Kreasi Menu Buka Puasa dari Hijaunya Pandan

May 11, 2020

Momen bulan puasa terbukti meningkatkan motivasi memasak hidangan sebagai suguhan makanan saat berbuka. Terutama emak-emak. Coba deh cek IG, whatsapp atau media sosial lainnya. Pasti banyak postingan makanan berbagai rupa. Ada yang sejak pagi sudah berencana menu yang akan dimasak. Ada juga yang menjelang berbuka baru kepikiran pengen sesuatu atau bertanya anak atau suaminya pengen apa.


Kalau saya sih nggak tentu. Kadang sehari sebelumnya udah mikir pengen masak apa untuk buka puasa besok. Ini mah kemarok kata orang Medan. Atau mungkin otak saya ngikutin pola food preparation selama seminggu ke depan. Hmm,, bisa jadi.


Beberapa hari yang lalu misalnya. Saya kok tiba-tiba pengen buka puasa dengan segelas cendol panas buatan sendiri. Dan saat saya meminta daun pandan di rumah mertua, cukup banyak daun pandan yang saya dapat. Sayang sekali rasanya kalau tidak dimanfaatkan untuk membuat varian makanan lainnya.


Jadilah saya kepikiran untuk mencari resep yang salah satu bahan dasarnya adalah pasta pandan alami yang saya buat sendiri. Lumayan lah untuk stok ide selama lima hari ke depan. Pasta pandan banyak dijual dalam bentuk kemasan botol. Namun aroma pandan asli biasanya  kurang terasa. Jadi tetap membuat pasta sendiri menurut saya lebih baik. Caranya cukup blender daun pandan dengan sedikit air dan endapkan beberapa lama hingga air dan sari pandan asli terpisah.

Pandan

Berikut 5 kreasi menu buka puasa dari hijaunya pandan.

1.    Cendol Panas

Cendol panas adalah salah satu minuman “wajib” yang saya beli jika saya melewati kota Siantar. Pertama kali saya meminum cendol ini sekitar tahun 2010, saat saya ditugaskan sekitar daerah itu. Saya awalnya kurang suka minuman satu ini karena biasanya disuguhkan dingin karena ada es di dalamnya. Saya yang notabene alergi terhadap minuman/makanan dingin juga memang harus menghindari segala bentuk es-es an agar tenggorokan saya tidak meradang.

Karena judulnya cendol panas, minuman ini memang disajikan agak berbeda dari cendol biasanya. Santan yang digunakan memang cukup panas/hangat dan tidak diberi es ke dalam minumannya. Paduan cendol buatan sendiri yang kenyal, santan hangat dan gula merah membuat cendol panas menjadi menu buka puasa yang manis menyegarkan dengan warna dan aroma pandan di dalamnya.

 


2.    Bolu Pandan

Bolu pandan adalah cemilan yang cukup mudah dibuat. Namun perlu teknik khusus agar tampilan akhir tetap cantik, tidak bantet dan menggugah selera. Bolu pandan yang rasanya manis, bertekstur lembut dan beraroma pandan banyak disukai anak-anak sebagai cemilan. Tinggal berkreasi topping nya saja sesuai selera keluarga.

 

Sumber : tokopedia


3.    Bubur Sumsum Pandan

Bubur sumsum pandan hijau pada dasarnya hampir sama dengan bubur sumsum biasa yang berwarna putih. Namun dengan tambahan pasta pandan alami, warna hijau dan aroma wangi khas pandan membuat bubur ini semakin enak untuk dikonsumsi sebagai menu buka puasa. Campuran gula merah yang manis dan kuah santan kental juga akan mempercantik tampilan bubur sumsum pandan ini.

 

Sumber : cookpad

4.    Ketan srikaya

Kue jajanan pasar ini cukup legendaris dan cukup banyak ditemukan. Rasa manis srikaya dari campuran telur, daun pandan, gula, santan dan tepung dipadukan dengan ketan yang dapat meminimalisir manisnya. Membuatnya pun tidak terlalu sulit. Sehingga dapat menjadi alternatif menu buka puasa.

Sumber : blanja.com


5.    Puding lumut pandan

Menu ini pernah booming beberapa tahun lalu karena tampilannya yang cukup menarik. Tampilan seperti lumut yang berasal dari santan yang pecah saat dimasak dan mengapung di bagian atas puding membuat banyak orang penasaran ingin membuatnya. Rasa manis dan aroma pandan menjadikan hidangan ini cukup menarik disajikan selagi dingin sebagai menu berbuka puasa.

Sumber : cookpad

Dari tadi udah ngomongin tentang daun pandan yang biasanya diblender untuk dibuat pasta hijaunya atau dimasukkan ke masakan untuk mendapat aroma pandan yang khas. Tapi udah pada tau belum tentang manfaat pandan untuk kesehatan?


Manfaat Pandan untuk Kesehatan

Daun pandan memiliki kandungan alkaloida, polifenol, flavonoida, tannin, saponin, dan zat warna alami. Banyaknya kandungan tersebut dimanfaatkan masyarakat untuk kesehatan. Baik dengan dicampur ke masakan atau direbus untuk diminum airnya.

-       Mencegah kanker

Dari suatu penelitian ditemukan bahwa daun pandan wangi yang diekstrak mempunyai efek antimiotik, sitotoksik, apoptosis, dan antiproliferatif yang efektif dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

-       Menurunkan stres dan tekanan darah

Meminum ramuan daun pandan dapat membantu menurunkan stres dan naiknya tekanan darah karena kandungan tannin sebagai zat penenang alami yang terkandung di dalamnya.

-       Meningkatkan nafsu makan

Aroma wangi daun pandan yang dapat menggugah selera makan juga dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan.

-       Mengatasi rasa nyeri

Zat yang terkandung dalam daun pandan juga bersifat analgetik yang dapat meredakan rasa nyeri dan peradangan.

-       Membantu detoksifikasi

Hampir sama dengan air kelapa hijau yang dikenal mampu menghilangkan racun dalam tubuh, teh daun pandan juga sangat efektif untuk detoksifikasi terutama organ hati. Daun pandan juga bermanfaat sebagai pencahar ringan yang aman dan dianjurkan untuk anak-anak.


Nah,, bisa tambah ide kan untuk menu buka puasa yang simple dan juga menyehatkan tubuh. Sekian kreasi menu buka puasa dari hijaunya pandan. Semoga kita semua dilancarkan puasanya ya.

You Might Also Like

53 comments

  1. Saya suka dengan segala sesuatu yang berbau hijau termasuk makanan. Jadi, pengen nyobain semua makanan yang terbuat dari pandan ini 😆

    ReplyDelete
  2. Wah ada banyak kreasi makanan dari pandan ini ya mba. Beberapa hari yang lalu suami aku juga biki cendol buat menu berbuka kami. Rasanya enak pakai es terus diatasnya dia kasih es cream buatannya sendiri. Rasanya makin enak karena dibikinnya pakai cinta ama dia hihihi *jadi curcol aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ide bagus nih. cendol pake es krim ya kak. Jadi kayak cendol float. Hihihi

      Delete
    2. Wah, lebih kreatif di atasnya dikasi es krim. Memang kalo buatnya pake cinta rasanya beda sih mbak, hehe..

      Delete
  3. Duh, baca beginian waktu habis Subuh bikin laper. Masih lamaaa buat berbuka haha. Kalau saya lebih suka makannya aja, nggak bakat masak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp mbak, bisa dibuatkan orang lain kok. Kita tinggal menunggu atau membeli, hehe..

      Delete
  4. Menggiurkan.. Aku suka wangi pandan. Diantara kelima makanan berbahan pandan itu aku palling kangen ma srikaya. Mau bikin sendiri males. padahal mudah. Kalau dipalembang srikaya ma ketannya dipisah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg dipisah ada yg jadi satu memang mbak. Tergantung selera.

      Delete
  5. Aku kalo bikin bolu pandan cuma pake essens aja Mak.. belum pernah nyoba pake pandan asli. Yang bikin ngiler bubur sumsum pandan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih wangi pandan asli mak.. Trust me, hehe..

      Delete
  6. Saya paling suka bolu pandan, dan saya jga baru tau ternyata pandan bisa diolah jadi berbagai kreasi makanan. Wah menarik sekali

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata selain sebagai pewarna alami makanan. Rupanya daun pandan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ya. Saya paling tertarik dengan bolu pandan dan puding lumut pandan. ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tau sehatnya, jadi pengen buat makanan dari pandan ya mbak.

      Delete
  8. Kalau saya selama buka puasa, wajib banget harus ada es cendol. tulisan tentang cendol panas di artikel ini sukses bikin saya penasaran.

    ReplyDelete
  9. Ternyata pandan bisa dikreasikan buat macam-macam resep ya. Saya cuma kasi pandan buat bikin kacang ijo. Hehe. Eh manfaat pandan juga banyak banget ternyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manfaat untuk masak dan kesehatan tubuh ya mbak.

      Delete
    2. Haha, samaan Mba. Saya pun butuh pandan cuma pas buat bubur. Yang lainnya lebih banyak essens. Hiksss

      Delete
  10. Kalau kebanyakan cendol itu disajikan dingin , ini kebalikannya ya mba. Jadi penasaran ingin coba cendol panas. Sebab saya kalau makan cendol/dawet biasanya pakai es batu utk menetralisi santannya agar tidak terlalu eneg. Btw, tulisannya memberi referensi menu nih buat sya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat yang alergi dingin, cendol panas cukup mengobati kerinduan makan cendol, hehe..

      Delete
  11. Favorit aku semua tuh, semua yang ada kandungan pandannya suka banget, selain dari segi warnanya yang bikin telrihat segar, juga karna wanginya yang menggoda banget.

    ReplyDelete
  12. Duh saya baca tulisanmu ini di bulan Ramadhan jam 7 pagi lho mba Devi.
    Otomatis ngeliat jam haha.
    Masih lama berbukanya.
    Jadi pengen cendol saya sama ketan pandan. . 🥰🥰🥰

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah di rumah saya tanam pandan suji, Mbak Devi. Jadi kalau mau buat makanan dengan pewarna hijau tinggal ambil. Dan semua kue di atas saya suka hahaha. Lainnya klepon dan dadar gulung juga pakai pandan. Buat bubur kacang ijo juga pakai pandan.
    Saya penin tanam pandan besar. Karena itu enak kalau selongsongan ketupat pakai daun pandan. lebih harum ketupatnya hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih,, enaknya. Kalo saya minta daun pandannya ama mertua mas, hehe..

      Delete
  14. Waaahhh baru tau kalo pandan bisa jadi banyak jenis makanan kak. Aku lebih tertarik ke yang cendol panas itu. Aku mau bikin juga ah

    ReplyDelete
  15. Duh baca ini siang2 bikin ngiler hihi. Kayaknya enak semuaaa ya kak. Tapi paling favorit yg srikaya. Puding lumut jg enaaak udah pernah nyoba. Hihi

    ReplyDelete
  16. Aku suka semuaaaanya...tapi blm coba ketan pandan tuh sama cendol panas. Palinh asik sih es cendol eh, wkwk.

    ReplyDelete
  17. Ini mah favoritku mbaaa semuaaa. Hahaha. Aku lumayan sering bikin bubur sumsum pandan dan beli bolu pandan. Puding lumut pandan itu masya Allah, kalo ibuku bikin, aku bisa ngabisin seperempatnya sendirian sekali makan. Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah,,, segitu enaknya puding lumut ya mbak..

      Delete
  18. woowww.. serba ijo.. warna favoritku ini.
    yang belum pernah nyoba yang puding lumut pandan..
    enak nih.. jadi pingin nyoba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oranye dan hijau katanya dua warna yang mudah membangkitkan selera makan. Wajar jika waktu melihat makanan yang hijau-hijau begini, apalagi tahu bahannya adalah pandan, perut jadi autolapar dan mulut jadi autongiler ya mba. Hehehe

      Delete
  19. Aduh, ijo nyo bikin ngiler....


    Puding lumut paling enak nih..

    ReplyDelete
  20. Ngiler liat fotonya Kak, ahhaha. Ternyata banyak manfaat pandan ya. Pengen banget bisa bikin ketan srikaya ini kayaknya enak banget

    ReplyDelete
  21. pengen ketan srikayanya, duuh warnanya cantik bnaget, pengen comot semua nya. kebayang aroma pandannya ihh sampe sini

    ReplyDelete
  22. Segernya hijaunyaa... Bikin sejuk pandangan mata dan penghilang dahaga setelah berbuka yaa Devi. Nice share, love love deh

    ReplyDelete
  23. cendol panas hmm baru denger sy..mungkin rasanya jd kyk mkn kolak hangat ya hehe
    .btw daun pandan dirumah sy tumbuh dngan rimbun dan lebat..kyknya sy jg mau bikin puding lumut deh..pernah mkn tp blm pernah bikin hihi

    ReplyDelete
  24. Bubur sum sum pandan kelihatanya enak banget tuh. Jadi pengen bikinin suami. BTW boleh dong kak bikinin resepnya sekalian, biar gk googling-googling lagi saya.

    ReplyDelete
  25. Pandan memang banyak manfaatnya ya mbak. Lihat gambar ketan srikaya, jadi pengen nyobain buat mbak. Dan ternyata srikaya itu bukan dari buah ya mbak melainkan dari adonan giti he..he...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buah srikaya juga ada mas. Tapi untuk masakan nggak dari buah itu, hehe..

      Delete
  26. Pandan wah enak nie ya bahannya ada di rumah tinggal petik, jadi auto mau buat nie menu buka puadsa hari ini enak ya , saying kk ga ada reser dan cara buat euyy.

    ReplyDelete
  27. Yw ampun doyan semua aku.terutama ketan srikaya. Itu enak banget. Dan baru sadar belum kecicip selama buka tahun ini. Puding lumut juga mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada doyan ketan srikaya euy. Mantap memang.

      Delete
  28. Kreatif ini ide nulisnya Devi... serbahijau-hijau ya.. jadinya kereen... dari semuanya br nyoba yg bolu pandan sama anak kk belajar bikin puding pandan gradasi, belajar dari YT Channel, hehe

    ReplyDelete
  29. Saya suka sekali warna hijau.jd kl da makanan warna hijau jd mupeng.
    Semuanya enak n sukak hehe

    ReplyDelete
  30. Daun pandan emang enak dibuat kudapan lezat aromanya pun harum, suka banget pake ini kalau buat bolu minyak :)

    ReplyDelete
  31. Daun dengan berbagai manfaat ya. Saya juga sering menggunakan daun pandan untuk berbagai masakan.

    ReplyDelete
  32. Baru saja kemarin kami di rumah masak srikaya, tapi nggak pakai ketan. Enak banget emang segala olahan dari daun pandan.

    ReplyDelete

Instagram