Dalgona Coffee : Solusi Minuman ala Café untuk #DiRumahAja

April 07, 2020

Sudah hampir sebulan aturan social physical distancing diberlakukan oleh Pemerintah. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 di seluruh Indonesia. Aturan work from home yang juga mulai berlaku di kantor sejak minggu lalu membuat saya merasa harus mengeksplorasi kegiatan berfaedah yang bisa dilakukan bersama keluarga. Biar nggak bosen dan menjaga kewarasan mental dalam menghadapi situasi pandemi ini.
Selama #DiRumahAja permintaan anak-anak untuk makanan dan cemilan meningkat. Awalnya saya berpikir dengan tidak ke sekolah akan menghemat pengeluaran untuk anak. Kenyataannya cuma beralih dari jajan di sekolah menjadi rempong bikin makanan di rumah. Positifnya adalah kadar micin yang digunakan untuk makanan dari rumah bisa lebih jelas takarannya, haha..
Cari resep sekarang mah gampang. Tinggal ketik di kolom pencarian mbah gugel atau media sosial, langsung keluar hasilnya. Saya orangnya nggak mau ribet, cari yang bahan dan cara membuatnya gampang, cukup sehat dan anak serta suami suka.
Cemilan yang sudah saya buat selama hampir sebulan ini cukup beragam. Mulai dari donat kentang, kentang goreng, ayam popcorn, bolu pandan, bolu kukus, mie gomak, puding, sosis telur, bubur candil, hmm… pokoknya macam-macam deh.
Sejauh ini anak-anak sih senang karena mereka sering dilibatkan dalam proses pembuatannya. Walaupun tampilan sering nggak secantik gambar di internet, semua lelah atas kerempongan cukup terbayar dengan melihat anak-anak lahap memakan cemilan yang dibuat.
Suami saya penikmat kopi. Sebelum social physical distancing diberlakukan, kami selalu membuat jadwal nge-date di luar rumah dengan nongkrong dan ngobrol di warung kopi atau café.
Saat ini tempat ngopi banyak ditutup. Suami beberapa kali mencoba membuat kopi di rumah. Cukup segelas kopi hitam yang dapat melepaskan hasrat coffee addict nya selama ini. Pernah juga memesan kopi dari ojek online. Tapi kalau terlalu sering, bisa menyusut simpanan sebulan. Pernah juga janjian dengan sepupu yang punya alat khusus membuat kopi enak.
Saya kangen minum cappucino ala café yang rasanya mustahil untuk bisa saya buat sendiri. Hingga saya melihat postingan tentang Dalgona Coffee yang lagi hits di media sosial.


Apa itu Dalgona Coffee?
Dalgona coffee adalah gabungan kopi instan, gula dan air panas yang diaduk cepat  hingga kental (whipped) dan disajikan di atas krim susu.
Whipped coffee sebelumnya sudah menjadi trend di beberapa negara Asia seperti India, Pakistan dan Macau. Trend ini mulai menjalar ke negara lain termasuk Indonesia sejak minuman tersebut dipopulerkan oleh aktor Korea, Jung Il Woo yang mencicipi whipped coffee saat berkunjung ke Macau.
Nama Dalgona disebutkan sang aktor karena tekstur kopi tersebut mirip jajanan permen di Korea Selatan yang juga dikenal dengan ppopgi. Seperti layaknya permen, ppopgi memiliki rasa yang manis namun bertekstur lembut seperti spons. Whipped coffee yang juga bertekstur lembut seperti spons tebal membuat Jung Il Woo menamakannya Dalgona Coffee dan mencoba membuatnya sendiri.

Sumber : Youtube Jung Il Woo Delights
Memang ya, korean wave sampai merambah juga ke dunia minuman kekinian. Nggak cuma drakor atau skincare, wkwk. Apalagi cara membuat yang mudah dan bahannya gampang didapat membuat banyak orang semakin penasaran. Bisa jadi referensi minuman kekinian ala rumahan terutama di masa harus #DiRumahAja yang belum tau sampai kapan berakhirnya. Berikut resepnya yang saya buat tanpa menggunakan mixer.
Bahan :
  • Kopi instant 1 sachet / 2 sendok teh (saya pakai Nescafe 20gr)
  • Gula pasir 2 sendok teh
  • Air panas secukupnya
  • Susu UHT Full Cream secukupnya
  • Es batu
  • Topping sesuai selera (saya pakai bubuk kopi)

How To :
  • Campurkan bubuk kopi instan dan gula pasir ke dalam mangkok yang agak pipih tengahnya
  • Aduk sampai teksturnya menjadi kental dan berbusa (whipped). Bisa menggunakan garpu, whisker, saringan atau mixer. Kalau saya menggunakan saringan teh karena pengen tau pegelnya, hehe.. Pake mixer bisa lebih cepat dan nggak capek.
  • Siapkan gelas dan isi dengan susu UHT dan es batu.
  • Tuangkan adonan whipped coffee ke dalam gelas berisi susu. Dalgona coffee siap dinikmati dengan menambahkan topping sesuai selera.
Bagi yang tidak suka kopi, campuran bubuk kopi dapat diganti dengan bubuk susu, coklat/milo, matcha, dan lainnya. Jadi dalgano milk, dalgano choco milo, dalgano matcha, tergantung campurannya. Besok-besok bisa dicoba juga kreasinya.
Pertama kali mencicipi, saya langsung suka dengan rasa dan teksturnya. Manis dan pahit tetap terasa di lidah. Mirip dengan cappucino yang dibeli di café. Yuk cobain eksekusi si dalgona ini, menambah referensi untuk mengurangi rasa bosan saat #DiRumahAja.

You Might Also Like

14 comments

  1. Sukses nih buat Dalgona Coffeenya kk, btw aku senang banget minum Dalgona ini kalau saat begadang jadi teman yang baik hehe.

    ReplyDelete
  2. Ya ampun kok belepotan sih hahaha
    Kenapa di cafe mahal? Karena disajikan cantik hehe
    Tp ok lah, sukses n kekinian hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa belepotan? karena masih dinikmati di rumah sendiri, haha..

      Delete
  3. Asli ya, di timeline ku bertebar dalgona ini..
    Kepengen buat tapi kok ya nanti anak-anak ngikut aja apa yang emaknya minum.

    Yaaa, eksekusi ini kayaknya bakalan malam hari deh..

    ReplyDelete
  4. Gak jd manis kali tuh Dev,, kl kopi instan yg emang udah ada unsur gulanya dikasih 2 sendok teh plus susu UHT lagi hehe... tp kl minumnya dicampur es memang hrs manis patinya ya hehe... mantul ah Dalgona Coffe nihh bs buat list bukaan puasa nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena dicampur susu UHT dan es jadi nggak terlalu manis kak.

      Delete
  5. kok enggak kepengen buat ya wkwkwkwkwk :( dalgona coffee aja bisa social distancing, antara kopi dan air, apalagi manusia yaaa kak wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awak juga gak tertarik buat hihi.
      Suami penggemar kopi juga, alhamdulillah gak minta dibuatin, mamak malas kwkwkwkwk

      Delete
    2. Buat yang suka ngopi dan nggak bisa keluar ngopi, ini solusi terbaik dek, wkwk..

      Delete
  6. Kopi yang lagi hit, aku kepingin buat juga tapi belum jadi-jadi karena kopi Nescafe nya belum dibeli. Hahahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nescafe nya sekarang udah pada abis di indomaret atau alfamart kak, hehe..

      Delete
  7. Beberapa waktu lalu saya juga melakukan percobaan membuat mkjuman ini, sukses mengeksekusi resepbini setelah 2 kali peecobaan,.😁

    ReplyDelete

Instagram