Kopi Jujur, Lawan Corona dari Secangkir Kopi

April 30, 2020


Kalau mau bicara tentang kejujuran, kopi bisa jadi pelajaran. Seperti salah satu quote Dee Lestari dalam bukunya yang berjudul Filosofi Kopi.

Secangkir kopi lebih jujur darimu. Ia pahit tanpa menyembunyikan pahitnya. Ia hitam tanpa malu mengakui warnanya.”
Saya bukan termasuk penikmat kopi. Saya menyukai kopi apabila sudah dicampur dengan susu atau krim tambahan yang dapat mengurangi kejujuran kopi yang saya minum. Apakah saya juga kurang menikmati kejujuran? Hmm,, bisa jadi, hehe...
Berbeda dengan suami saya yang mulai menyukai kopi saat dia menjadi pegawai di salah satu wilayah yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Ia bisa berkilah untuk tidak merokok, tapi sangat enggan bila warga sudah menawarkan kopi saat berdiskusi tentang masalah yang sedang dihadapi. Banyak seniornya yang menyarankan, kalau mau dapat informasi, cari di kedai-kedai kopi. Dari sekedar perangkat basa-basi, dapat menjadi media inspirasi.
Walaupun dia sudah tidak langsung berhubungan dengan warga lagi, minum kopi menjadi aktivitas wajib setiap hari. Udah candu kopi dia mah. Baginya kopi dapat menjadi teman scrolling gadget atau berkumpul sambil menghilangkan penat.

Pengertian dan Sejarah Kopi

Selama ini saya sering menemani suami ngopi. Tapi kalau ditanya tentang sejarah kopi saya sendiri belum mengetahui sama sekali.

Menurut wikipedia, kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang disangrai dan dihaluskan. Serbuk kopi juga dapat dijadikan bahan campuran makanan atau minuman lain.

Kopi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Ethiopia sekitar 3.000 tahun yang lalu. Oleh para pedagang Arab, kopi tersebut dibawa ke negeri Arab untuk dibudidayakan dan disajikan dalam metode yang lebih maju.

Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu qahwah yang berarti kekuatan. Hal ini disebabkan karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan penambah energi  yang digunakan saat beribadah di malam hari. Seiring berkembangnya penyebaran agama Islam ke Eropa dan Asia, kopi semakin populer dan mulai dibudidayakan selain di daerah asalnya dikarenakan jumlah pasokan kopi yang ada yang tidak dapat memenuhi permintaan pasar.

Di Indonesia sendiri, kopi dikenal saat dibawa oleh penjajah Belanda dari Malabar (India) ke Pulau Jawa dan dibudidayakan dalam suatu perkebunan. Saat ini perkebunan kopi yang dulu dikelola oleh Pemerintah Belanda telah dikelola penuh oleh Pemerintah Indonesia. Kopi dari berbagai daerah di Indonesia pun cukup dikenal memiliki kualitas baik dan menjadi komoditi ekspor ke beberapa negara di dunia.

Manfaat Kopi

Kebiasaan minum kopi di berbagai kalangan ternyata tidak terlepas dari manfaat kopi. Namun perlu diingat manfaat tersebut tergantung cara dan jumlah minum kopi itu sendiri.

Kopi yang baik bagi tubuh adalah Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen. Essen atau biasa disebut perisa sering dicampur pada kopi karena tidak banyak membutuhkan biji kopi asli untuk menghasilkan kopi siap minum dalam jumlah banyak. Konsumsi kopi dengan essen dapat berbahaya bagi kesehatan karena kandungan zat lain di dalamnya walaupun harganya lebih murah dari biji kopi asli. Makanya saya yang lebih suka kopi sachet tidak boleh terlalu sering mengkonsumsinya.

Kopi hitam yang disajikan tanpa gula dan susu, kaya akan antioksidan dan beberapa nutrisi seperti riboflavin (vitamin B2), asam pantotenat (vitamin B5), mangan, kalium, natrium, magnesium, dan niacin (vitamin B3).

Banyak penelitian membuktikan bahwa orang yang rutin minum kopi dalam kadar yang ideal (2-3 cangkir kopi sehari) memiliki manfaat positif bagi tubuh.

1.        Mengurangi risiko beberapa jenis penyakit
Konsumsi kopi hitam terbukti mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2, penyakit saraf atau gangguan otak seperti parkinson, sirosis (kanker hati), dan menjaga kesehatan jantung.
2.        Mengurangi berat badan
Kalori yang terkandung pada kopi hitam tanpa gula cukup rendah. Kafein dalam kopi hitam juga dapat mempercepat metabolisme dan membantu membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat mengurangi berat badan. Bisa tetap langsing dong ya.
3.        Menjaga mood dan mengurangi risiko depresi
Kafein yang ada pada kopi dapat memicu hormon dopamin dalam tubuh yang dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Suasana hati yang baik akan mengurangi risiko depresi pada seseorang.

Survei membuktikan, Indonesia adalah negara pengonsumsi kopi terbesar kedua di dunia setelah Brazil. Jumlah konsumsi kopi di Indonesia yaitu sebesar 4,55 juta karung kopi berukuran 60 kg dan jumlah tersebut masih meningkat 1% setiap tahunnya.

Kopi saat ini sudah menjadi gaya hidup. Mulai dari generasi ayah ibu  kita yang disebut babyboomers, hingga generasi anak millenial. Usaha minuman dengan berbahan dasar kopi mulai menjamur. Mulai dari franchise kopi luar negeri maupun warung kopi sederhana namun nikmat di pinggir jalan.

Berbagai kegiatan dapat disandingkan dengan aktivitas minum kopi. Apalagi di warung kopi nya tersedia koneksi wifi yang membuat orang lebih betah dan bisa sambil mengerjakan sesuatu. Saya termasuk orang yang suka bekerja di warung kopi. Me Time dengan menulis juga lebih menyenangkan dan ide-ide konten bisa bermunculan.

Kopi Blockchain

Tingginya peminat kopi membuat permintaan bahan dasar biji kopi cukup tinggi dan potensial bagi para pedagang. Banyaknya produsen kopi dan kualitas kopi Indonesia yang dikenal baik, menjadikan kopi salah satu komoditas ekspor unggulan negara ini yang cukup laris di pasar dunia.

Kopi blockchain adalah suatu platform atau sistem digitalisasi komoditas kopi yang menghubungkan para petani kopi dengan pedagang. Sistem ini memfasilitasi transparansi antar kedua pihak untuk meningkatkan efisiensi produksi dan menjaga kualitas kopi yang diperjualbelikan. Digitalisasi ini membuat kopi diperdagangkan dalam bentuk aset BitCoin yang cukup dikenal dalam pasar komoditi dunia.


Bencoolen Coffee adalah merk yang dikembangkan dan dikelola Cyberindo Persada Nusantara (CPN) sebagai penugasan dari Komite Penyelarasan Teknologi Informasi dan Komunikasi (KP TIK). Pada tahun 2019, Bengkulu memperoleh berbagai penghargaan dari AVPA Perancis karena keunggulan kopinya untuk daerah Rejanglebong  dan Kepahiang.

Apa sih keunggulan digitalisasi kopi menggunakan Blockchain Technology ?
1. Membantu, mengembangkan dan mengelola kopi dari hulu ke hilir.
2. Mempermudah dalam mengontrol dan mengelola hasil perkebunan kopi.
3. Membuat transparansi dari produksi kopi sehingga bisa kita sebut sebagai “kopi jujur”.
4. Memfasilitasi proses pembelian kopi dari pembeli kepada petani.
5. Memproses kopi menggunakan standar internasional.
6. Meningkatkan permintaan dari ekspor kopi jujur.
7. Menyediakan kopi yang terpercaya dari pembeli karena lebih transparan dan bisa ditelusuri.
8. Lebih baik dalam mengelola penyimpanan dan pergudangan.

Secangkir Kopi Jujur, Bantu Lawan Corona
Sudah dua bulan ini wabah corona meresahkan warga, tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Kopi Jujur pun tidak bisa tinggal diam dan ikut berpartisipasi dalam melawan virus berbahaya ini.
Kopi jujur mengajak seluruh komunitas kopi, para barista indonesia, pengusaha, para-millenial influencer, selebgram, youtuber, blogger, tiktokers, Public Figure dan seluruh masyarakat luas untuk mendukung aksi satu juta kopi gratis sebagai bentuk solidaritas dalam melawan wabah virus corona di Jakarta.
Aksi #KopijujurLawanCorona akan dilakukan selama 2 bulan terhitung tanggal 30 Maret 2020 sampai dengan 30 Mei 2020 dan dapat diperpanjang sesuai dengan dukungan semua pihak dalam pelaksanaan aksi ini.
Sebagai langkah awal aksi baik ini, Bencoolen Coffee sebagai merk yang menggadang kopi jujur membagikan 10 ribu cup kopi jujur gratis berupa kopi tubruk 100%  Robusta murni, Kopi Filter, Kopi Jahe, Tenaga Barista dan Peralatan kopi lengkap bagi 8 RS Rujukan di Jakarta.
Tidak hanya rumah sakit, kini Kopi Jujur memperluas aksinya dengan memberikan Kopi, roti serta masker kepada pengemudi ojek online, supir taksi serta buruh lepas di beberapa titik kawasan Jakarta
Masih ada tambahan support lain yang dibutuhkan oleh tim Kopi Jujur, yaitu Tenaga Barista Pejuang, peralatan kopi & pendukung lainnya seperti kopi, gula sachet , hot paper cup , stirer , tenaga, roti, masker dan kendaraan untuk logistik, serta sembako.
Yuk kita dukung para tenaga medis sebagai garda terakhir yang siap 24  jam melayani pasien corona. Semoga dengan secangkir kopi jujur yang diberikan dapat memberikan motivasi para tenaga medis dan seluruh pihak rumah sakit yang bertugas. Dari Kopi Jujur, bisaLawan Corona Dari Secangkir Kopi.



Kita bisa juga lho ikut berdonasi mendukung Aksi Kopi Jujur Lawan Corona melalui benihbaik.com dan kitabisa.com . Mari kita bangkit bersama #KopiJujurLawanCorona.

Sumber bacaan :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kopi
http://kopiblockchain.io/
http://www.kopijujur.id/

You Might Also Like

0 comments

Instagram