Mencegah Infeksi Virus Corona

March 12, 2020


Akhir tahun 2019 menjadi sejarah baru bagi dunia kesehatan dengan merebaknya penyakit yang disebabkan oleh Corona Virus Disease 2019 (COVID19) di beberapa negara. Penyebaran yang cukup singkat dengan jumlah penderita yang melesat sangat cepat menjadikan virus ini menimbulkan dampak yang cukup fantastis di berbagai negara di dunia. Tidak hanya di dunia kesehatan publik, wabah COVID19 juga berpengaruh pada perekonomian global yang menurun.
Loh, gara-gara virus bisa menyebabkan perekonomian dunia turun?
Walaupun tingkat kematian pasien COVID19 tidak sebanyak SARS dan MERS yang merupakan mutasi sebelumnya dari virus corona, begitu cepatnya penyebaran COVID19 ini memaksa berbagai negara membatasi warganya untuk bepergian ke luar negeri dan melarang wisatawan dari negara pandemi untuk masuk ke negaranya. Pecinta sepakbola juga merasa kecewa karena wabah COVID19 menyebabkan batalnya Liga Italia yang telah dijadwalkan tahun ini. Bahkan warga di Jepang dianjurkan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Para siswa juga diliburkan hingga dua minggu lamanya.
Kebayang dong ya kalau anak-anak sampai libur dua minggu dan di rumah tidak dibimbing untuk mengulang dan mempelajari materi yang ada di buku pelajaran? Bisa-bisa saat masuk sekolah tiba mereka harus mempelajari banyak materi dalam waktu yang singkat karena waktu mereka digunakan untuk libur demi menghindari infeksi virus tersebut. Nambahin PR mamak jadinya, hehe..
Namanya penyakit sebisa mungkin dihindari. Namun nggak mungkin kan takut terus menerus tanpa ada usaha untuk membentengi diri agar tidak terinfeksi? Allah menciptakan penyakit pasti satu paket dengan obatnya. Termasuk penyakit dari virus corona. Berikut cara mencegah infeksi virus corona.

Menggunakan masker
Pada dasarnya masker tidak dibutuhkan oleh orang yang sehat. Namun untuk menjaga diri dari adanya virus yang seliweran, masker dapat mengurangi kemungkinan virus masuk ke tubuh. Bagi orang yang bekerja di rumah sakit atau mengunjungi orang sakit, sebaiknya selalu menggunakan masker agar tidak tertular virus yang ada di tempat tersebut.
Masker yang banyak digunakan adalah masker bedah yang merupakan masker sekali pakai dan harganya pun cukup terjangkau. Namun banyak juga yang memilih masker N95 yang memiliki penyaring partikel berbahaya dari udara yang harganya relatif lebih mahal dari masker bedah.
Rajin mencuci tangan
Tangan sering digunakan untuk melakukan berbagai hal, termasuk menutup mulut saat bersin, memegang, menekan tombol, dan lainnya. Aktivitas yang dilakukan oleh tangan tersebut memungkinkan virus atau bakteri menempel dan dapat masuk ke tubuh melalui hidung atau mulut. Oleh karena itu mencuci tangan sangat dianjurkan terutama sebelum memegang hidung/mulut ataupun makan.
Meningkatkan daya tahan tubuh
Virus dapat dikalahkan dengan meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang baik, virus yang masuk pun dapat dilawan dan akhirnya tidak jadi menginfeksi dan menyebabkan seseorang sakit. Daya tahan tubuh dapat dijaga dan ditingkatkan dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, dan makanan berprotein; tidur cukup, serta melakukan olahraga rutin agar metabolisme dalam tubuh berjalan dengan baik. Tambahan suplemen seperti vitamin, madu, sari kurma, juga dapat menjaga tubuh agar tetap sehat.
Menjauhi wilayah pandemi
Bagi yang suka travelling, sementara hindari untuk jalan-jalan ke daerah pandemi corona seperti China, Italia, dan negara lain yang melaporkan kasus penyakit akibat infeksi corona. Cara ini efektif agar tidak memperluas wilayah pasien yang terinfeksi penyakit tersebut. Saat ini beberapa negara juga menutup akses masuk orang dari negara yang warganya terinfeksi COVID19. Negara-negara di Asia Tenggara telah dikonfirmasi mengenai COVID19 yang menginfeksi warga negaranya. Jadi, traveller harap bersabar ya untuk tidak berwisata ke negara-negara tersebut hingga wabah ini mereda.
Sekian tulisan saya tentang mencegah infeksi virus corona. Semoga kita selalu sehat ya.

You Might Also Like

50 comments

  1. Iya kak kita harus jaga kesehatan baik-baik dimulai dari kebersihan diri yakan kak. Karena banyak juga virus-virus yang bertebaran kalo kita ngak pande rawat diri. The best kak informasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak. Jaga kesehatan dan kebersihan itu intinya.

      Delete
  2. Nice info Mbak! Emang lebih baik menjaga daripada mengobati ya. Tapi jujur kadang saya miris masalah masker yang harganya selangit di saat kita butuh seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini karena ulah orang-orang yang memanfaatkan situasi untuk kepentingan diri sendiri mbak. Kita juga sebagai konsumen harusnya tidak panik dan memburu masker sampai di stok sebanyak-banyaknya.

      Delete
  3. Sayangnya ticket pesawat harganya turun gila-gilaan tapi kita nggak berani traveling karena termasuk wilayan pandemi hiks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haduh,,, mau turun berapa kali juga, kita tetap lebih aman tinggal di rumah ya mbak. Setidaknya sampai wabah mereda.

      Delete
  4. Di musim penuh virus gini memang daya tahan tubuh kita harus dijaga. Selain kebersihan tentu saja utama

    ReplyDelete
  5. Mari kita cegah bersama untuk diri kita sensiri maupun untuk orang lain.
    Tiket pesawat sgt murah taapi aku ga bergeming untuk membelinya. Karena kesehatan dan keselamatan lebih utama daripada libutan murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liburan itu untuk makin sehat ya mbak, bukan untuk mendekati penyakit, hehe..

      Delete
  6. Kalo masih sehat, aku lebih baik pake masker kain dulu Mak Devi.. karena kasihan kalo orang sakit nyari masker kesusahan sekarang..
    Paling geram sama yang panic dan belanja semaunya. Semua diborong sampe harga naik semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mak. Makanya masyarakat harusnya jangan panik membabi buta sampai stok masker pun habis. Kasian pasien rumah sakit yang lebih membutuhkan.

      Delete
  7. cukup dengan kita meenjaga kondisi badan tetap fit itu salah satu langkah konkrit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menjaga badan dan saat ini #merumahkandiri dulu :)

      Delete
  8. Yuk kita.semua jaga kesehatanulai dari rumah. Karena semua pemyalit apapun awalnya.kebanyakn dari makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau virus ini bukan hanya dari makanan mbak. Mutasi virus membuat virus ini cepat menyebar melalui udara dan sentuhan. Semoga kita semua tetap sehat.

      Delete
  9. Menjaga kesehatan tubuh dan melakukan kebiasaan hidup sehat itu kuncinya ya mb..ok, noted. Mksh infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, saat ini masih harus ditambah #merumahkandiri dulu mbak. Setidaknya sampai wabah ini mereda.

      Delete
  10. Harus bisabtahan diri ini yang demen travelling, menunggu kondisi aman dulu agar tetap terjaga kesehatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak. Travelling mah kalo udah aman aja biar tetap sehat.

      Delete
  11. bener banget kita harus mencegah virus korona. sebenarnya sih virus nggak terlalu menakutkan; hanya saja pemberitaannya terlalu dilebih-lebihkan jadi membuat masyarakat jadi panik. padahal mengatasi virus korona ini dengan menjaga kebersihan diri itu yang paling penting dan utama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya jangan panik tapi tetap waspada ya mbak.

      Delete
  12. Ayo sama2 mencegah! Saya juga sangat prihatin dgn kejadian yg terjadi saat ini. Lagi-lagi biasakan hidup sehat dan cukupi nutrizi tubuh, salah salatunya. Jadi bingung dan takut mau kemana-mana sih ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. #Merumahkandiri dulu aja mas, hehe.. Lebih aman tho..:)

      Delete
  13. Iya nih. Jadi ngeri dengan Covid 19. Karena kita ga tahu, apakah teman atau lawan bicara kita itu carrier atau tidak. Semoga cepat berlalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kita yang nggak sakit pun bisa jadi carrier.

      Delete
  14. Yang sedihnya juga, yg mau umroh pun harus pending gegara virus ini ya..
    Semoga Allah memberi kita perlindungan dan kemudahan untuk terhindari dari virus ini.
    Dan kalau memang sudah terinfeksi virus ini segera diberi kesehatan dan kesembuhan oleh Allah, Aaamiiinn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang protokolnya begitu kak Vi. Dulu jaman Nabi pun pernah terjadi wabah kayak gini dan kita dilarang ke luar dari daerah wabah dan yang dari luar pun dilarang masuk. Semoga tetap sehat semuanya.

      Delete
  15. Yang sedang santer isunya...
    Terus terang saya kebiasaan pakai masker sejak sebelum isu corona ini ada krn buat menghindari debu, asap rokok, juga org batuk geje di KRL.
    Semoga corona ini lekas reda ya jd bisa menikmati bumi ini dengan bebas aamiin

    ReplyDelete
  16. Makin ke sini, penyebarannya makin masif huhuhu ngeri juga jadinya. Tapi tetap ga boleh stress dan panikan bisa-bisa daya tahan tubuh juga menurun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak boleh panik tapi tetap waspada ya mbak. :)

      Delete
  17. Paling suka dengan statement yg ini nih, "Allah menciptakan penyakit pasti satu paket dengan obatnya". Virus Corobna juga mahkluk Allah kok, sama kayak kita, maka kita mohonkan pada Allah SWT agar sebagai makhluk ciptaan-Nya, si Corona ini lekas berlalunya dari dunia hehe... jgn mengganggu manusia dan hewan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Corona oh Corona... cepatlah dihapus dari dunia ini, semoga cepat ketemu antivirus yg mujarab yaa... aamiinn

      Delete
    2. Iya kak. Kita ambil hikmah dari wabah ini, mengingatkan kita juga akan sejarah wabah di jaman Nabi dulu dan cara menghentikannya.

      Delete
  18. Semoga pandemik ini segera berlalu. Indonesia bisa bergotong royong berjuang melawan Corona ini.aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Dengan #merumahkandiri, semoga wabah nya cepat mereda ya mbak.

      Delete
  19. Alhamdulillah kita sering cuci tangan las berwudhu ya Mak.. sebenarnya ada baiknya berdiam dulu di rumah beberapa saat agar virus pun hilang dengan sendirinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mak. Di rumah dulu sementara sampai wabah ini mereda.

      Delete
  20. Makin bertambah aja ya, hari ini 15/3/20 udah 117 aja. Moga cepat reda bencana ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi lebih dari itu bang. Itu baru yang melapor dan bersedia dicek. Yang belum kemungkinan banyak di luar sana. Atau bisa jadi tidak terinfeksi malam menjadi carrier si virus.

      Delete
  21. Memang kudu hati2 sekarang ya kk dan harus lebih menjaga kesehatan dan melakukan hal yg disarankan.

    ReplyDelete
  22. smoga virus ini cepat berlalu dr indonesia ya kak. kebayang, kmrn ada cewek 19 thn dtg ke RS, dia batpil biasa. sm kantornya dipecat dikira positif korona.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,, tega itu. Di Binjai juga gitu elsa. Ada yang suspect corona dan beberapa warga mau mengusir gitu aja. Untungnya dia negatif. Sosialisasi ke masyarakat juga harus dibenerin ini. Nggak ada yang mau sakit kan.

      Delete
  23. Baca ini pimgin banget di rumah aja.. Tapi gimana lagi.. Harus masuk kerja huhuhu
    .

    ReplyDelete
  24. virus ini memang sedang mewabah dan hampir membuat banyak orang panik. Tetapi sebenarnya tidak usah panik, cukup lakukan tindakan pencegahan, kenali gejalanya, lakukan tindakan, jaga pola makan, jaga kesehata...

    ReplyDelete
  25. Banyak banget memang dampaknya dari pandemik Corona ini.
    Rupiah aja melemah, sebagai kaum yg gak kaya, kami pun ga bisa juga buying berlebih untuk stok 😭😭😭

    ReplyDelete
  26. Sedih gara gara banyak yang mengira bahwa pencegahan utama adalah masker. Padahal yg terpenting adalah menjaga kesehatan. Lalu menjaga diri agar tetap di rumah. Baru deh penggunaan masker.

    ReplyDelete

Instagram