Senangnya Jalan-Jalan ke R Zoo & Park

September 29, 2020

Halo sobat mamak..

Ngomongin tentang zoo atau kebun binatang, di Sumatera Utara terdapat empat lokasi wisata dengan konsep tersebut. Yaitu Kebun Binatang Siantar, Kebun Binatang Medan, Kebun Binatang Rahmat di Serdang Bedagai (R Zoo & Park, Pegajahan) dan Central Park Zoo & Resort di Deli Serdang.

R Zoo & Park dan Central Park Zoo & Resort masih cukup baru dan terus mengalami proses pengembangan. Walaupun begitu masyarakat yang ingin berwisata untuk melihat hewan-hewan yang ada di dalamnya sudah diperbolehkan masuk dan menikmati suasana di dalamnya.

Kali ini saya akan bercerita pengalaman saya jalan-jalan ke R Zoo & Park.

R Zoo & Park

Di awal tahun 2018 saya cerita ke temen-temen kantor kalo saya ingin sekali membawa anak-anak ke kebun binatang Siantar. Setau saya kebun binatang Siantar adalah kebun binatang paling bagus dan cukup berperikehewanan dalam merawat hewan-hewan yang ada di dalamnya. Tempatnya juga nyaman bagi pengunjung karena tersedia tempat duduk di banyak titik untuk beristirahat selama berkeliling.

Namun menuju kota Siantar membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam dari kota Medan. Trus ada yang nyeletuk kalo ada kebun binatang yang baru buka dan jaraknya lebih dekat. Yaitu di dekat daerah pasar bengkel.

Saya pun antusias mengajak keluarga saya segera kesana. Kami menempuh jalan dari tol Amplas dan keluar di pintu tol Pegajahan, belok ke arah kiri dan tepat di tikungan ke pasar bengkel (tugu mobil rusak) tinggal lurus saja mengikuti jalan.

Seratus meter dari jalan utama kondisinya cukup rusak dan mobil yang melewatinya harus pelan. Setelah itu selama sekitar satu kilometer jalan sudah beraspal dilanjutkan dengan jalan yang masih tanah berpasir batu khas daerah perkebunan.

Ya, untuk sampai di R Zoo & Park kami melewati perkebunan kelapa sawit milik PT Fajar Agung. 

Tentang R Zoo & Park

R Zoo & Park adalah lembaga konservasi, edukasi dan rekreasi yang mengusung konsep open zoo. Mulai dibuka pada tahun 2017 namun hingga sekarang masih mengalami proses pengembangan. 

R Zoo & Park terletak di Desa Bengabing, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai. Perjalanan dari Kota Medan dapat ditempuh dalam waktu satu hingga satu setengah jam melalui tol.

Pintu Masuk R Zoo & Park

Tiket masuk ke R Zoo & Park cukup terjangkau, yaitu Rp 15.000 saja, tidak termasuk anak kecil dengan tinggi hingga 102 cm.

Tau nggak inisial R dalam R Zoo & Park itu apa? R adalah singkatan dari nama pemiliknya yaitu Bapak Rahmat Shah yang merupakan tokoh nasional dan pecinta hewan. Kabarnya hewan-hewan yang ada di kebun binatang Siantar adalah dari beliau dan beliau juga pemilik dari Rahmat International Wildlife Museum & Gallery.

Masih belum kenal juga? Mungkin kalo saya sebut nama putrinya lebih ngeh ya sobat mamak sekalian. Rahmat Shah adalah ayah dari aktris cantik Raline Shah. Jadi nggak heran kalo di dalam R Zoo & Park ada beberapa foto mbak Raline sedang bersama hewan-hewan yang ada di tempat tersebut.

Ada apa aja di R Zoo & Park?

Sesuai dengan konsep yang diusung, di dalam R Zoo & Park terdapat berbagai jenis hewan dengan berbagai ukuran dan berasal dari berbagai daerah di belahan bumi. Nggak cuma dari daerah di Indonesia, namun juga hewan yang berasal dari negara lain di beberapa benua.

Jenis hewan apa aja yang ada di R Zoo & Park? 

1. Primata 

Cukup banyak hewan primata di R Zoo & Park. Antara lain tamarin (marmoset), tarsius, monyet, dan siamang.

Tamarin Singa asal Brazil (dok.pribadi)


2. Burung 

Antara lain pelikan, jalak, beo, nuri, kakatua, elang, dan kasuari. Pelikan dibebaskan untuk berjalan keluar dari area kandang sehingga pengunjung dapat berdekatan langsung. Terdapat juga ayam hutan dan ayam kalkun yang telurnya pernah saya temukan ada di semak rerumputan yang saya lewati. Saya langsung memberikan ke penjaga.

Pelikan

3. Reptil 

Reptil yang ada di R Zoo & Park  antara lain ular, kura-kura dan labi-labi. Ular dan kura-kura yang ada pun beberapa jenis, dari yang berukuran kecil hingga ular sanca dan phyton yang cukup besar.

Ular Sanca


4. Pengerat
 

Hewan pengerat yang ada di tempat ini antara lain tupai, kelinci, berang-berang, hamster, dan landak. Masing-masing hewan diberikan media kandang yang cukup membuat mereka leluasa dalam bergerak seperti kehidupan mereka seharusnya. Sehingga hewan-hewan tersebut dapat cukup nyaman walaupun bukan berada di habitat aslinya.

Berang-berang

5. Mamalia

Cukup banyak mamalia yang ada di R Zoo & Park. Antara lain binturung, musang, sapi afrika, rusa, kijang, walabi, kangguru.

Rusa

Sayangnya hewan buas seperti harimau, singa, beruang atau gajah belum ada di R Zoo & Park. Infonya hewan-hewan tersebut akan dipindahkan dari kebun binatang Siantar menunggu persiapan kandang yang cukup memadai.

Selain melihat berbagai hewan tersebut, banyak spot foto tersedia bagi pengunjung dan juga tempat beristirahat saat berkeliling. Hingga minggu lalu saya R Zoo & Park sudah cukup banyak perkembangan tempat ini menjadi lebih baik. 

Kalo dulu masih harus panas-panasan saat berkeliling melihat hewan, saat ini sudah banyak pelindung terpal jaring yang selain berfungsi menghalau teriknya matahari, juga membuat tempat ini lebih instagrammable. Apalah daya jaman sekarang yang namanya jalan-jalan pada suka setor ke mbah insta, ya kan? hehe..

Terhitung sejak awal tahun 2018, sudah cukup sering saya berkunjung ke tempat ini bersama keluarga. Saya sih memang suka jalan-jalan ke alam gini. Bisa melihat keindahan ciptaan Allah yang kali ini berbentuk hewan. Bagi anak-anak pastinya bermanfaat banget untuk wisata edukasi mereka. Kebayang sekarang banyak anak yang nggak tau kasuari itu berasal dari daerah mana.

Kenapa Suka ke R Zoo & Park ?

Berikut alasan lainnya mengapa saya suka ke R Zoo & Park dan cukup saya rekomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga.

1. Aksesnya gampang dan tidak terlalu jauh

R Zoo & Park letaknya tidak jauh dari kota Medan. Apalagi saat ini tersedia fasilitas jalan tol yang gerbangnya dekat dengan jalan masuk utama. Nggak perlu jauh-jauh lagi jika sekedar ingin menikmati wisata edukasi hewan untuk keluarga. 

2. Harga tiket masuk terjangkau

Harga tiket masuk hanya 15 ribu rupiah dan anak di bawah tinggi 102 cm tahun tidak  dikenakan biaya. Seneng dong bisa lebih hemat dibandingkan ke tempat rekreasi lain yang lebih mahal. 

3. Topografi arealnya landai

Areal R Zoo & Park cukup landai dan tidak berbukit seperti kebun binatang lainnya. Jadi tidak terlalu capek berjalan dan berkeliling untuk melihat semua hewan yang ada. Kalopun agak capek, cukup banyak tersedia bangku atau tempat untuk beristirahat.

Jalan area kandang burung


4. Dapat membawa makanan

Untuk masuk ke area R Zoo & Park pengunjung dapat membawa makanan/minuman seadanya. Kalo saya lebih memilih membawa cemilan dan minuman di botol minum secukupnya. Berat euy kalo bawa banyak. Jadi saat capek dan haus saat masih berada di dalam nggak harus keluar untuk membeli. Di hari tertentu saat pengunjung cukup banyak, di dalam area ini juga ada lokasi penjual makanan. Dapat menjadi alternatif lain jika haus atau lapar.

Kalo males bawa makanan? Tenang.... Sebelum pintu masuk ada beberapa penjual makanan dan minuman dan pengunjung bisa duduk sekedar untuk makan gorengan atau misop kampung serta jus atau es-es an dan harganya pun terjangkau.

5. Kebersihan fasilitas umum terjaga

Manajemen R Zoo & Park tampak jelas sangat menjaga kebersihan fasilitas umum yang ada di tempat ini. Tempat sampah tersebar di banyak titik. Begitu juga toilet, tempat wudhu dan mushola juga terawat dengan baik. Apalagi membawa anak saya yang bentar-bentar pengen pipis, jadi nggak perlu jauh berjalan untuk mencari toilet. Semoga ke depan pengunjung dapat selalu menjaga kebersihan tempat ini.  

6. Hewan dirawat dengan baik dan diberikan jarak aman dengan pengunjung.

Saya dan keluarga tu suka gemes liat kebun binatang yang nggak berperikehewanan. Artinya hewan hanya dijadikan alat untuk mencari keuntungan dari pengunjung, namun tidak dirawat dengan baik. Kebun binatang yang bagus menurut saya adalah yang memperhatikan kondisi kandang, makanan, dan kesehatan hewan di dalamnya. R Zoo & Park cukup memperhatikan kenyamanan hewan sehingga tetap dapat turut andil melindungi hewan tersebut dari kepunahan. Selain itu pengunjung juga lebih aman karena lokasi hewan diberi jarak yang cukup aman untuk tetap bisa diamati dari jauh.

Pengunjung juga tidak diperbolehkan sembarangan memberikan makanan ke hewan. Anak-anak saya baru sekali bisa memberikan makanan ke rusa karena kedatangan kami tepat saat jadwal pemberian makan hewan tersebut. Terkadang beberapa hewan juga dikeluarkan dari kandang dan pengunjung dapat berfoto dengan didampingi penjaga.

Pelican Open Exhibit Tanpa Kurungan (ig Rzoo&park)


7. Dekat dengan tempat beristirahat masjid dan lapangan bola

Kalo alasan yang satu ini memang nggak terlalu penting bagi semua orang. Namun tidak untuk keluarga saya. Mau kemana pun itu, kami selalu berusaha mencari tempat sholat sekaligus untuk beristirahat sejenak. Selain itu dalam rangka menghemat menjaga kebersihan makanan untuk keluarga, saya lebih nyaman sebisa mungkin membawa makanan dari rumah atau yang dibeli di tempat yang jelas kebersihannya. Oleh karena itu saya memerlukan tempat untuk bisa makan bersama keluarga sekaligus sebagai tempat sholat dan anak-anak dapat bermain di sekitarnya. Nah, tepat sebelum kawasan R Zoo & Park, terdapat sebuah masjid bernama Masjid Rahmat dengan halaman yang luas dan di samping lapangan sepakbola. Kami selalu singgah ke masjid tersebut untuk sholat sekaligus makan siang bersama. Kayaknya yang membangun masjid ini juga Pak Rahmat Shah kali ya, namanya sama soalnya, hehe..

Sekian tulisan saya kali ini tentang R Zoo & Park. Semoga sobat mamak bisa kesana juga ya.
Tetap jaga kesehatan dan terapkan protokol kesehatan di kondisi new normal.💗💗


Mamak dan Elang Hitam

You Might Also Like

34 comments

  1. Pak Rahmat toh owner zoo ini kak, pantes cantek 😁 wah kapan hari mau main kesini juga ah 😍

    ReplyDelete
  2. Menarik ya R Zoo & Park ini. Senagnya anak-anak kalau dibawa jalan ke tempat yang bisa lihat hewan begini. Buat orang tua juga menyenangkan karena HTMnya murah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah meriah dan edukatif untuk anak-anak mbak.

      Delete
  3. Aduh, senang banget ketemu kebun binatang yang cantik begini. Ya begitu Kak, yang udah-udah, kebun binatang tuh banyak sekali yang nggak terawat. Koleksi binatangnya memang banyak sekali, tapi kondisi kandang dan makanan sangat memprihatinkan.

    Kayaknya Pak Rahmat ini memang beneran pecinta binatang, ya. Jadi beliau adopsikan kecintaan tersebut dengan membangun kebun binatang dan nggak terlalu memikirkan sisi komersial. Menurutku sih seperti itu kalau melihat fasilitas, kebersihan, kenyamanan pengunjung, dan tatanan kebun binatang yang lebih mirip taman itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya memang pecinta hewan kak. Banyak "koleksi" hewannya dari berbagai belaha dunia yang dirawat dengan baik di area konservasi milk beliau.

      Delete
  4. Senangnya mengajak anak bisa jalan-jalan ke R zoo park. Selain, bisa hilangkan penat juga bisa sambil belajar ya kak. Semoga pandemi cepat hilang, aku juga kepingin nih ajak anak-anak ke zoo.

    ReplyDelete
  5. Waaaah, awak ketinggalan lagi..
    Huhuhu, sebagai orang Sumut sebenernya malu juga ya belum nyampe disini. Padahal udah lama sekali mengagendakan mau mengunjungi RZoo ini. Anak-anak pun suka sekali ke kebun bintang, apalagi sebersih dan seterawat ini

    Moga aja kesampaian bisa main setelah covid ini

    ReplyDelete
  6. Wah asri dan bersih ya kebun binatangnya di sana. Saya juga suka membawa anak dan ponakan ke kebun binatang. Karena mereka jadi bisa belajar banyak jenis hewan dengan melihatnya langsung. Beberapa hewan bahkan bisa diajak berinteraksi juga ^^

    ReplyDelete
  7. Iih udah 15 ribu aja ya tiketnya. Taun lalu kemari masih sepuluh ribu Mak.. seru emang. Bersih dan teratur. Oh ya,, binatang besar belum masuk ya? Kayak gajah dan singa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum mak. Masih di siantar zoo. Kayaknya kandangnya belum selesai untuk di Rzoo. Sapi afrika dan buaya yang udah masuk.

      Delete
  8. Bagus sekali R Zoo Park ini ya, Mbak Devi. pas sekali untuk wisata keluarga. Ada edukasinya juga untuk anak-anak seputar binatang. Kalau saya baru ke Kebun Binatang yang Di Ragunan saja. Nah, rencana kapan-kapan mau ke kebun binatang yang ada di Banjarnegara. Kebetulan dekat dari Kebumen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ragunan juga bagus mas. Saya pernah sekali kesana. Tapi saya lebih menikmati Rzoo ini. Lebih berperikehewanan menurut saya, hehe..

      Delete
  9. Devi... kk n keluarga br ke Siantar Zoo sama Medan Zoo, kl ke kebun Binatang Rahmat di Serdang Bedagai (R Zoo & Park, Pegajahan) ini belom pernah. Boleh deh bawa anak2 ke sana, tp tu lah,, masih takut2 juga keluar kota walaupun ke kota sebelah hehe... anyway tfs ya Dev

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu pandemi selesai kak. Dv juga kemana2 mesti celingak celinguk dulu cari tempat yang relatif sepi.

      Delete
  10. Pas bagian ular sanca kaget sayaaa...haduh
    Ini tiketnya murmer banget sih..mana bersih dan berperikehewanan pula, keren sekali pak Rahmat ini
    Kalau saya dah ke Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, Mbak
    Semoga lain waktu bisa ke kebun binatangnya, R Zoo Park

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rahmat Museum & Gallery nya memang bagus mbak. Cuma itu versi hewan yang udah mati, kalo Rzoo versi yang masih hidup, hehe..

      Delete
  11. Anakanak saya pada suka sama taman dan binatang. Aih kebayang gimana senangnya mereka kalau diajak ke tempat begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak segera dijadwalkan setelah pandemi :)

      Delete
  12. Lama banget gak ke kebun binatang. Agak kuatir juga apalagi masih pandemi. Tapi perlu juga refreshing ke zoo park untuk menghidrup udara segar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah pandemi selesai, langsung dijadwalkan yuk.. hehe..

      Delete
  13. Asik ya tempatnya. Ini sih menurutku tinggal nunggu hewan buas aja nih biar tambah menarik. Dan ternyata yg punya adalah Pak Rahmat Shah, udah jaminan berkualitas kebun binatang milik beliau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang. Jaminan mutu kalo si bapak yang mengelola yaaa..

      Delete
  14. List nih buat liburannya Azkiya selain bisa rekreasi kita juga sambil mengedukasi ya mbak

    ReplyDelete
  15. Cantik ya RZoo Park ini, memang kelihatan banget barunya tapi so far kerenlah, seandainya kebun binatang di Medan punya Rahmadshah juga tentunya akan secantik Rzoo park, abis kasian kayak gak dirawat gitu tempatnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya kak Iid, pernah juga di fikiran awak terlintas kayak gitu.
      Soalnya memang setiap zoo milik Rahmad Shah agak lebih'bersih' tata kelolanya

      Delete
    2. Sedih kalo ke kebun binatang Medan kak. Nggak tega liat hewan disana nggak terawat.

      Delete
  16. Kebun binatang Siantar terakhir aku ke situ ketika berumur 11 tahun, dah puluhan tahun ya, waktu itu masih ada Siamang (sejenis kera). Kebun binatang tempat yg bagus memperkenalkan hewan dan alam ke anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah lama juga saya nggak ke bonbin Siantar kak. Disana juga enak tempatnya.

      Delete
  17. Hiyyy tertengok kk lah foto ular, auto-ngeriii.. soalnya pernah liat 2x ampun deh gak lagi... tp kl di zoo beda lah ya kan,,, dalam kandang dia... nice share nih Dev. masukin list liburan anak2

    ReplyDelete

Instagram