Resep Donat Kentang ala Mamak

Hai sobat mamak,
Semoga semua pada sehat ya. Sebagai mamak harus setrong dan katanya harus anti sakit. Kalo mamak udah sakit, keluarga ibarat kapal yang oleng karena kehilangan tumpuan nya. Tukang masak, tukang beres-beres, tukang ngurusin anak harus istirahat dari rutinitas harian yang menurut sebagian orang adalah hal yang gampang dilakukan.
Dan sebagai mamak yang juga working mom, saya bisa bilang pendapat orang seperti itu salah besar. Menjadi ibu rumah tangga bukan hal yang gampang. Bekerja non stop selama 24 jam 7 hari. Mulai dari urusan rumah, anak-anak dan suami. Tidur paling larut dan bangun paling awal. Berat fergusooooo... Kecuali dilandasi keikhlasan karena ibadah kepada Sang Pencipta.
Lah, ini ceritanya jadi kemana-mana.
Kali ini saya ingin berbagi resep cemilan yang udah beberapa kali saya eksekusi. Awalnya saya kurang pede untuk membuatnya, namun tiga krucil di rumah hampir tiap hari minta beli donat kentang yang dijual teman si kakak. Satuannya dihargai Rp2.500, sekali beli minimal 10 donat. Bisa-bisa ludes jatah belanja bulanan gara-gara beli donat kentang. Insting sebagai mamak langsung bereaksi dan memaksa mamak untuk mencari resep donat kentang dari om instagram.
Disini mamak juga memberdayakan krucil dan si ayah untuk turut berperan. Walaupun saya yakin semakin banyak tangan yang memegang adonan, akan berisiko pada hasil yang nggak karuan, haha...
Ya sudah lah, saya terima risiko itu dengan harapan kebersamaan dengan suami dan anak-anak akan menghasilkan makanan yang ada bumbu cintanya. #uhuk



Bahan-bahan yang diperlukan:
  • Kentang 150 gr
  • Tepung  terigu protein tinggi 300 gr (saya pakai Cakra Kembar)
  • Ragi 1 sendok teh
  • Gula pasir 75gr
  • Susu bubuk 2 sendok makan
  • Telur 1 butir
  • Air secukupnya
  • Margarin 40gr
  • Garam 1/2 sendok teh
How To :
  • Kupas dan bersihkan kentang, lalu kukus hingga lunak dan hancurkan.
  • Campur tepung terigu, gula, ragi, dan susu bubuk, aduk hingga rata
  • Masukkan telur dan kentang yang telah dihancurkan ke dalam tepung. Aduk hingga rata, tambahkan air sedikit-sedikit hingga adonan menjadi kalis.
  • Campurkan garam dan margarin ke dalam adonan dan aduk lagi hingga tercampur rata.
  • Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil, kira-kira diameter 5-7 cm dan letakkan dalam wadah yang telah ditaburi tepung agar adonan tidak lengket.
  • Selanjutnya proses proofing adonan dengan mengistirahatkan adonan agar dapat mengembang maksimal selama setengah jam dengan ditutupi kain hingga bulatan mengembang, lalu lubangi bagian tengah adonan. Saya gunakan sedotan berlubang agak besar.
  • Panaskan minyak goreng, lalu goreng donat hingga berwarna kekuningan. Donat kentang yang berhasil dengan baik akan memunculkan lingkaran berwarna putih di bagian luarnya (white ring).
  • Sajikan donat dengan gula pasir halus atau topping meises, keju dan bahan lain sesuai selera.
Anak dan suami biasanya membantu saat membuat bulatan adonan dan melubangi adonan.Tak jarang adonan lebih banyak menempel di tangan mereka daripada yang siap untuk digoreng, haha. Tak apa lah, yang penting proses dan kebersamaannya.

Kesulitan lain yang sering saya alami adalah saat mengangkat adonan dari wadah untuk digoreng. Bagian bawahnya masih menempel di wadah sehingga bulatannya menjadi kempes dan saya harus memperbaiki sedikit lagi bulatan di tangan saya. Untuk rasa dan tekstur sudah cukup oke, walaupun si white ring belum pernah tampak hilalnya, wkwk.
Buat saya sih yang penting anak-anak dan suami suka dan memang selalu ludes tiap saya kembali mengeksekusi si donat kentang ini.




Walaupun saya belum berhasil dalam tampilan si donat, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar donat kentang keliatan lebih menggoda dari beberapa sumber yang saya baca.

- Perhatikan waktu proofing. Adonan yang underproofing akan mengakibatkan adonan keras, sedangkan adonan yang overproofing menyebabkan adonan terlalu lunak (tidak kokoh) dan dapat mengempis saat digoreng. Proofing yang pas dapat dicek dengan menekan adonan dengan ujung jari, jika adonan masih meninggalkan bekas maka adonan masih belum siap.

- Minyak goreng harus banyak. Minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng donat harus banyak agar donat tenggelam sempurna di dalam minyak. 

- Minyak juga harus dipanaskan dengan api yang sedang. Jika minyak terlalu panas akan menyebabkan donat cepat gosong dan hanya matang di permukaan. 

- Membalik donat saat menggoreng cukup sekali saja agar white ring dapat muncul sempurna.

Sekian resep donat kentang ala mamak. Yuk yang mau eksekusi juga, semoga lebih enak dan berhasil dari saya. Lumayan juga untuk mengisi waktu luang selama di rumah dan bersama keluarga.
Love,
Mamak

48 comments:

  1. Pas banget tadi sore sempat liat teman bikin donat, eh malamnya baca ini.
    Pengen cobain ah.
    Saya catat resepnya biar bisa langsung dipraktekin :D

    ReplyDelete
  2. Baca ini saya jadi tahu kenapa donat kentang saya gagal, hehehe. Makasih ya mbak, semoga lain kali saya berhasil bikin donat kentang yang enak, lembut, tapi nggak kempes :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin donat gampang2 susah mbak. Untungnya anak2 saya tetap suka walau white ring nya nggak keliatan, hehe..

      Delete
  3. Itu bahannya kurang ada ragi deh mba ..td sy baca Ampe 2 kali..btw takaran raginya berapa gram ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ups, udah saya tambahin ya mbak. Ragi saya pake 1 sendok teh aja cukup. Thx for reminds me.

      Delete
  4. Saya suka banget beneran sama donat kentang, rasanya beda sama yang dari terigu murni ya k, beda aja di mulut. Wah resepnya juga gampang didapet ini jadi harus dicobain kapan-kapan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih lembut dan gurih kalo pake kentang mbak.

      Delete
  5. Mba Devi, tolong digojekkan saja. ihihhiih
    semakin di zoom donatnya, semakin berdebar saya.

    ReplyDelete
  6. Aku dulu pernah iseng-iseng bikin donat dan gagal, tidak bisa mengembang haahaaaaa

    ReplyDelete
  7. Aku kalo buat donat,yang gak sabar ngadoninnya Mak Dev..

    Akhirnya kurang adon, haha
    Tapi tetep ya.. abak-anaksukaaa selalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Capek ya mak, xixixi.. itulah kadang males bikin donat tuh.

      Delete
  8. Baca artikel ini keinget udah lama gak bikin donat kentang, Wkwkwk.. terakhir setahun lalu. Btw resep yang kita pakai mirip loh kak, emang anti gagal.

    ReplyDelete
  9. waktu ini anakku dapat tugas ujian praktik kelas 9 bikin donat, tapi bahannya dari terigu aja...karena saya lagi enggak punya kentang. Hasilnya kurang renyah sih
    Jujur jarang bikin donat karena, dijual lebih cakep-cakep penampilannya hahaha. Tapi, karena lagi di rumah aja, kok ya penasaran bikin jadinya
    Lagi ada kentang nih, bisa bikin nanti

    ReplyDelete
  10. Hmmm terasa dah dekat waktu berbuka yaa Mak Devi, masukin list bukaan yg akan dibuat nanti nih.. eh ngapain nunggu puasa, besok Ahad pun bisalah ni dieksekusi, emak kan libur ngasih kuliah daring nih hihi... tfs yaa Mak Dev

    ReplyDelete
  11. Asyik ... Dapat resep kesukaan anak-anak, nih. Mereka suka banget sama donat. Aku belum pernah coba sama sekali, hihihi ... Urusan masak berani, tapi kalau kue dan roti masih pede makan hasil toko, hahaha ...

    ReplyDelete
  12. Resepnya seru banget neh, sepertinya bisa dicobain di rumah. Kebetulan anak-anak di rumah suka cobain resep.

    ReplyDelete
  13. Donatnya menul-menul gitu, bikin ngeces, bener banget kalau anak-anak suka mending bikin ya, kalau beli lumayan banget ngurangin jatah belanja, jadi pengen coba bikin juga nih, makasih ya resepnya

    ReplyDelete
  14. Sepertinya sederhana cara buatnya,apalagi bahannya kentang. Nanti bilang ke istri ah, untuk cobain resep ini..lumayan bisa jadi cemilan WFH.

    ReplyDelete
  15. Wah makasih resepnya mba. Patut dicoba nih buat bikin Camilan mengisi waktu luang selama WFH kan jadi gak monoton kegiatan dan camilan nya hihi

    ReplyDelete
  16. ya Allah, jadi kangen donat buatan Ummi. Besok pas mudik aku pesen ummi buatin donat deh. duitnya aku modalin

    ReplyDelete
  17. saya belum pernah bikin
    cuma beli
    donat kentang mmg enak..lembut gt
    ntar coba bikin sendiri deh

    ReplyDelete
  18. Donat kentang ini salah satu favorit cemilan anak-anak di rumah. Mereka suka bagian pas menghias .. dah kayak kelas TK. Semua berebut

    ReplyDelete
  19. Selera kali aku nengok donat itu huhu
    Tar aku suruh istriku buat hehe

    ReplyDelete
  20. yaAllah jadi pengen! efek samping corona bikin ini itu, jd lebih produktif ya kak wkwk

    ReplyDelete
  21. Ini enak banget kk, aku pengen langsung eksekusi buat anak-anak di rumah. Wah di rumah semakin produktif buat berbagai menu ya.

    ReplyDelete
  22. Awak suka gagal kalo bikin donat, tapi belum pernah coba sih donat dari kentang jadi pengen buat juga

    ReplyDelete
  23. Makanan kesukaan aku nih kakak, resepnya aku coba ya

    ReplyDelete
  24. Anak-anak sukaaaaak kali sama donat. Tapi mamaknya males ngadonnya. Hihihi,
    Tapi kayaknya ini gak ribet ya Mak resepnya. Contek-able ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang kak. Selama ada ragi, donat bisa terjadi, hehe..

      Delete
  25. Dev....ngadonnya lama nggak sih? Secara pernah belajar buat donat ngadonnya lama beud walaupun white ring nya muncul sih pas di goreng. Tapi habis tu agak2 males nyobain lagi karena krbayang ngadonnya itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak kok kak. Paling 15-20 menit paling lama

      Delete
  26. Belum pernah coba bikin donat di rumah, seringnya sih beli hehehe tapi di masa himbauan stay at home kayak gini, belajar bikin donat kentang bareng anak sepertinya ide yang asik juga

    ReplyDelete
  27. Donat.. sukak makannya malas buatnya hahaha

    ReplyDelete
  28. Sebagai tim yang cuma bisa makan doang, liat beginian saya langsung jd laper

    ReplyDelete
  29. Jadi pengen buat kentang lagi deh. Rasanya lembut gimana gitu. Puas deh pas ngerasain donat kentang. Hanya saja yang masih dilanjuti itu cara membuat roti. Kayaknya radar mirip gitu cara membuatnya.

    ReplyDelete