehehe

    ReplyDelete
  14. Aku baru skinkeran 5 tahun terakhir, lebih telat berarti karena sekarang aku 43 kewkw. Ku tipe super cuek dulu, dan sayang sama bujet kalau buat bebelian urusan muka. Tapi dipikir kok ya, makin gelap aja nih kulit wajah. Jadilah rutin sekarang, lebih baik telat daripada tidak, bukan...

    ReplyDelete
  15. Masuk usia 30 an perempuan perlu perawatan ekstra yac mom, karena kulitnya udah terlihat bintik hitam. Biarlah agak sedikit ribet tapi aman untuk kulit , bagi saya yg udah masuk usia 30 an.

    ReplyDelete
  16. saya juga suka beli masker yang sachetan
    karena harganya murah
    terus bisa beli aneka jenis
    misal bengkoang, mutiara, timun, tomat, rumput laut dll
    makenya juga gampang

    ReplyDelete
  17. aku cuma pakai sabun wajah doang untuk perawatan wajah, sisanya tidak makai. Karena merasa terlalu feminim saja jika ada perawatan selanjutnya, meskipun banyak yang bilang sekarang cowok juga bisa menggunakan skincare

    ReplyDelete
  18. pencuci muka kita sama kak produknya. hehehehe. memang ajib kali cleanser dari brand itu kak. kalo bagi awak, pakai skin care itu sama dengan merawat cinta terhadap jiwa. hahaha monmaap agak lebay sikit. hahhaa

    ReplyDelete
  19. Wah sama toner kita dari wardah, semua yg disebutin aku udah ada semua, tinggal rajinnya aja nih yg harus ditingkatin, hehehe

    ReplyDelete
  20. Sy jg pake wardah produk.asli indonesia, kl sering ganti2 takut gk cocok sm kulit

    ReplyDelete
  21. Aku juga cueeek banget sama kulit muka ku . Jarang banget skincarean padahal suka iri kalau liat teman yg bening bening . Aku tuh tipe orang yg gak konsisten buat skincare an kadang males dan ngantuk melanda jadi langsung blek tidur tanpa bersihin muka dll.

    ReplyDelete
  22. aku jadi malu deh, soalnya ga pernah rutin. Namun, hal ini membuat aku semangat untuk rutin merawat wajah, makasih sudah diingatkan

    ReplyDelete
  23. Sederhana tapi rutin bisa cling juga tuh wajah, yg penting sehat, ga putih jg gpp haha

    ReplyDelete
  24. Mantap kak, bisa dicoba nih sarannya produk wardah juga yang saya pakai hehe

    ReplyDelete
  25. Thanks for reminder, Devi. Penting banget memang perawatan wajah bagi perempuan. Agar suaminya selalu nyanyi Afgan, Wajahmu mengalihkan duniaku, hehe

    ReplyDelete

Copyright © Mom Blogger Medan - Jendela Mamak. Designed by OddThemes