Nge-Blog : Buat Apa?

October 27, 2020



Pandemi belum berakhir juga. Lelah? Pasti.. Semua orang juga lelah menanti perginya covid-19 dari muka bumi. Biar bisa bebas kemana-mana tanpa dibayangi ketakutan terinfeksi virus yang telah hampir 8 bulan menghampiri.

Aktivitas sehari-hari banyak dilakukan di rumah. Praktis mengubah pola hidup yang sudah menjadi kebiasaan sebelum pandemi. Dulu hampir setiap minggu bisa jalan-jalan atau minimal mengajak keluarga makan di luar. Sekarang kalau mau jalan, harus mikir dulu kondisi di tempat yang direncanakan. Sampai disana pun harus celingak celinguk memastikan tidak terlalu ramai.

Apalagi saya yang adalah ibu pekerja kantoran. Seminggu sekali saya mendapat jadwal bekerja dari rumah (Work From Home). Kedua anak saya yang biasa belajar di sekolah dari pagi hingga siang dan sore hari juga diharuskan belajar dari rumah. Awal menghadapi kebiasaan baru tersebut sempat membuat saya hampir stres. Menghadapi pekerjaan kantor dan menemani anak belajar daring malah bikin saya darting. Sampai akhirnya saya memutuskan untuk mencari bantuan guru yang bersedia memberikan les privat ke rumah.

Kalau dipikir-pikir saya harus banyak bersyukur. Dengan adanya pandemi dan mengharuskan setiap orang untuk tetap beraktivitas di rumah, saya bisa lebih dekat dengan anak-anak. Walaupun kadang rasanya nano-nano menghadapi tingkah polah tiga anak super yang beda karakter, tapi mereka malah semakin dekat dengan saya.

Kegiatan apa aja yang dilakukan bareng anak selama pandemi?


Saya bisa belajar, membaca, bermain dan membuat cemilan bersama mereka. Beberapa kegiatan tersebut sudah pernah saya tuliskan di blog ini. 

Buat apa Nge-Blog?

Awalnya saya buat blog di tahun 2011 itu sebagai tempat cerita. Maklum dulu itu pernah LDR-an ama suami karena penempatan kerja di salah satu rumah sakit di daerah Simalungun. Anak masih bayi banget, cukup banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan. Tapi dengan masih banyak keterbatasan karena jauh dari kota, menulis adalah pilihan terbaik saya saat itu. Sebagai ibu baru saya butuh tempat untuk cerita apa saja terkait kehidupan saya. Uneg-uneg saya lumayan bisa keluar. Beberapa pengetahuan dan pengalaman tentang bayi dan pengasuhan yang pernah saya baca dan alami dapat saya tuliskan kembali di blog dengan bahasa saya sendiri.

Seiring dengan saya dipindahtugaskan ke dekat suami dan beban kerja yang semakin banyak, praktis membuat kegiatan menulis saya terhenti. Hingga di tahun 2019 saya merasa harus menulis lagi di blog sebagai sarana curhat saya kembali.

Beruntung sekali saya dipertemukan dengan komunitas Blogger Sumut yang akhirnya membuka wawasan bahwa dunia per-blogger-an itu cukup luas. Membuat saya memutuskan untuk lebih fokus nge-blog dan memiliki domain sendiri. Jadilah jendelamamak menjadi ruang pribadi yang bisa diakses banyak orang. Nggak cuma curhat ala mamak aja, tapi bisa bermanfaat untuk orang lain. Saya pasti mati, tapi karya saya akan terus bisa dibaca dan insyaAllah membawa manfaat.

Kata Allah, "Nikmat mana lagi yang Engkau dustakan?".

Dengan menulis di blog, jiwa saya bisa tenang, unge-uneg keluar, menebar manfaat dan kebaikan, eh malah dapat tambahan penghasilan. Mungkin nggak banyak, tapi dapet penghasilan dari hobi menulis di blog itu rasanya tak terkatakan, hehe..

Hari Blogger Nasional

Dengan berkembangnya aktivitas digital, profesi blogger mulai dilirik banyak orang. Para blogger dapat mengelola blog lebih serius dan profesional yang dapat menjadi peluang bisnis dan penghasilan. Melihat peluang ini Menteri Komunikasi dan Informatika tahun 2017, Bapak M. Nuh mencanangkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.

Udah 13 tahun aja ya. Semoga para blogger bisa tetap semangat menghasilkan karya yang bermanfaat bagi banyak orang.
Menulislah, karena dengannya kau bisa menemukan bahagiamu.


SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL !!!! 


You Might Also Like

20 comments

  1. Samaa pernah LDRan jugag.. tapi masih nyempetin nulis di sela padat aktivitas kantor Itu keren dev

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awak pun pernah LDRan.
      Tapi pas itu blom punya blog.
      Kenapa ya.... hmmm

      Delete
    2. Ecek2 nya tu kak sis,, wkwk. Alhamdulillah sekarang dv di tempat yang berperike-mamak-an. Jadi selesai kerjaan yg satu masih ada jeda untuk kerjaan yang lain.

      Delete
  2. Hari Blogger Nasional ini usianya 13 tahun ya.

    Beda 2 bulanan sama anak sulung awak.
    Kali diibaratkan, udah lebih mendewasa dan lebih eksis.

    Semoga begitu pun para blogger Indonesia, semakin produktif dalam karya yang bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seniorrrrr.... semoga anak2 kak siska makin dewasa dan eksis, hehe..

      Delete
  3. Bener banget dev kalau penghasilan dari ngeblog itu tak terkatakan deh karena memang sudah hobi menulis dari sananya , tetap semangat ngeblognya ya say :)

    ReplyDelete
  4. Selamat hari Blogger Nasional Mbak .. semakin semangat ya buat menuangkan pikiran dalam tulisan.. yang penting konsisten dan rajin nulis hehehe apalagi klo ada hasil cuan dari ngeblog ulala mantap betul hihi

    ReplyDelete
  5. Iya nih Bu, saya juga semangat nulis dan berani memperjuangkan tulisan ya karena blogsum ini. Benar-benar membangun dan menjadi tempat ternyaman bagi saya. Selamat hari blogger nasional.

    ReplyDelete
  6. Selamat jadi blogger kembali Dev, dan bekawan di blogsum, alhamdulillah punya rumah utk sharing di grup kita ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena ketemu ama blogsum lah jati punya jati diri awak ni kak..

      Delete
  7. Sepakat, menulis itu membahagiakan ya Devi... selamat hari bloger nasional yaa... Semoga semakin bersemangat update postingan teruss, sukses selalu yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap suhuuuu.. Kak Mia banyak menginspirasikuh..

      Delete
  8. Dapet duit dari hobi itu kayak melakukan sesuatu yang disukai banget tapi dibayar. La terkataken laaaa..
    Senang lah kita ya udah ketemu komunitas blogsum ya..

    ReplyDelete
  9. Lama juga blognya freez ya kak, kalau saya malah tahun 2011 itu pingin punya blog tapi nggak jadi-jadi baru akhir 2018 mulai ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama itu lah saya kerja terus bagai kuda kak,,, haha..

      Delete
  10. sama, nulis biar ngeluarin uneg-uneg juga dulunya kalo blog pribadi. tambahan penghasilan itu bonus. kalo blog khusus nyari duit sih emang goalnya buat nyari duit haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat kak evyta bisa ngelola blog khusus untuk cari duit. Mantap!

      Delete
  11. alhamdulillah uneg2 bs keluar ya kak melalui blog wkwk semangat kak Dev dgn 3 anak tp harus kerja kantoran jg dan selamat hari blogger!

    ReplyDelete
  12. Tos dev. Pertama-tama buat blog pure kayak mindahin diary ke media elektronik. isinya curhat mulu. Habis tu vekum lama. Baru buat lagi di blogspot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada akhirnya kita akan kembali ke hobi yang bikin kita bahagia ya kak.

      Delete

Instagram