Yuk, Bermain dan Berkreasi Bersama Anak di Rumah

March 24, 2020

Hai sobat mamak,
Udah seminggu lebih anak-anak bersekolah dari rumah terkait kebijakan Pemerintah untuk mengatasi penyebaran virus corona yang sedang mewabah (COVID-19). Sebagai ibu yang masih bekerja di luar rumah karena belum mendapat kebijakan work from home (WFH) dari kantor, pelan-pelan saya mulai mengatur waktu agar tetap bisa mengawasi sekolah anak saya yang materinya disampaikan secara daring melalui smartphone.
Di awal terasa njelimet, karena saya harus mengawasi dua orang anak dan mengirimkan hasil belajar mereka ke guru masing-masing berupa foto dan video. Beruntung Raihan sudah bisa mandiri, smartphone yang dipinjamkan oleh bundanya benar-benar efektif digunakan untuk belajar seharian. Sepulang kantor pun saya dapat memeriksa hasil belajarnya langsung dari HP.
Sementara Nada yang minggu lalu melaksanakan ujian, baru minggu ini menerima materi pelajaran seperti yang biasanya ia terima di sekolah. Mulai dari membaca dan menulis qiro’ati di pagi hari hingga pelajaran lain seperti matematika, bahasa Indonesia, hadits, dan lainnya. Proses belajarnya juga harus didokumentasikan, baik dalam bentuk foto maupun video untuk dikirimkan ke gurunya.
Selesai belajar di siang hari, menjadi tanggung jawab kami sebagai orangtua untuk dapat membersamai anak-anak di malam hari. Bukan hal yang mudah menjaga mood anak-anak tetap bagus di saat mereka harus tetap berada di rumah setiap harinya.
Biasanya kami masih sering mengajak mereka sekedar naik motor untuk berkeliling menikmati suasana malam atau membeli kebutuhan di minimarket. Namun dengan kondisi wabah seperti ini kami harus dapat mengganti kebiasaan ke luar rumah menjadi aktivitas yang menyenangkan walaupun tetap berada di dalam rumah.
Saya dan suami bukan termasuk orang yang kreatif. Namun kali ini kami dituntut untuk belajar lebih kreatif dalam bermain dan membersamai anak-anak kami. Berikut aktivitas yang kami lakukan saat bermain dan berkreasi bersama anak di rumah beberapa hari ini.
Membaca Buku
Impian saya sejak dulu adalah memiliki banyak buku yang dapat dibaca oleh keluarga saya dan membuat anak-anak saya mencintai buku dan ilmu pengetahuan. Koleksi buku sudah lumayan banyak, tapi saya akui belum semua saya bacakan untuk anak-anak. Inilah saat yang tepat untuk mulai lagi membacakan buku yang belum pernah saya bacakan untuk mereka. Raihan pun baru minta dibelikan komik Al Fatih seri Dracula dan Konstantinopel. Yeay,, jadi banyak bahan bacaan untuk anak.
Bermain Tebak-Tebakan
Permainan ini cukup sering kami lakukan saat berada di rumah terutama di malam hari. Mulai dari yang lucu sampai yang membuat anak saya minta berhenti karena nggak bisa menjawab dengan benar, hehe.. Tebak nama bunga, hewan, buah, tokoh kartun, apa aja bisa dijadikan bahan tebak-tebakan. Gampang kan?
Bermain Kuda-Kudaan dan Lompat
Permainan yang satu ini bisa melatih motorik anak dengan baik karena melibatkan aktivitas anggota tubuh seperti berolahraga. Si ayah dong pastinya yang selalu menjadi kuda yang siap ditunggangi oleh anak-anaknya, hehe… 
Untuk bermain lompat, anak-anak sering melakukan di atas tempat tidur dengan pengawasan ekstra dari kami tentunya. Kegiatan ini cukup efektif membuat kedekatan kami sekeluarga. Anak-anak mana sih yang nggak suka main kuda-kudaan? Malah kadang seorang ayah yang nggak mau karena takut encok, hehe..
Kreasi Kertas Origami
Awal membeli kertas origami, saya juga bingung mau dibuat apa. Tapi saya yakin dengan gunting, lem dan pensil warna, anak-anak pasti akan berkreasi sesuai kreativitasnya masing-masing. Origami jaman sekarang pun ada beberapa macam, nggak seperti jaman saya kecil dulu yang hanya berwarna polos saja. Dan taraaa….. nggak cuma anak-anak aja ternyata yang bisa berkreasi. Ayah dan mamaknya juga lho. Jangan tanyakan kondisi dinding di rumah kami, karena tambah semarak ama tempelan kreasi origami yang dibuat anak-anak, ayah dan mamaknya, hehe..

Kreasi Gambar Printable
Ide ini saya dapat saat saya mengunjungi blog nya Mbak Grace Melia. Saya cetak gambar printable nya, lalu saya beli bahan-bahan kreasi yang ada di toko dekat rumah saya. Mbak Grace Melia di blognya menggunakan playdoh, tapi karena nggak ada dan saya lagi maleso so so untuk buat dough sendiri, jadilah saya membeli manik-manik tiga rupa untuk penggantinya. Yang mau ikutan print, bisa didownload dari Printable Playdoh. Hasilnya keren juga lho. Anak-anak antusias berkreasi, si ayah antusias menggunting kertas, dan mamak antusias cari angle yang pas untuk cekrek-cekrek, wkwk.. Semuanya bahagiaaaaaa, haha…



Silmi yang masih 3,5 tahun juga bisa bereksplorasi dengan mewarnai salah satu gambar yang kami print dan she made it by her own creation. Dia ternyata sudah mengenal konsep garis saat mewarnai.





Yuk sobat mamak, bisa dicobain juga bermain dan berkreasi di rumah bersama anak di rumah seperti kami. Semoga bisa bikin anak-anak betah di masa home learning dan mengatasi kegabutan orangtua selama di rumah, hehe..
Selamat bermain!!!!

You Might Also Like

61 comments

  1. Cocok sekali untuk diterapkan dirumah nih mbak, terkadang anak-anak merasa bosan dalam hal belajar dirumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya diakali dengan learning by doing ya mas. Anak-anak lebih suka praktik.

      Delete
    2. Banyak yang bisa dieksplorasi sebenernya mas, kadang saya orangtua agak malas aja, wkwk

      Delete
  2. Wah kreatif banget ya, kalo begini mah bakalan seru ya meski stay at home

    ReplyDelete
  3. Wahhh kerrreen banget si mamak, masih ngantor tetap bisa kontrol bocah plus di malam hari ngajak berkreativitas,
    Semoga berkah ya mak,
    Btw kita udah lama gak bersua ka devvv

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi dek Una.... Iya nih, kapan kita ketemuan lagi. Di basnul aja nanti sambil makan nasi bukhori, hehe..

      Delete
  4. Diajarin misahin sampah, urban farming dan sejenis itu say
    Agar lebih mencintai alam

    ReplyDelete
  5. Emak kreatifffffffff. Hehehe. Kalo gak pandai-pandai kita, anak pengennya main ke luar rumah melulu. Pengen ketemu teman-temannya melulu.

    ReplyDelete
  6. Mumpung stay at home ya, jd maksimalkan bersama keluarga hehe

    ReplyDelete
  7. Kereeen, bagus-bagus.... Saya suka ngiri sama yg punya daya seninya tinggi, apalagi kreatif... Mantap, Mbak :)

    ReplyDelete
  8. Patut banget dicobain nih idenya mba, hasilnya juga bagus banget lucu-lucu pasti anak-anak seneng banget buat cobain yaa hihi makasih idenya mb

    ReplyDelete
  9. Beneran deh mesti putar otak mamak tiap hari saat home learning ini. Dan ini kreatif sekali.Bagus sekali hasilnya ..makin pinter ya, Nak

    ReplyDelete
  10. mainannya terkesan sederhana tapi ternyata seru sekali ya, bisa mengasah kreatifitas anak juga..

    ReplyDelete
  11. Di minggu pertama anak-anak belajar di sekolah, saya juga sempat jumpalitan mbaaa. Lebih ke adaptasi ya, kita menemukan pola baru. Alhamdulillah sekarang jauh lebih tenang dan mudah ngejalaninnya

    ReplyDelete
  12. Ide mainnya menariiiikk banget
    Butuh gagasan brilian untuk ajak anak main selama #DiRumahAja yak

    ReplyDelete
  13. Memang di rumah aja membuat kita harus penuh dengan kreativitas nih kalau engga akan sangat membosankan ya...hehe..Idenya menarik mba :)

    ReplyDelete
  14. Anak saya mah laki-laki, maunya keluar terus. Untungnya ayahnya ada jadi ada yg menemani makan sepeda, main bola dan mancing di kolam ikan belakang rumah hehehe...

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah ya jadi ibu mah bisa jadi semua kadang jadi dokter, ustazah, GM keuangan, koki, guru DLL

    ReplyDelete
  16. Lucu ya, malah jadi momen quality time ya Mbak sama anak2. Suatu saat nanti masa2 ini akan dikenang oleh anak2 ☺

    ReplyDelete
  17. Seru banget, kalau gini anti mati gaya walaupun cuma di rumah aja ya kak.

    ReplyDelete
  18. Wah senangnyaaaaa..
    Yg pasti anak senang bgt quality time bersmaa keluarga. Have fun yaaa

    ReplyDelete
  19. kreatif sekali sih mbak anak-anaknya, eh mamaknya dulu yang kreatif ya, paling suka decorated cups cakenya..

    ReplyDelete
  20. Wah ide yang menarik nih buat diterapin ke anak-anak. Soalnya pada bosen di rumah terus.

    ReplyDelete
  21. Bermain kreatif meski hanya di rumah, justru jadi salah satu kesempatan untuk membentuk bonding ibu dan anak untuk semakin dekat

    ReplyDelete
  22. Memang kalau bersama anak harus bermain dengan kreatif agar anak tidak cepet bosan dan ibu juga lebih mengasah otak juga dan terjadi kedekatan terhadap anak yang biasa ditinggal misalnya sekarang Kadi quality timemya nambah.

    ReplyDelete
  23. Kreatif sekali permainannya jadi bikin anak tidak cepat bosan .SEhat selalu ya kak buat si kecil

    ReplyDelete
  24. wah masyaallah, semoga semakin kreatif ya nak. keren banget aktivitas di rumah, bikin anak-anak gak bosan ini mah. semoga semakin pintar ya nak. Aamiin.

    ReplyDelete
  25. Seru ya, mainnya. Kakak Dika juga suka bereksprimen dengan playdogh. Bikin macam-macam karakter yang ia lihat di youtube. Nah, kalo yang mewarnai kayaknya saya yang suka hihihi.. Sun sayang buat si adek, yaa

    ReplyDelete
  26. Ketika nanti sudah benar-benar bosan berkegiatan di dalam rumah mbak, bisa mempraktekkan berkebun mini seadanya halaman. Kalaupun tidak ada halaman yang memadai, bisa menanam di pot-pot kecil. Sembari menanam sekaligus dibuat vlog juga nyus banget.

    ReplyDelete
  27. waahh ini di masa masa dirumahaja bisa banget semua cara diatas dimaksimalkan biar si kecil gak bosen di dalam rumah terus ya kak

    ReplyDelete
  28. It's very nice so creative. Kalo anak saya paling main lego dan belajar di ruangguru. Sesekali juga baca buku dan main internet dan YouTube. Untuk mengurangi kebosanan selama karantina di rumah. Salam kenal dari Blogmashendra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas. Saya memang mengurangi pegang hp untuk anak2 saya :)

      Delete
  29. Lagi butuh banyak banget permainan buaat anak nih...tapi secara yang paling disukai tetep kegiatan lompat2 di kasur sambil lempar2 bantal, mamak yang kudu sabar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampe kasur di rumah hampir jebol gara-gara ini mbak,, hehe..

      Delete
  30. Waah bener nih, mumpung banyak waktu untuk bersama keluarga. Dengan bermain dan sekaligus berkreasi di rumah menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kebosanan.

    Selain itu dapat melatih anak untuk terampil memanfaatkan barang yg tak terpakai dijadikan produk yang bermanfaat misalnya

    ReplyDelete
  31. Seruuu..


    Kalo kami di rumah, anak-anak jadi belajar masak .

    Kupas ubi, potong-potong..

    Rebus..

    Goreng...

    Tabur bumbu...

    Makannnnnn hehehe..
    Asik makan terus di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aseeeekkk,,, makin gembul anak dan emak nya ya mak, wkwk

      Delete
  32. Wahh para orang tua mendadak jd guru nih selama anaknya karantina di rumah. Bagus sih, bisa jd bonding antara anak dan orang tua kan kak hehehe
    Yg penting harus kreatif dan anak ttp mendapat asupan pendidikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus bang. Kalo nggak bisa nonton aja kerja mereka, hehe..

      Delete
  33. Kalau kami aktivitas yang sering dilakukan membaca, main petak umpet, kejar-kejaran. Yang agak besar sudah dapat tugas cuci piring, cuci baju, beres-beres rumah dan menjemur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian mendidik anak agar bisa beresin rumah ya mbak. Ide bagus ini.

      Delete
  34. Hampir semua sudah dipraktikkan kk, tinggal membuat manik2 itu ke kertas sepertinya menarik bakalan dibuat besok biar anak2 enggak bosen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini manik-manik bisa diganti ama kancing-kancing gitu juga kak.

      Delete
  35. Aku sontek bikin kaki dan mata laba laba ya kak 😁 seringnya kami free play lah huhu

    ReplyDelete
  36. Di waktu-waktu seperti ini orang tua memang harus aktif berinteraksi dengan anak ya Mbak. Mulai dari jadi guru hingga kawan bermain. Sebab jangankan anak-anak, saya yang sudah dewasa aja bosan berkurung di rumah, hehe

    ReplyDelete
  37. Hwaaa... itu menghias cupcake nya kl ditunjukkan ke Ririn pasti auto-mupeng Mak Dev... soalnya kami punya masih diprint aja blm dikasih hiasan apa2, mantul kegiatannya yaa Mak Devsay hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya, laba-labanya juga cakeppppp, Ocean syukaa asik liatin aja... kami bikin juga ahh

      Delete
    2. Yuk kak Mia, print trus silakan anak-anak berkreasi, hehe..

      Delete
  38. swlama social distancing kayak gini banyak banget permainan yang bisa di mainkan bareng anak ya kak, jadi makin mempererat bonding kita ke anak

    ReplyDelete
  39. wah..corona kali ini benar2 membuat ikatan antara anggota kluarga makin erat ya.. seru kali lihatnya kak.. jd ingin punya kluarga juga hahaha

    ReplyDelete
  40. Senangnya bisa lihat anak bermain dengan ortunya saat ini karena #workfromhome ya kk, jadi terjalin bonding yang kuat antara ibu dan anak juga anggota keluarga yg lain

    ReplyDelete
  41. Banyak hikmahnya social distancing and wfh ini ya nov. Walaupun awalnya riweh tapi lama-lama aman terkendali. Seneng deh liat aktivitas dan kreativitas devi and anak-anak. Insya Allah anak-anak kadi ttap ceria walaupun di rumah aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesti puter otak mamak ni kak biar anak-anaknya nggak bosen di rumah tanpa pegang hp juga.

      Delete
  42. Iya sih biasanya kalo udah kehabisan ide main dengan anak-anak kami biasanya berkreasi dengan kertas origami atau sekedar mewarnai gambar printable. Ini paling simpel sih ya mba.

    Bisa juga cooking class. Kita masak anak-anak ikut bantuin hihihi

    ReplyDelete
  43. Ide-ide kreatif untuk anaknya oke banget nih. Bisa ditiru. Memang ya, kalau anak-anak pada libur, mamanya mesti ekstra ide buat bikin anak jadi sibuk juga. Kalo aku sih udah nggak ada anak kecil, tapi sering ngikutin di grup keluarga, adik-adik perempuanku, juga ipar-iparku pada diskusi saling tuker ide buat anak-anak mereka

    ReplyDelete
  44. Cakep banget nih, mengajarkan kreatifitas anak sejak dini. Biasanya setelah beranjak dewasa akan terus mengembangkan kreatifitasnya.

    ReplyDelete
  45. ternyata banyak sekali permainan yang bisa kita lakukan bersama anak-anak. dengan begini maka akan bisa menghilangkan ketergantungan mereka terhadap gadget. nice article

    ReplyDelete

Instagram