Rekomendasi Lowongan Kerja S1 Pendidikan Bahasa Inggris

February 04, 2020



Jurusan pendidikan bahasa Inggris, menjadi salah satu jurusan bahasa yang sangat umum ditemui di banyak universitas di Indonesia. Sebenarnya jurusan ini tidak jauh berbeda dengan sastra Inggris karena sama-sama membuat mahasiswanya memiliki kemampuan bahasa Inggris cukup baik.  Ada banyak pilihan pekerjaan yang bisa dipilih oleh lulusan pendidikan bahasa Inggris. Berikut ini ada beberapa lowongan kerja S1 pendidikan bahasa Inggris yang bisa dipilih.
Rekomendasi Lowongan Kerja S1 Pendidikan Bahasa Inggris
1. Guru Bahasa Inggris

Foto : English.fiu.edu
Lowongan kerja S1 pendidikan bahasa Inggris yang pertama adalah guru bahasa Inggris. Bisa dikatakan profesi yang satu ini paling banyak digeluti oleh lulusan jurusan ini.  Ketika menekuni profesi menjadi guru tentunya memiliki tanggung jawab sangat besar untuk mendidik siswanya. Selain itu guru dituntut untuk profesional dan berkualitas sehingga anak didiknya menjadi generasi bangsa yang bermanfaat.
2. Sekretaris
Dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, lulusan pendidikan bahasa Inggris memiliki prospek dan peluang kerja di berbagai bidang. Salah satu pekerjaan tersebut adalah menjadi sekretaris. Menjadi seorang sekretaris harus memiliki tanggung jawab sebagai perpanjangan tangan dari pimpinan perusahaan. Biasanya sekretaris menjadi penghubung antara pimpinan dengan segala informasi dengan klien perusahaan dan mitra kerja. Maka dari itu harus memiliki kemampuan komunikasi cukup baik.
3. Pembaca Berita 
Lowongan kerja S1 pendidikan bahasa Inggris selanjutnya adalah pembaca berita. Ini profesi yang sangat cocok bagi yang mempunyai passion di bidang ini. Sekarang untuk menjadi seorang pembawa berita harus dibekali dengan kemampuan bahasa Inggris mumpuni. Selain itu, ketika kuliah di jurusan pendidikan bahasa Inggris pernah mendapatkan materi teknik menyampaikan materi pendidikan. Materi ini bisa diterapkan ketika bertugas menyampaikan berita.
4. Tour Guide

Foto : Hotelhiportogaia.com
Tour guide atau pemandu wisata merupakan salah satu pekerjaan yang cocok untuk lulusan pendidikan bahasa Inggris. Hal ini tidak terlepas dari keberadaan tempat wisata di Indonesia yang banyak didatangi orang asing. Saat berkunjung di salah satu tempat wisata tentunya membutuhkan penjelasan mengenai sejarah, keindahan, spot menarik dan sebagainya dalam bahasa Inggris.
5. Public Relation
Meskipun pekerjaan ini biasanya dipenuhi oleh para lulusan dari ilmu komunikasi ternyata juga membutuhkan lulusan pendidikan bahasa Inggris. Public relation itu sendiri memiliki tugas untuk mengurus dan mengkoordinasi semua hal yang ada kaitannya dengan komunikasi. Kemampuan bahasa Inggris dan komunikasi yang baik akan menjadi nilai lebih supaya bisa bekerja menjadi seorang public relation.
6. Pustakawan Akademik
Bagi lulusan pendidikan bahasa Inggris yang sangat mencintai buku maupun dunia akademik bisa bekerja menjadi seorang pustakawan akademik. Profesi ini mengharuskan untuk bertanggung jawab dalam pengembangan akademis. Caranya dengan mengembangkan pengetahuan khusus.
7. Eksekutif Periklanan
Lowongan kerja S1 pendidikan bahasa Inggris yang bisa dijadikan pilihan profesi adalah eksekutif periklanan. Pasti masih banyak yang belum mengetahui apa itu eksekutif periklanan. Eksekutif periklanan ini memiliki tugas sebagai penghubung antara agen dan klien. Sehingga dituntut untuk bisa berkoordinasi untuk mempromosikan iklan. Menekuni pekerjaan ini tentunya harus mempunyai kemampuan komunikasi yang mumpuni terutama saat berbicara menggunakan bahasa Inggris.
8. Penulis

Foto : Womantalk.com
Memiliki profesi sebagai penulis saat ini memiliki prospek dan peluang kerja cukup cerah. Pekerjaan ini sangat cocok bagi siapa saja yang mahir bermain kata-kata dan mengaplikasikan nya dalam sebuah tulisan. Pekerjaan ini sangat cocok untuk lulusan pendidikan bahasa Inggris, dengan posisi sebagai copywriter, dan content writer.
9. Bekerja di Perusahaan Asing
Dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, membuat lulusan pendidikan bahasa Inggris bisa memilih bekerja di mana saja. Salah satu pekerjaan yang cocok adalah bekerja di perusahaan asing. Beberapa posisi yang cocok untuk lulusan jurusan ini adalah manajer, direktur, staf atau karyawan biasa.
10. Interpreter
Lowongan kerja S1 pendidikan bahasa Inggris yang terakhir adalah interpreter. Sudah bukan rahasia lagi jika saat ini banyak perusahaan atau instansi yang membutuhkan jasa seorang interpreter. Pekerjaan ini sangat cocok untuk lulusan pendidikan bahasa Inggris yang suka menerjemahkan bahasa.
Itulah informasi mengenai lowongan kerja S1 pendidikan bahasa Inggris. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan pendidikan bahasa Inggris? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

https://www.cekaja.com/info/peluang-kerja-menjanjikan-buat-lulusan-sastra-Inggris-kepoin-yuk/

You Might Also Like

16 comments

  1. Adik saya jago bahasa Inggris, dia kerja dari rumah saja dengan menjadi penerjemah dan translator, bisa bergaji tambahan Rp 15 juta per bulan. Saya iriiiiiii sekali. Apa daya saya englishnya pasif dan masih banyak kurangnya. Beda sama adik saya yang memang kuliahnya di Singapura. Pokoknya anak-anak kita harus jago bahasa asing bun, minimal bahasa inggris. Syukur-syukur bisa bahasa Cina juga untuk Asia dan Jerman untuk Eropa. Dilempar kemana aja anak-anak kita pasti sukses, insya Allah. Hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Kalo udah punya bekal kemampuan, nggak ragu lagi untuk kerja dari rumah. Keluarga dapet, uang pun juga.

      Delete
  2. Menguasai bahasa asing termasuk bahasa Inggris memang sangat memudahkan dalam mencari pekerjaan atau menciptakan penghasilan sendiri. Jaman sekarang, bahasa Inggris bukan hanya identik jadi guru saja seperti jaman dulu. Kesempatan kerja terbuka luaaas banget, yaaa ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak. Malah lebih fleksibel kerjanya kan..

      Delete
  3. Kalau bisa bahasa Inggris mah enak bisa kemana aja. Karena semua hampir membutuhkan bahasa Inggris. Dulu waktu kuliah dengan modal bahasa Inggris lumayan, saya bisa mengajar privat adek2 di SD.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga mbak. Lumayan bisa dapet tambahan uang jajan dengan mengajar bahasa inggris.

      Delete
  4. Banyak banget ternyata peluang kerja lulusan pendidikan bahasa inggris. Tapi kok masih aja orang berbondong-bondong mau jadi PNS aja.

    ReplyDelete
  5. Bekerja di perusahaan asing menarik banget tuh Mba hahaha.
    Atau jadi tour guide, bikin kemampuan bahasa Inggris jadi lebih baik.
    Sayang ya saya dulu malah ambil teknik, padahal mencintai dunia sastra :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget kayaknya ya mbak. Bisa daftar di kemenlu juga. Bisa jalan-jalan ke luar negeri deh.

      Delete
  6. Yg pastinya kl pinter bahasa inggrisnya mau kerja dimana aja pasti bisa banget ya mbak. Saya masih tertatih2 soal bahasa inggris. Pengen banget lancar bahasa Inggrisnya

    ReplyDelete
  7. Kapan hari saya juga bikin rekomendasi tuk lulusan S1 Bahasa Inggris. Ternyata banyak, ya. Aslinya kalau mau ngelist beneran dengan survey, bisa 50an, lho. Caiyyo, 'anak Inggris'!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nggak ada ilmu yang nggak bermanfaat ya mbak.

      Delete
  8. Saya baru tahu kalau Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris beda, Mbak hehehe. Dan memang banyak sekali peluang ya, Mbak. termasuk menerjemahkan buku dari bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Dan.. pastinya, kalau jalan-jalan keluar negeri akan lebih mudah komunikasinya. beda sama saya yang tahunya cuma good morning hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalo ada rencana ke luar negeri, harus belajar lagi ya mas, wkwk.

      Delete

Instagram