Sumatera Roastery : Pusat Bubuk Kopi Enak di Medan

August 28, 2020

Menemani suami ngopi adalah suatu agenda rutin bagi saya. Baik itu ngopi di rumah maupun ngopi di warung kopi sekitaran tempat tinggal kami di Medan. Sejak pandemi otomatis agenda ngopi di luar berpindah ke rumah selama beberapa bulan belakangan. Padahal kami ingin sekali mencicipi tempat ngopi yang sudah lama menarik perhatian kami setiap melewati jalan di sekitar Ring Road Medan, tepatnya dekat dengan Hotel Syariah Grand Jamee'.

Warung kopi itu bernama Sumatera Roastery. Dari bacaan di pamflet depan, sekilas orang yang melewati warung ini akan berpikir tempat ini hanya untuk membeli bubuk kopi. Ternyata tidak.  Warung ini menjual biji kopi, bubuk kopi sekaligus cafe bagi para penikmat kopi enak. Pengunjung dapat memesan kopi dan menghabiskan waktu bersantai disini. Atau sekedar menunggu kopi digiling dan dikemas untuk dibawa pulang.


Awalnya warung ini bernama Gerobak Kopi atau Bewe Coffee Roasting yang didirikan oleh Pak Ridwan Yusuf pada tahun 2013 tepat di samping Hotel Syari'ah Grand Jamee' yang juga dikelola oleh beliau. Bewe coffee roasting hanya menjual biji dan bubuk kopi. Sedangkan cafe milik Pak Ridwan yang awalnya tidak menjual bubuk kopi bernama Souvenir Coffee. Namun karena banyaknya pengunjung yang ingin memesan dan membeli bubuk kopi akhirnya dibuatlah toko baru pada Februari 2019 dengan nama Sumatera Roastery.

Kopi yang tersedia di tempat ini adalah jenis robusta dan arabika. Bubuk kopi kemasan bermerk Sumatera Roastery yang diolah disini telah didistribusikan tidak hanya di Pulau Sumatera, namun juga ke pulau lain di Indonesia seperti Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Biji kopi untuk diolah kebanyakan adalah kopi Gayo yang berasal dari Takengon, Aceh. Terdapat empat buah mesin roasting untuk mengolah kopi menjadi bubuk kopi yang berkualitas. Roasting coffee sendiri pada dasarnya adalah proses mengeluarkan air dari dalam kopi, mengeringkan dan mengembangkan bijinya, mengurangi beratnya dan memberikan aroma pada kopi tersebut. Sumatera Roastery berhasil memproduksi bubuk kopi yang enak dengan empat alat roasting yang saat ini dimiliki. Dalam sehari dapat dihasilkan 50 kg bubuk kopi yang siap dijual ke konsumen.




Bubuk kopi yag dijual dengan merk Sumatera Roastery pada dasarnya adalah jenis robusta dan arabica. Pengembangan dari keduanya antara lain kopi wine, arabica longberry, arabica red cherry, arabica king gayo, pea berry, kopi luwak, arabica lintong, dan lainnya. Masing-masing bubuk kopi dikemas paling kecil berukuran 250 gram dan paling besar berukuran 1 kg dengan harga yang berbeda-beda. Bagi yang ingin membeli, berikut daftar harga per Agustus 2020.



Di awal agustus ini, saya dan suami akhirnya memutuskan untuk berkunjung ke tempat ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan tentunya. Celingak celinguk dulu memantau keadaan, memastikan pengunjung tidak terlalu ramai. Karena kami hanya berniat untuk mencicipi kopi dan bersantai berdua sejenak disana, kami hanya memesan minuman dan sedikit cemilan. Seperti biasa, suami memesan kopi sanger arabica. Saya yang tak terlalu suka kopi melihat ada menu coklat panas kesukaan saya. Seakan tak mau ketinggalan kualitas dengan kopi, coklat yang ditawarkan adalah bubuk coklat asli yang masih terasa pahit jika tidak dicampur gula atau kental manis. Tentu saja saya memilih kental manis sebagai campuran coklat pesanan saya ditambah sepiring ubi jalar goreng.

Tak lama pesanan kami datang, dan kami sangat menikmati rasa masing-masing pesanan kami. Enakkkkkkkk!! Mantap coklatnya. Begitu juga sangernya. Rasa pahit kopi tetap terasa walaupun ada campuran kental manis sebagai tambahan.



Tak berlebihan rasanya jika Sumatera Roastery disebut salah satu pusat bubuk kopi terenak di Kota Medan. Untuk pelancong dapat menjadikan bubuk kopi dari tempat ini sebagai buah tangan untuk kembali ke kota asal. Harga dan ukuran kemasan yang beragam menjadi salah satu pertimbangan selain rasanya yang mantap. Untuk penikmat kopi di Medan, tak salah jika menjadikan tempat ini menjadi salah satu tempat ngopi favorit yang wajib untuk dikunjungi.

Masih ragu keluar karena pandemi? Tenang,,, kita bisa pesan online dan rasanya masih tetap mantap untuk dinikmati di rumah. 

Sumatera Roastery

Alamat : Jalan Gagak Hitam - Ring Road nomor 111F - Sunggal, Medan.

(samping Hotel Syari'ah Grand Jamee')

    

You Might Also Like

36 comments

  1. Gak jauh ni dari rumah saya sebenernya.
    nanti saya info paksu yang penikmat kopi, kalo saya sih penikmat jus hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga bukan penikmat kopi, tapi coklat panas, hehe..

      Delete
  2. Kalau ada kesempatan ke Medan .. aamiin ya Allah, perlu main ke Sumatera Roastery nih.

    BTW Bubuk kopi yag dijual dengan merk Sumatera Roastery pada dasarnya adalah jenis robusta dan arabica. Pengembangan dari keduanya antara lain kopi wine, arabica longberry, arabica red cherry, arabica king gayo, pea berry, kopi luwak, arabica lintong, dan lainnya.

    Banyak banget yak. Dan apa pula itu kopi wine ya? Penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu pengembangan jenis kopi mbak. Kopi wine ini kayak kopi yang diproses kayak wine gitu kali ya. Saya juga kurang paham. Nanti saya caritau lagi.

      Delete
  3. Lihat gambar minuman kopi dan coklatnya jadi ngiler pengin cobain mbaa haha.. terima kasih sharingnya ya..

    ReplyDelete
  4. aaku penasaran banget dengan bubuk kopi di sumatera kata orang rasanya lumayan pahit dan enakk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata penikmat kopi lebih suka kopi dari Sumatera daripada daerah lain mas. Terasa banget bedanya.

      Delete
  5. Emang enak kopi Sumatera ya, kemarin pak dhe ku main ke jawa gawain kopi. Masyallah kopinya enak. Dan aku juga bayangin nikmatnya kopi yang aku seduh sambil nongkrong di kafe tsb.. hmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai masuk cafenya aja semriwing banget wangi kopinya.

      Delete
  6. Mbak Devi, selama tinggal di Sumut akutu wajib bawa oleh-oleh kopi kalau pulang ke Kediri. Sampai banyaaak, karena orang tua dan saudara selalu nanya. Dan aku biasa gilingin ke pajak, jadi fresh. Jaman segitu kemasannya masih sederhana.
    Ya ampun baca Sumatera Roastery ini aku kok bahagia. Kopi bisa pilih, digiling di situ terus dinikamti di rumah atau buat oleh-oleh. Wah...kemasannya pun dah keren-keren.
    Enggak hanya itu, mau ngopi dan ngemil di situ pun bisa.
    Kusimpan deh alamatnya. Suami kadang masih dinas nih ke Medan. Juga semoga aku bisa nostalgia ke sana. Atau jangan-jangan bisa beli online juga ya bubuk kopinya kirim ke Jakarta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oleh-oleh bubuk kopi dari sini sangat recommended mbak. Mudah-mudahan suami mbak bisa beli waktu dinas ke medan nanti. Kalo beli online belum nanya sih bisa atau nggak.

      Delete
  7. Wah, juaranya di kota Medan, nih? Hehehe ... Saya belum pernah ke Medan, sih. Jangankan Medan, nyebrang ke Lampung aja belum pernah, hihihi ...


    Tapi saya suka banget ngopi. Jenis robusta sih yang saya suka. Pahit tapi aroma kopinya lebih kuat dan di kepala tuh enak gitu. Kalau suatu saat nanti berkesempatan melancong ke Medan, saya mampir kesini deh. Masukkan list dulu mengingat bakal pertama kalinya di sana dan nggak tahu rekomendasi buat kulineran dan hang out di mana. Thank you ya, Mamak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arabika dan robusta punya ciri khas masing-masing. Ada yang lebih asem, ada yang nggak. Saya juga nggak paham banget. Mudah-mudahan mbak bisa segera main ke Medan yaaa..

      Delete
  8. Apalah awak ini yang genrenya cuma jus buah dan ice cream. Adapun minum kopi, hanya sebatas kopi instan produk kesehatan.
    Eh iya, kopi bubuk yang asli seringkali awak pake buat alih fungsi penghilang bau pada masakan bulat gepeng itu, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kopi memang bisa menyerap bau nggak sedap ya kak. Dv sering pake juga untuk tempat2 yang baunya nggak enak. Ampuh banget, jadi semriwing kopi kemana-mana, hehe..

      Delete
  9. Kafenya sekaligus gallery juga ya mba. Bisa belajar bikin kopi, lihat berbagai jenis kopi, mesin pembuat kopi. Udah seperti museum kopi mini aja. Keren ih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, langsung suka ama cafe ini. Jadi bisa tau alat2 untuk buat kopi sekalian.

      Delete
  10. Udah bolak-balik lewat tp belom jadi2 terus singgah di Sumatera Roastery ini Dev... soalnya suami kk penikmat kopi sejati hadehhh tiada hari deh tanpa kopi hitam. Nice info Devi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suami dv juga gitu kak. Makanya dv suka nemenin biarpun cuma pesen coklat panas atau teh tarik. Semoga bisa segera mencicipi kopi disini kak.

      Delete
  11. saya bukan penikmat kopi, tapi beberapa kali mencicipi kopi original dari Aceh yang dibeli istri kok enak, rasanya beda. wanginya khas, Dari situ jadi suka kalau ditawarin kopi. pas banget dapat info Sumatera Roastery di blog ini. Kayaknya boeh dicoba juga. Kebetulan sya juga orang Medan mbak..

    ReplyDelete
  12. Unik ya konsepnya. Cafe kopi tapi bisa juga beli bubuk kopinya untuk dibawa pulang. Jadi di rumah pun tetap bisa menikmati kopi yang disukai

    ReplyDelete
  13. Baru tau kalo ada toko kopi khusus yg bubuknya aja, thanks infonya dev

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang udah bisa nongcan alias nongkrong cantik juga kak. Tapi selama pandemi, mending pesen lewat abang2 grab aja, hehe..

      Delete
  14. Jadi kopi yang ada di cafe ini juga naik kelas bisa jadi oleh-oleh ya kan Mak..
    Semakin terkenal lah Sumatera ini sebagai penghasil kopi istimewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,, udah dikemas cantik gitu mak. Rasanya sejauh ini juga oke.

      Delete
  15. Ini bisa menjadi sarana mempelajari kopi ya..terima kasih infonya..

    ReplyDelete
  16. Wah ada daftar harganya juga ya, oleh-oleh kopi dari Sumatera Roastery ini, jadi kl mau ngasih buah tangan sm saudara atau tamu dari luar pulau bs langsung ke sini ya. Tfs Devi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Mia. Sembari menunggu bisa nikmati langsung juga kopinya.

      Delete
  17. Noted, harus ksini nih hehe
    Saya suka juga ngopi, cuma ga ada kawan
    Kl ngopi kan enaknya rame2 hhaa
    Favorit saya itu Sanger 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ama suami bang, penyuka sanger. Abis pandemi, bisa singgah ke sini bareng istri atau temen.

      Delete
  18. wah bagus keknya buat santai sejenak dr hiruk pikuk kota ya kak. btw itu dia cm kopi sbg minuman kak? g ada scrub/ sabun dr kopi, dll gitu? wkwk ngarep 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blom ada dek els.. Mungkin bisa kita bisikin nanti ke penjualnya,, hehe..

      Delete

Instagram