Bermain dan Belajar di Play 'n' Learn

 Menjadi working mom menuntut saya untuk bijak membagi waktu antara kantor dan rumah. Sering saat beban pekerjaan sedang berat atau saat anak sakit rasanya ingin resign saja agar lebih tenang. Namun perasaan itu langsung hilang karena ingat cicilan rumah belum selesai tujuan bekerja adalah membantu suami dan eksistensi diri.

Salah satu cara untuk tetap menguatkan bonding dengan anak adalah menjaga quality time dengan mengajak mereka bermain bersama di akhir minggu. Bermain di rumah tetap yang utama, namun saya dan suami juga sering mengajak anak bermain di luar rumah. Apakah itu ke ruang terbuka seperti taman atau ruang tertutup seperti mencari tempat bermain di mal. Tak heran jika anak-anak sudah menjajal beberapa tempat wisata maupun tempat bermain di mal yang ada di Kota Medan. Satu yang pasti, yang dicari dari aktivitas quality time ini adalah bermain dan belajar.

Beberapa waktu lalu rasanya hampir semua tempat bermain di mal telah kami datangi dan begitu-begitu saja. Sebut saja timezone, kidzilla, amazon, fun&fit. Saya ingin menemukan tempat baru untuk dicoba lalu teringat salah satu postingan di story instagram teman yang menampilkan tempat bermain baru di salah satu mal. Namanya Play 'n' Learn di Mal Centre Point, Medan. Penasaran saya pun mengajak anak untuk pergi kesana di akhir minggu berikutnya.

PlaynLearn

Awalnya ragu karena pasti harganya mahal. Namanya mamak-mamak harus mikir bijak juga untuk pengeluaran bukan? hehe.. Namun suami saya mengizinkan dengan alasan anak-anak harus mencoba hal baru. Dari info yang kami baca di Play 'n' Learn ada semacam tes bakat anak sederhana untuk melihat bakat dan minat mereka. Wah,,, unik nih.

Di meja registrasi kami menanyakan beberapa hal seperti harga tiket masuk, tes bakat, syarat usia anak hingga tempat menunggu untuk orangtua. Saya langsung bahagia mendengar bahwa saat itu ada promo. Kami cukup membayar Rp 180 ribu untuk 2 orang anak bermain selama dua jam ditambah ikut star program. Ha? Apalagi star program itu? Yang penting super hemat lah.

Play 'n' Learn

Play 'n' Learn adalah tempat bermain yang mendukung perkembangan melalui permainan edukatif dan menyenangkan sebagai pengalaman di awal kehidupan anak. Tempat bermain ini masih sodaraan dengan Timezone lho. Kalo saya mikirnya sih manajemen Timezone pintar mencari peluang dan melakukan inovasi yang cukup keren untuk memahami kebutuhan pasar, yaitu orangtua yang memiliki anak usia 0 - 5 tahun. 


Permainan yang ada di Play 'n Learn dirancang dengan bantuan terapis profesional yang memahami target kemampuan motorik. Setiap permainan memiliki penjelasan fungsi untuk mendukung perkembangan anak. Selain bermain, Play 'n' Learn juga menyediakan Star Program untuk memaksimalkan perkembangan bakat dan gerakan tubuh.



Star Program di Play 'n' Learn mengikuti kurikulum berbasis STEAM. 

Apa itu STEAM?

STEAM adalah program yang dikembangkan oleh pakar pendidikan Singapura yang menghubungkan kurikulum STEAM (Science, Technology, Engineering, Art dan Mathematics) dengan konsep multiple intelligences (berbagai konsep kecerdasan). Kurikulum ini menilai setiap anak adalah spesial dan memiliki potensi untuk menjadi bintang di masa depan.


Play 'n' Learn juga memaksimalkan metode belajar anak melalui Star Program yang sebelumnya ditentukan dari hasil tes MIDAS (Multiple Intelligences Developmental Assessment Scales) sebagai alat untuk mengukur kecerdasan anak yang diciptakan oleh pakar edukasi di Universitas Harvard bernama Dr. Branton Shearer, Ph.D.


Ada 8 kecerdasan anak sebagai hasil dari tes MIDAS.

1. Body Smart

Anak dengan kecerdasan ini suka melatih keterampilan fisiknya dan paham cara menggunakan tubuhnya dengan baik.

2. Logic Smart

Tipe ini suka bermain dengan angka-angka dan pandai dalam memecahkan masalah yang ada.

3. Word Smart

Anak tipe ini sangat suka membaca, menulis dan berbicara di depan anak.

4. Music Smart

Tipe ini memiliki kepekaan terhadap nada dan melodi. Dengan kecerdasan ini anak juga dapat menulis dan membuat lagunya sendiri 

5. Nature Smart

Anak tipe ini sangat suka menghabiskan waktu di alam seperti bermain dengan hewan dan selalu berhasil saat menanam tumbuhan

6. People Smart

Anak tipe people smart pintar dalam bersosialisasi, memahami orang di sekelilingnya  dan sering terlihat dominan dalam satu kelompok.

7. Self Smart

Self smart membuat anak paham dengan kelebihan, kemampuan dan keinginannya saat besar nanti dan terbiasa dengan hal yang terorganisir.

8. Picture Smart

Anak tipe picture smart suka berimajinasi dan menuangkannya ke dalam gambar atau foto.


Star Program di Play 'n' Learn juga menarik untuk diikuti anak lho. Namun menurut saya program ini hanya cocok untuk anak usia maksimal 5 tahun. Terbukti saat si kakak yang berusia 9 tahun mengikuti kelas star program bersama dengan si adik dan anak lainnya yang mana usianya maksimal 5 tahun, kakak pun langsung terlihat bosan dan tidak menikmati. Akhirnya saya meminta mentor kelas untuk mengijinkan kakak bermain di luar kelas.

Kelas Star Program

Yang cukup membuat saya kaget adalah ketika ada acara bermain dan menari bersama diiringi musik yang dipandu oleh tim Play 'n' Learn tepat pada pukul 1 siang. Infonya kegiatan seperti ini dilakukan dua kali sehari. Saat tempat bermain buka sekitar jam 10-11 pagi dan jam 1 siang. Benar-benar seneng anak jadinya. Saya pribadi jadi merasa nggak salah pilih tempat ini untuk pertama kalinya.


Lalu saya dan suami ngapain aja nunggu anak selesai main selama 2 jam sodara-sodara???

Ahh,, tenang. Play 'n' Learn menyediakan banyak tempat dan cafe kecil untuk orangtua bisa duduk cantik sambil ngemil dan ngopi asik. Rasa bosan menunggu pun bisa diselingi membaca atau bahkan menonton drakor dari hape #eh😅 


Orangtua yang ingin menemani anak bermain juga bisa ikutan lho. Saya sempat ikut bermain trampolin bersama kedua anak saya. Ini juga yang membuat Play 'n' Learn cukup berbeda dari tempat bermain indoor anak lainnya. Saya suka saya suka.

Saya cukup merekomendasikan Play 'n' Learn sebagai tempat bermain edukatif. Bermain dan belajar di Play 'n' Learn, saya sudah, kalian kapan?



7 comments

  1. Tempat nya eye cathcing sekali ya Devi. Warna 'anak' sekali...
    Kalo mau ikut star programme, harus daftar sebelumnya atau bisa langsung daftar pas sampai TKP DEv?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung pas di tekape aja kak. Star program ada jam-jam nya dan bisa jadi tiap hari berbeda waktunya. Waktu kami main kesana star program ada di jam 11 siang dan jam 2 siang.

      Delete
  2. Suka sekali sama star program nya Play n Learn.
    Anak-anak jadi gak berasa udah belajar karena main-main nya bukan main-main biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, tanpa sadar mereka bisa belajar saat bermain.

      Delete
  3. Pasti anaknya kagak ada yang mau diajak pulang jam? Hahahaha
    Begitulah yang Eike rasakan. Beneran bikin betah sekali play n learn ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mak,, padahal udah hampir 3 jam mereka main. Seru emang sih ya..

      Delete
  4. Kan orangtua bisa main seperti trampolin. Tapi Itu bapak-bapaknya kenapa tak ikutan main juga ya, kak? Hahahaha

    Nanti deh bawa ponakan ke Play N Learn ini. Terlihat asik banget ya kak. Kita juga merasa aman karena ada mentornya di sana.

    ReplyDelete