PEMANFAATAN DOMAIN UNTUK JUALAN ONLINE




“Mak, bajunya cantik. Ada model yang lain nggak?”

Langsung saya buka whatsapp dan mengirimkan banyak gambar baju dagangan saya ke teman yang bertanya tersebut. Jika ia berminat, ia akan menghubungi saya lagi untuk bertanya langsung melalui chat pribadi ke saya.

Esoknya, kejadian yang sama terulang kembali. Namun dengan calon pelanggan yang berbeda.

Untuk ke sekian kalinya saya mengirimkan gambar baju yang sebelumnya telah saya kirimkan ke teman saya yang bertanya sebelumnya.

Ini yang sering saya alami setelah saya mencoba untuk berjualan online. Masih pendatang baru di dunia perjualan-online-an dan harus banyak belajar cara menciptakan kepuasan pelanggan.

Saya seorang karyawan kantoran namun ingin sekali punya usaha lain. Niatnya nggak muluk-muluk, ingin membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain yang membutuhkan. Kalaupun ada keuntungan dari penjualan, saya anggap itu bonus.

Usaha yang paling memungkinkan adalah berjualan online. Kebetulan saya suka pakai gamis dan saya sadar masih banyak perempuan lainnya yang sama seperti saya. Apalagi yang baru belajar untuk berpakaian lebih syar’i. Pastinya ada manfaat syi’ar agama yang sekaligus saya lakukan.

Karena skala usaha saya masih kecil, maka saya pun “menjajakan” dagangan saya melalui media sosial yang saya punya. Sebut saja fesbuk, instagram dan lini whatsapp pribadi.

Setiap hari posting bisa sampai 8 kali dengan produk yang berbeda.

Menjawab pertanyaan dari orang-orang yang tertarik dengan dagangan yang saya posting. Apalagi saat pertama kali closing, istilahnya pecah telor. Gini tho senangnya penjual saat dagangannya dibeli orang.

Seiring dengan berjalannya waktu, usaha saya pun berkembang. Sudah tidak memungkinkan lagi bagi saya untuk menjalankannya sendiri. Saya butuh partner kerja sebagai admin yang dapat membantu untuk menjawab pertanyaan dari calon pelanggan.

Tapi,,, nasib admin saya sepertinya akan sama dengan saya. Bisa menjawab berkali-kali untuk pertanyaan terkait satu produk. Kok ya kasian juga. Ini sudah tahun 2019, udah nggak jamannya lagi melakukan hal seperti itu kalau saya ingin sukses dalam usaha jualan online saya.

Sampai akhirnya saya membaca tentang istilah domain yang dapat mempermudah usaha jualan online saya.

Apa itu domain?

Domain adalah semacam alamat website. Alamat di browser yang berakhiran .com, .id, .co.id, .net itulah yang disebut dengan domain.

Domain yang saat ini banyak digunakan adalah yang sifatnya Top Level Domain (TLD) karena lebih gampang diingat dan sifatnya lebih pribadi.

Lalu, apa manfaat domain untuk jualan online?

Di jaman sekarang yang serba digital, domain sangat berguna untuk banyak hal. Sebagai pengusaha online, beberapa manfaat menggunakan domain dengan nama website yang bisa didapatkan antara lain :

1.   Memperkuat Brand Image
Seorang pengusaha sangat perlu untuk memperkuat brand image nya. Dengan memiliki website sendiri, pelanggan akan langsung mengingat merk produk kita saat membutuhkan produk sejenis. Semakin unik nama website yang dibuat, maka akan semakin menempel brand tersebut di benak pelanggan.
Misalnya, saya sedang butuh tumbler. Maka saya akan langsung browsing tupperware karena branding tupperware sudah melekat erat di benak saya.

2.   Memudahkan Informasi Terkait Produk
Di website, informasi detail terkait semua produk yang dijual dapat dicantumkan. Jadi pelanggan langsung paham produk secara umum tanpa harus bertanya lebih lanjut ke penjual. Kecuali jika ada hal lain di luar info umum produk, bisa langsung chat melalui website juga.

3.   Mudah dicari pelanggan
Saat pelanggan tidak mengetahui alamat toko offline, mereka langsung bisa browsing nama website yang mereka cari.

4.   Lebih Efisien
Ini nih manfaat yang sangat saya perlukan. Saya nggak harus menjelaskan tentang produk yang sama lewat chating di media sosial selama berjuta-juta kali. Kecuali ada hal-hal tertentu yang memang tidak dicantumkan di website.

Setelah saya memahami kalau domain adalah hal yang saya perlukan selama ini, saya langsung mencari penyedia jasa pembuatan domain untuk website saya.

Pilihan saya jatuh ke Rumahweb dimana saya bisa membeli >> Domain Murah <<

Mengapa saya pilih Rumahweb?

Karena prosesnya cukup mudah. Pembuatan website nya hanya membutuhkan waktu maksimal 48 jam dengan harga yang cukup terjangkau sesuai dengan skala usaha yang saya miliki.

Jika saya belum ada materi atau konten, Rumahweb akan membantu saya untuk menulis konten terkait usaha saya.




Desain yang bisa dipilih juga cukup banyak. Cantik-cantik lagi, sesuai dengan yang saya harapkan.

Jika ada masalah, saya bisa langsung menghubungi "orang rumah" sebagai call center Rumahweb melalui livechat, telepon, maupun email dan  dapat saya hubungi selama 24 jam setiap hari.

Tak salah lah saya memilih rumahweb ini untuk membantu membuatkan website jualan online saya. Semoga jualan saya semakin laris manis karena semakin gampang diakses oleh siapa saja dan dimana saja.

Yang mau ikutan buat website untuk kebutuhan usaha seperti saya, kuy langsung klik aja www.rumahweb.com

Artikel ini diikutsertakan dalam Rumahweb blog competition periode 2 tahun 2019.

29 comments:

  1. Bisa nih dicoba, untuk jualan istri risol gembul hehe

    ReplyDelete
  2. dari semua jasa beli domain, emang rumahweb yg paling murah katanya ya kak? ini mah inceran para mak emak sih.

    ReplyDelete
  3. Rate harga kalo beli WordPress punya di sana berapaan ya Dev?
    Lagi kepo sama WordPress, tapi pengen tau dulu harga

    ReplyDelete
  4. Aku jadi pingin nih punya bisnis online dan domain juga. Emg bener sih jadi lebih fokus ya, pembeli diarahkan ke web fan bisa langsung transaksi ya

    ReplyDelete
  5. Jaman sekarang berniaga memang semakin mudah ya, Mak. Tapi jangan lupa kitanya sendiri juga harus upgrade ilmu termasuk seluk beluk berbisnis online dan branding, salah satunya dengan mengenal domain dan website ini.

    Memang ya, kalau kita mau belanja sesuatu dan saat googling informasi di website tertera jelas, rasanya lebih nyaman gitu karena bisa meminimalkan resiko terjebal di pedagang online abal-abal.

    ReplyDelete
  6. Memang, Mbak. Jangankan jualan, info kelas menulis saya saja, itu harus saya jelaskan berulang-ulang pada beda-beda orang. Makanya efisiennya saya tulis saja di blog. Jadi saat ada yang tanya, saya langsung arahkan ke blog.

    Dan jualan pakai domain sendiri semuanya jadi lebih mudah ya, Mbak. Lebih praktis juga. Dan saya juga pakai domain Rumahweb.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Nah penting ini emang buat jualan online ya kak. Karena klo terus2an kirim gambar ke calon customer/customer maka memory hp kita akan cepat penuh juga kuota akan cepat habis.

    ReplyDelete
  9. Pengalaman kk dulu jualan gamis online dan offline juga gitu,, customer rerata mantjahh yaa... Tau banget kl pembeli adalah raja, wkwkw

    Beruntung ya ada rumahweb.id mau memulai jualan jd gampang

    ReplyDelete
  10. Saya juga pengen bisnis online..
    Tapi ditunda2 terus hiks..

    ReplyDelete
  11. aih asik ya kita bisa punya domain bisnis sendiri jadi lebih terpercaya

    ReplyDelete
  12. Bolehlah saya coba untuk usaha atau bisnis saya. Semoga dengan domain bisnis usaha saya jadi berkembang.

    ReplyDelete
  13. Motivasi pengen punya web zaman jualan online dulu adalah biar keren gitu dicantumkan nama webnya di produk dan biar gampang kalau ada yang pengen baca info lengkap produk. Yaa suruh aja kunjungi websitenya, walaupun kadang tetap aja ada satu dua orang yang males baca. Huhuh

    ReplyDelete
  14. Domain saat ini udah menjadi hal penting, apalagi buat jualan online. Waaah, salut saya mbak bisa posting 8 kali dgn postingan berbeda dalam sehari. Saya aja dua udah rada gimana gitu 😁. Krn saya pernah jualan online namun saat itu baru kenal FB aja

    ReplyDelete
  15. Iya, domain itu branding terkuat, makanya perlu diperhatikan benar-benar agar tak salah menaikkan image. Domain juga perlu banget bagi pedagang online. Sangat perlu.

    ReplyDelete
  16. Kalau untuk jualan online domain berbayar emang harus sih soale masalah ke percayaan konsumennya juga kan misalnya kalau masih yang gratisan kadang konsumen ga percaya gt.

    ReplyDelete
  17. Jualan online tentunya kudu dipersiapkan termasuk beli domain. Kalau webnya masih belum domain berbayar, agak gimana gitu. Meragukan jadinya he..he...

    ReplyDelete
  18. Dulu aku pernah ngeOS dan ada web sendiri. Tapi aku evaluasi kalau pakai nama semacam ala2 brand kurang bagus di seo. Jd sebaiknya pakai domain yg namanya umum. Misal jualan baju anak, pakai aja jualbajuanakmurah.,com seperti itu lbh gampang ditemukan :D

    ReplyDelete
  19. Aku pakai rumahweeebb! *langsung ngacung* suka bange sama ini, karena apa ya, harganya masih terjangkau, trus kalau ada masalah responnya cepat

    ReplyDelete
  20. Wah oke juga nih untuk website toko online ya mbak, jadi lebih memudahkan juga karena sekaligus bisa jadi etalase toko juga kan... so kalo ada yang nanya model lain tinggal; arahkan saja ke website

    ReplyDelete
  21. Betul juga pake website lebih praktis, gak melulu update setiap saat dan kalau sudah TLD gitu kesannya tokonya terpercaya gitu. Gak abal-abal

    ReplyDelete
  22. Iya bener banget mbak. Saya masih pakai blogspot lagi nyari doamain yang permanent biar ngak upgrade terus menerus. Mohon infonya mbak

    ReplyDelete
  23. Iya bener banget mbak. Saya masih pakai blogspot lagi nyari doamain yang permanent biar ngak upgrade terus menerus. Mohon infonya mbak

    ReplyDelete
  24. Iya bener banget mbak. Saya masih pakai blogspot lagi nyari doamain yang permanent biar ngak upgrade terus menerus. Mohon infonya mbak

    ReplyDelete
  25. Penting banget nih domain dan senang banget bisa bergabung di Rumah Web ya kak.

    ReplyDelete
  26. Ohh selalu penasaran sama rumah web. Tp skrng jadi ngeh, kalau mereka membuk jasa untuk membantu org yg mau jualain online dengan memanfaatkan domain. Bisa dibuatkan konten lagi, kurang apa lagi

    ReplyDelete
  27. Blog ku pake domain dari rumahweb juga loh kak,
    .
    Mampir ya kak domainnya www.zulharmin.com

    ReplyDelete
  28. Nama online shop bajunya apa nih mba,dan semoga makin sukses ya dengan usaha onlinenya,emang jaminan mutu deh kalo beli domain di Rumah Web

    ReplyDelete