Bolu Toba Medan, Oleh-Oleh Khas Medan

Bolu Toba Medan, Oleh-Oleh Khas Medan

"Dek, mau kakak beliin oleh-oleh apa buat pulang besok?"

"Orang rumah minta dibeliin Bolu Toba Medan kak. Nggak mau dia yang lain."

"Lah,, tau juga dia Bolu Toba. Ya udah nanti kakak mampir ke tokonya."

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Membawa oleh-oleh dari tempat yang dikunjungi adalah suatu budaya yang sudah mengakar di masyarakat. Pun membawakan oleh-oleh pada tamu atau saudara yang akan pulang setelah berkunjung ke rumah sebagai buah tangan untuk menyenangkan keluarga tercinta. Bagi kami kebiasaan ini sama sekali tidak merepotkan, malah kami senang karena bisa membuat orang lain senang menerima pemberian kami.

Kalo dari Medan, biasanya memang banyak yang bisa dijadikan oleh-oleh. Medan sudah cukup terkenal dengan makanan enaknya. Mulai dari kue, bolu, teri, sate kerang, hingga manisan jambu yang katanya juga khas kota Medan. Namun permintaan adik kami saat itu cukup membuat saya kaget karena istrinya minta dibawakan Bolu Toba Medan sebagai oleh-oleh.

Seenak itu kah Bolu Toba Medan?

Enak kalo menurut keluarga saya. Tanpa kedatangan si adik, kami pun sudah sering membeli Bolu Toba ini. Berawal dari saya yang penasaran dengan penampakan si bolu karena sering melewati depan tokonya, hingga akhirnya saya mampir di suatu sore sepulang dari kantor. Saya membeli satu varian rasa yaitu spikoe yang ternyata sangat disukai oleh suami dan anak-anak di rumah. 

"Enak mak bolunya!", cetus si bungsu kala itu.

"Medan kali ah rasanya. Enak ni dimakan sambil minum kopi", ayah pun tak mau kalah mengomentari.

Sejak saat itu anak-anak sering minta dibelikan Bolu Toba. Biasanya saya memilih rasa spikoe atau coklat yang sudah bisa dipastikan akan kandas disantap dalam satu atau dua kali makan.

Bolu Toba Medan varian Spikoe

Tentang Bolu Toba Medan

Hadir di kota Medan sejak Februari 2018, Bolu Toba Medan adalah usaha kuliner yang diharapkan dapat menjadi oleh-oleh khas kota terluas ketiga di Indonesia ini. Pemiliknya bernama Bapak Ibnu Rianto yang juga adalah pemilik Batik Trusmi dari Cirebon.

Nama Bolu Toba sendiri diambil dari icon khas Sumatera Utara yaitu Danau Toba. Berlokasi di Jalan Wahid Hasyim No.55, Bolu Toba juga memiliki toko lain di Jl. Pangeran Diponegoro No.20B. Selain itu ada mobil keliling juga yang menjual Bolu Toba di jalan dalam kota Medan saat sore hari.

Store Bolu Toba Medan Jl. Wahid Hasyim

Bolu Toba Medan memiliki beberapa varian rasa yang bisa dipilih. Yaitu spikoe, Pancing Hazelnut Oreo, Japaris Durian, Titi Kuning Cheese, Kampung Keling Tiramisu, Coklat Padang Bulan, Banana Simpang Jodoh Coklat, Banana Simpang Jodoh Cheese, dan varian terbaru yaitu Bolu Gulung 3 Rasa yang memberikan sensasi tiga jenis rasa (coklat, keju, dan tiramisu) dalam satu kotak bolu Toba Medan.

Bolu Toba Medan varian Bolu Gulung 3 Rasa 

Kok serasa familiar ya dengan nama-namanya? Hmm,,, ternyata Bolu Toba sengaja menambahkan nama-nama daerah di Kota Medan di produknya dengan tujuan mengenalkan daerah tersebut ke para pembeli. Sebut saja daerah Pancing, Japaris, Titi Kuning, orang Medan pasti langsung ngeh dengan nama daerah itu. 

Bolu Toba Medan varian Japaris Durian

Uniknya lagi di toko Bolu Toba Medan juga menjual aksesoris seperti tas, sandal, clutch handmade dan beberapa cemilan dengan corak khas Medan. Saya yang belum sempat membelikan oleh-oleh lain untuk keponakan bisa langsung membeli barang yang bisa digunakannya tanpa perlu repot ke toko lain. Semua aksesoris yang dijual adalah hasil kerjasama dengan UMKM yang ada di Kota Medan dengan harga terjangkau. Saya senang sekali karena Bolu Toba Medan juga ikut berpartisipasi dalam memajukan pengusaha kecil dan menengah di Kota Medan ke para pelanggannya.

Clutch di Store Bolu Toba Medan


Saya pun membeli sandal dengan corak ukiran khas Batak Toba berukuran kecil untuk anak umur 4 tahun berwarna merah untuk dijadikan kado keponakan tercinta. Lengkap sudah oleh-oleh untuk dibawa adik yang akan pulang ke kampung setelah beberapa hari menginap di rumah kami.

Sandal Unik di Store Bolu Toba Medan

Review Bolu Toba Medan

Tekstur

Bolu Toba Medan memiliki tekstur yang cukup lembut dengan lapisan vla sesuai varian rasa. Bolu dan vla cukup menyatu dan terasa lumer di mulut. Tambahan topping coklat/keju/butiran gula menjadikan Bolu Toba terasa lebih menggugah selera. Anak saya selalu mencomot parutan keju dan coklat sejak saat kotak bolu dibuka.

Bolu lembut menyatu dengan vla spikoe

Rasa

Pada varian spikoe, coklat dan bolu gulung 3 rasa, menurut saya rasa manis pada bolu pas dan sesuai. Cocok di lidah orang yang tidak terlalu suka makanan manis. Namun pada varian japaris durian, manis bolu dan vla durian serta taburan gula sebagai topping membuat rasa manis semakin berlapis. Cocok sekali bagi penyuka makanan manis maksimal. Tinggal sesuaikan dengan selera masing-masing aja sih ya. Yang jelas dari rasanya, bisa langsung ditebak bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Bolu Toba adalah bahan berkualitas tinggi, termasuk topping keju dan coklatnya. Bukan kaleng-kaleng lah pokoknya.  

Harga

Harga Bolu Toba Medan berkisar antara 55 ribu hingga 65 ribu rupiah per kotak. Cukup sesuai dengan porsi dan rasa yang ditawarkan. Nggak bakal nyesel deh beli bolu ini sebagai oleh-oleh karena memberikan rasa yang cukup khas dan berbeda dari oleh-oleh lain dari Kota Medan.

Kemasan

Dikemas dalam kotak dominan berwarna putih dan hitam, corak khas Toba terlihat cukup mencerminkan bahwa Bolu Toba memang khas Medan dan gampang dibawa tanpa khawatir bolu akan rusak. Selain itu terdapat kertas roti pelapis antara bolu dan kotak sehingga lebih mudah diangkat ke piring saji.

Sekotak Bolu Toba Bolu Gulung 3 Rasa

Dari ulasan yang saya tulis di atas, saya bisa bilang kalo Bolu Toba Medan sangat direkomendasikan sebagai oleh-oleh dari Kota Medan.

Bolu Toba Medan, Horas Bolunya!!! 


Bagi yang mau mencicipi Bolu Toba Medan, silakan datang ke tokonya yaaa..

Bolu Toba Medan

πŸ“Œ Jalan Wahid Hasyim No.55, Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Baru

πŸ“Œ Jalan Diponegoro No.20B, Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia

πŸ• Jam Buka Toko : 08.00 WIB s.d 22.00 WIB

πŸ“Œ Mobil Keliling beroperasi jam 15.00 s.d 17.00 WIB

Bisa juga pesen dari Grabfood dan Gofood

 

12 comments

  1. Aku suka banget sama Bolu Toba Medan yang Spikoe. Rasanya pas dan enak, kak.

    Eh ada Bolu Toba Medan 3 varian ya? Itu belum nyoba deh. Ntar beli ah... Harganya pun murah ya, kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss bang,,, spikoe mania,, hehe.. Cobain juga varian baru bolu gulung 3 rasa itu, lazisss juga rasanya.

      Delete
  2. Titi Kuning cheese ini favorit saya. Kejunya berlimpah ya... Saya sendiri abis ini mah haha

    ReplyDelete
  3. Pasti bakal beli lagiiii😍😍😍

    ReplyDelete
  4. Nah.. jadi nyesal deh belum pernah ngerasain yang Spikoe .
    Nanti beli ah varian satu ini.
    Bolu gulung 3 rasa nya memang mantap ya Mak.. favorit lah pokoknya

    ReplyDelete
  5. Bolu gulung tiga rasa ini hypening banget ya Dev... Beli sekali dapat tiga rasa, coklat, keju dan tiramisu. Kayaknya bakal langgananlah sama si bolu lumer di mulut ini,, anak² kk suka semua

    ReplyDelete
  6. yessss kak, cucok bgt buat yg gak trlalu suka manis tapi enak aja gitu ya gak enek. harganya terjangkau lg hehe kmrn kami pas lebaran jg nghidangkan kue toba ini hahaha

    ReplyDelete
  7. awalnya kan saya kira bolu toba spikoe itu topingnya yg spikoe eh rupanya vlanya ya yg rasa spikoe memyatu sama bolunya..pas banget..

    ReplyDelete
  8. Wah seru ya kak, anak saya juga gak mau berhenti makan kalau sudah bolu Toba Medan ini, enak banget sih topping nya banyak banget

    ReplyDelete
  9. Jari pengen beli yg varian bolu tiga rasa biar lebih hemat karena udha bisa cicip tiga rasa xixixixi,

    ReplyDelete
  10. Baru tau ada bolu gulung tiga rasa, wii lihatnya aja udh kepengen blum lg dimakan? enak kali bah kurasa haha

    ReplyDelete