Iki Bakso Malang : Bakso Malang Enak di Medan

December 07, 2020

Desember tahun ini diwarnai dengan curah hujan tinggi seperti Desember di tahun-tahun sebelumnya. Hujan turun hampir setiap hari, biasanya menjelang sore hingga malam. Praktis jadi malas kemana-mana, pengennya cuma uwel-uwelan di pulau kapuk bersama keluarga. Ditambah lagi sejak pandemi kami memang lebih sering beraktivitas di rumah. 

Namun sabtu sore lalu saya tiba-tiba ingin makan bakso. Padahal baru minggu lalu saya membuat mie sop kampung sendiri yang rasanya tak kalah enak daripada yang dijual di warung. Namanya selera kadang tak bisa diduga. Apalagi saat hati lebih memilih makanan langsung beli itu lebih menggoda. 

Pas sekali ada teman mengajak makan bakso Malang di warung yang letaknya tak begitu jauh dari tempat tinggal saya. Langsung saya mengiyakan ajakannya dan datang sesuai waktu yang dijanjikan. Awalnya sempat mengurungkan diri karena awan hitam sudah menjadi pertanda hujan akan segera turun sore itu. Namun bayangan makan bakso Malang yang nikmat membuat saya tetap melaju kendaraan ke tempat tujuan yang direncanakan.


Diberi nama Iki Bakso Malang, warung ini didirikan saat masyarakat masih dihebohkan dengan pandemi pada bulan Juni 2020 di jalan Matahari Raya, Medan. Sejak bulan Agustus 2020 Iki Bakso Malang pindah lokasi ke daerah jalan Gaperta, tepatnya di seberang perumahan The Piazza. Pemiliknya bernama Kak Puri yang memang asli cah Malang dan sebelumnya memang sudah berdagang frozen food rumahan secara online. 

Bagi pecinta makanan pasti sudah tau bedanya bakso Malang dengan bakso biasa. Hayo apa coba???

Makanan bakso biasanya hanya disajikan dengan campuran mie putih (bihun) atau mie kuning (mie telur) dan bakso kecil atau bakso urat yang disiram kuah bakso panas dan ditaburi potongan seledri, bawang goreng dan kerupuk. 

Sedangkan untuk bakso Malang ada tambahan pangsit rebus atau pangsit goreng yang menambah cita rasa khas bakso Malang itu sendiri.

Nah, udah pada tau kan sekarang bedanya. Untuk saya pribadi yang memang suka mencicipi kuliner berbagai bentuk dan cita rasa, bakso Malang cukup menarik untuk disantap.


Lokasi warung yang sangat mudah diakses karena terletak di pinggir jalan utama membuat saya tak kesulitan untuk menemukannya. Sesampainya disana sudah ada dua teman saya yang sedang mengobrol dengan dua mangkuk bakso yang belum dihabiskan di depan mereka. Saya auto menelan ludah melihat bakso besar dengan isian tulang rusuk sapi yang sudah dimakan setengah. Rasanya pengen langsung comot untuk sekedar mencicipi.

Saya pun langsung meminta daftar menu dari sang penjual untuk segera memesan. Dari daftar yang ada, ternyata menu yang ada di Iki Bakso Malang melebihi ekspektasi saya. Sang pemilik berinovasi di menu utama bakso dengan menambah isian di dalamnya berupa keju, sambal mercon, bahkan tulang rusuk sapi yang telah dipesan oleh teman saya. 

Menu di Iki Bakso Malang

Berbagai varian bakso di Iki Bakso Malang

"Mantap!!!", ujar saya dalam hati.

Saya sempat bingung mau pilih menu yang mana. Rasanya ingin mencicipi semua. Kalo udah gini, kebiasaan lama saya kumat. Yaitu memilih menu berbeda dari yang sudah dipesan teman. Alasannya klasik, kami bisa saling berbagi untuk mencicipi menu yang berbeda dan menilai mana yang lebih enak, hehe..

Pesanan saya jatuh pada menu bakso pizza yang dari tampilannya benar-benar tampak seperti pizza. Sepertinya menu ini paling cocok untuk berbagi karena bisa dipotong-potong seperti layaknya makan pizza tanpa adanya kuah bakso.

Sambil menunggu dan mengobrol, tak lama pesanan saya tiba. Seporsi bakso pizza yang lagi-lagi membuat saya tak sabar untuk mencicipi. Benar-benar seperti makan pizza dengan taburan bawang bombai, paprika, potongan sosis dan lelehan keju mozarella yang menggoda. Bedanya, lapisan bawah adalah bakso berbentuk bulat pipih seperti adonan roti pizza. Rasanya juara dengan daging dan lelehan mozarella sebagai toppingnya.

Sesuai kesepakatan saya pun mencicipi bakso moza pesanan teman saya lainnya. Cakepppp!! Keju mozarella meleleh keluar saat bakso moza dipotong. Disantap dengan mie, kuah bakso dan pangsit rebus semakin menambah kenikmatan si bakso moza.



Rasa kuahnya pun alami. Tidak seperti kuah bakso lainnya yang menggunakan micin level maksimal. Kuah bakso di Iki Bakso Malang sangat mengutamakan rasa kaldu alami dari rebusan tulang dan daging sapi tanpa MSG buatan. Cukup saya rekomendasikan bagi kalian yang ingin jajanan sehat.

Dengan porsi yang disuguhkan, cukup membuat kami semua kenyang dengan harga bakso Malang sebesar 25 ribu rupiah. Bakso dengan porsi yang lebih besar seperti bakso rusuk dan bakso pizza dibandrol dengan harga 50 ribu rupiah per porsi. Tak perlu khawatir karena dijamin kenyang. Minuman berupa air mineral, teh, kopi, teh tarik juga dapat dipesan dengan harga standar warung kaki lima.

Nggak mau bakso? Tenang... ada cwi mie yang mirip mie ayam khas Malang.

Dari variasi menu, rasa, porsi dan harga, menu di warung Iki Bakso Malang sangat saya rekomendasikan untuk dicoba. Tapi ingat ya, jika ingin langsung makan di warungnya harus tetap menjaga protokol kesehatan. Agar kita semua tetap sehat dan bisa icip makanan enak lainnya.

Mau bakso Malang enak di Medan? Ke Iki Bakso Malang aja. Jangan lupa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker, membawa hand sanitizer dan jaga jarak dari kerumunan.

Ojo Lali Mampir Kerr!!!

Iki Bakso Malang (IBM)

Jalan Gaperta No. 100 (depan The Piazza)



You Might Also Like

12 comments

  1. Kapan-kapan kita mit ap di situ lagi devi...
    kita blom nyobain cwie mienya
    setelah tak pandang pandangi foto daftar menunya di rumah, kok keknya menggoda sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak vi. Bisa comot-comotan lagi kalo rame kan ya,, hehe...

      Delete
  2. Duh endul bangets itu bakso rusuknya... hmm liat fotonya ajah udah kepingin hehe... kapan2 ngajak suami n anak2 ah nongki2 di IBM, Iki Bakso Malang, Gaperta yaa

    ReplyDelete
  3. Akhirnya setelah lama di masa pandemi tidak berjumpa, meet up juga deh di Iki bakso Malang, IBM.
    Kapan meet up lagi ya kita..

    ReplyDelete
  4. Bakso pizza terfavorit nih, tapi saya penasaran sama bakso mangkuk rendang huhu

    ReplyDelete
  5. Mau coba jugaaakkk, ayo kita ke sanaaa!!

    ReplyDelete
  6. wuihhh bahkan ada yg tanpa MSG, bisa jajan tapi tetap sehattt, jd penasaran

    ReplyDelete

Instagram