Masak Sehat, Pakai Debellin Aja

December 21, 2020

Pakai Debellin Aja
Grey Granite Series Debellin Premium Cookware (instagram)

 Sudah delapan bulan ini saya sulit bernafas plong dan dalam. Akhirnya saya memberanikan diri periksa ke dokter dan didiagnosa terkena GERD atau penyakit lambung akut. Sejak saat itu saya berusaha untuk menerapkan pola hidup sehat. Kalo udah ngomongin pola hidup sehat pastinya tidak terbatas pada olahraga secara rutin setiap hari. Namun harus satu paket dengan menjaga pola makan sehat yang saling mendukung dengan olahraga agar tubuh menjadi sehat maksimal. Selain itu dengan menerapkan pola hidup sehat untuk diri pribadi saya juga bertanggung jawab untuk menularkannya ke anak-anak agar suatu saat mereka tidak mengalami penyakit yang saya alami saat ini.

Olahraga

Olahraga atau istilah kerennya workout nggak harus berat dan dilakukan di lapangan. Jaman sekarang udah pada canggih. Banyak referensi olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah dan dapat disesuaikan dengan kemampuan setiap orang. Saya sendiri sengaja mengunduh aplikasi di smartphone untuk membantu kontrol kegiatan olahraga dan melihat hasilnya setiap hari. Biar tetap semangat dan menjaga konsistensi.

Membuat Makanan Sehat

Olahraga rutin saja belum cukup untuk menjaga kesehatan jika tidak diiringi dengan mengatur pola makan. Harus ada keseimbangan antara olahraga dan pola makan yang sehat dan benar. Jadi jangan berpikir dengan berolahraga saja seseorang bisa makan apapun sesukanya. 

Dalam proses diet sendiri olahraga hanya mengurangi berat badan sebesar 20% sedangkan 80% nya ditentukan dari pola makan sehat dengan gizi seimbang.

Adapun untuk memastikan makanan yang akan dikonsumsi tetap sehat tergantung pada tiga hal. 

- Bahan

Bahan yang baik, segar, dan tanpa pengawet akan lebih sehat untuk dikonsumsi. Hindari pemakaian bahan makanan yang sudah berhari-hari disimpan karena akan mempengaruhi nutrisi yang terkandung di dalamnya.

- Cara masak

Makanan sehat juga tergantung pada cara masak dan mengolah bahan menjadi sesuatu yang siap dimakan. Proses masak yang terlalu lama, suhu terlalu tinggi, penggunaan air dan minyak akan mempengaruhi zat gizi yang terkandung dalam makanan. Merebus dan menggoreng tidak terlalu disarankan untuk menyiapkan makanan sehat. Mengukus atau menumis tanpa dan dengan sedikit minyak lebih baik.

- Alat masak

Pemilihan dan penggunaan alat masak yang kurang tepat dapat menyebarkan racun ke dalam tubuh. Loh, kok bisa? Hal ini disebabkan alat masak dapat melepas senyawa seperti logam berbahaya saat proses memasak bahan makanan dalam alat masak tersebut. Seiring dengan bertambahnya waktu logam tersebut akan mengendap di tubuh dan dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker dan gangguan metabolisme lainnya.

Alat masak yang dijual di pasaran terbuat dari beberapa bahan berbeda. Bahan yang biasanya digunakan antara lain teflon, aluminium, keramik, dan stainless steel. Jujurly, saya paling sering menggunakan alat masak dari bahan teflon karena anti lengket walaupun tanpa menggunakan minyak. Ternyata oh ternyata alat masak dari teflon ini mengandung zat berbahaya bagi tubuh yang dapat tercampur ke dalam masakan jika penggunaannya tidak hati-hati. Duh!!!!

Masak Sehat dengan Alat Masak Terbaik, Pakai Debellin Aja

Cara masak dan alat masak sangat menentukan makanan sehat yang akan masuk ke tubuh. Jadi memang harus lebih hati-hati lagi dalam menentukan kedua hal tersebut. Miris banget kan kalo kita udah memilih bahan makanan yang segar dan bergizi, namun gara-gara cara masak dan alat yang digunakan kurang tepat jadi mengurangi nilai gizi bahkan malah menyumbang zat berbahaya bagi tubuh. 

Saya sebisa mungkin menghindari gorengan sebagai cemilan, tapi menghindari makanan yang digoreng sebagai menu utama sepertinya agak susah. Bayangin aja mau goreng ikan tapi nggak pake minyak, hmmm... bakal lengket dan gosong tuh ikan.

Nah, saya sempat cari-cari alternatif pengganti teflon yang sering saya pakai agar lebih sehat. Dan saya dapat solusi untuk panci sehat terbaik, yaitu dengan Debellin Premium Cookware. Debellin adalah peralatan masak yang menggunakan teknologi granit coating "Greblon" dari Jerman. Dengan adanya Debellin, memasak menjadi lebih simple, mudah, dan sehat.

Mengapa Harus Debellin?



Dengan menggunakan Debellin sebagai alat masak memungkinkan kita untuk menggoreng tanpa minyak. Ha? Serius?? Ya serius dong. Berikut alasan kenapa harus memakai Debellin Premium Cookware sebagai alat masak di rumah.

- Bebas PFOA dan PTFE berbahaya

PFOA (Perfluorooctanoic acid) dan PTFE (Politetrafluoroetilena) adalah senyawa yang sering digunakan sebagai bahan anti lengket pada produk teflon. Kedua bahan ini dapat berbahaya jika digunakan dalam panas yang tinggi dan tercampur dalam masakan. Dalam jangka panjang dapat mengendap dalam tubuh dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti kanker. Produk Debellin bebas dari PFOA dan PTFE karena terbuat dari teknologi granit yang terbukti lebih sehat.

- Tanpa Minyak

Penggunaan minyak berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan. Maka itu memasak tanpa minyak menjadi pilihan untuk lebih sehat. Dengan Debellin kita dapat memasak tanpa menggunakan minyak dan bebas dari kekhawatiran masakan akan lengket dan gosong. Jika ingin menambahkan minyak sebagai penambah citarasa, dapat menggunakan minyak canola atau minyak zaitun yang lebih sehat kandungannya.

- Mudah Dibersihkan

Alat masak Debellin sangat mudah dibersihkan. Jika ingin menggunakan alat masak yang sama untuk memasak menu lainnya, cukup dilap dengan menggunakan kitchen towel hingga bersih tanpa perlu dicuci berulang-ulang.

- Lebih Ringan

Dengan bahan dasar die cast aluminium membuat Debellin menjadi lebih ringan dibandingkan panci lainnya. Nggak perlu khawatir tangan jadi sakit karena alat masak yang berat.

- Menyimpan Panas Lebih Lama

Teknologi granite coating yang digunakan Debellin menyimpan panas lebih tahan lama dibanding panci lainnya sehingga makanan tetap hangat walaupun telah  1 jam dalam keadaan tertutup.

- Hemat Gas/Listrik

Dengan kemampuan menyimpan panas lebih lama, memasak dengan Debellin cukup menggunakan api sedang/medium heat untuk sehingga akan menghemat penggunaan gas/listrik.

- Desain Eksklusif , Indah dan Instagrammable

Senangnya pakai Debellin salah satunya adalah desain yang eksklusif dan indah. Jadi abis masak bisa langsung disajikan langsung ke atas meja tanpa perlu dipindahkan ke piring saji. Gagangnya yang terbuat dari aluminium berlapis kayu dan bersuhu 55 derajat celsius membuatnya aman digunakan tanpa oven mitt.

- Konduktor Universal

Produk Debellin dapat digunakan di semua jenis pemanas, baik kompor gas, kompor induksi, kompor infrared, halogen, maupun kompor api. Panas dapat tetap dihantarkan dengan baik.

- Semi Slow Cooker

Debellin memiliki fitur semi slow cooking dengan menggunakan tutup semi kubah yang dapat memasak daging hingga matang dan empuk dalam waktu lebih singkat.

Keren banget alat masak Debellin ini. Fix saya harus nabung untuk bisa memiliki salah satu atau beberapa produk ini. Sekilas saya ceki ceki di website >> Debellin Premium Cookware << dan saya benar-benar suka dengan tampilannya yang elegan dan mewah dari Grey Granite Series nya. Dengan keempat panci granit ini udah kebayang saya bisa lebih fleksibel memasak menu sesuai yang saya suka.


Selain sehat dan tampilan yang memukau, panci sehat Debellin juga tahan lama lho. Tentunya dengan sedikit perawatan yang sesuai. Antara lain tidak memanaskan panci terlalu lama dalam keadaan kosong, tidak menggunakan api yang terlalu besar, tidak menggunakan sendok aluminium/stainless steel, dan membersihkannya cukup dengan spons lembut setelah suhu panci sama dengan suhu ruang.

Ribet?? Ya nggak lah. Udah punya barang bagus ya memang harus dirawat agar tetap awet dan tahan lama. Yakin deh nggak bakal menyesal karena dengan beli panci sehat kita sekaligus berinvestasi untuk kesehatan kita di masa depan.

Jadi, tunggu apalagi. Kepoin yuk produk panci Debellin di instagram nya. Masak sehat, pakai Debellin aja!

You Might Also Like

8 comments

  1. yang punya riwayat GERD bikin paguyuban, hayuk! terima kasih untuk informasinya, kak. langsung cek ignya mereka, ah!

    ReplyDelete
  2. Terbaik emang ya panci Debellin ini. Bisa masak sehat dan membersihkannya gak perlu sabut serbuk besi itu kl ada sisa masakan yang membandel. Cukup dg spons lembut ya, noted

    ReplyDelete
  3. Wow, ngiler banget saya setelah baca ini. Duh, panci, tempat masak yang terbukti kualitas dan keamanannya. Benar-benar whistlist banget deh.

    Ini pun juga anti lengket ya kan.
    Dulu saya pernah tuh buat teflon rusak. Eh, terkelupaslah yang buat anti lengket. Ternyata oh, ternyata udah enggak bisa dipakai lagi dan berbahaya untuk kesehatan ketika dipakai. Syukurnya sih sekarang udah enggak dipakai lagi dan saya pun tak tahu di mana keberadaan teflon rusak tuh.

    ReplyDelete
  4. Debellin ini selain bikin makanan sehat di tubuh bisa buat sehat kantong juga. Soalnya bisa masak ikan tanpa minyak. Lumayannnn.. seoalnya kami sebulan bisa ngabisin banyak minyak untuk goreng ikan.

    ReplyDelete
  5. Kaka bisikin harganya dong 😍 semoga GERD segera sembuh kak, soalnya ada survivor Gerd yang sembuh, memang harus konsisten dg polmak dan gaya hidup sehat kak

    ReplyDelete
  6. Panci idaman ini ya kak, setiap liat IGnya jadi mengkhayal kapanlah aku punya 1 set alat masak ini ya, kelebihannya banyak banget :)

    ReplyDelete
  7. Kalau begini ceritanya,hidup hemat pangkal sehat.

    ReplyDelete
  8. Kalo ngelapnya pake tisu bersih aja boleh ndak ya Mba Devi?

    Saya ini emak-emak yang suka beli perlengkapan perang macam gini. hehehe
    Masak jadi semangat
    Kepo sama harganya

    ReplyDelete

Instagram